Unduh Modul Ajar PAI-BP Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka
Minggu, 20 November 2022
1 Komentar
Unduhan lengkap Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD/ MI Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah RPP.
Ulasan Modul Ajar
Halo
Sahabat Gurnulis. Penulis ingin membagikan modul ajar pada kesempatan ini. Seperti yang telah penulis ulas sebelumnya tentang "Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka", modul ajar kegunaannya sama dengan
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Modul ajar boleh digunakan oleh guru untuk memastikan pembelajaran berjalan secara lebih
fleksibel dan kontekstual dengan tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran.
Pada Kurikulum Merdeka, modul ajar sendiri adalah alternatif strategi
pembelajaran yang dapat digunakan guru.
Deskripsi Kumpulan Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka
Bentuk Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka
Salah satu Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 (empat) SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.
F. Model Pembelajaran
Pertanyaan refleksi untuk peserta didik.
Penutup
Demikianlah unduhan Kumpulan Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka ya, sahabat
Gurnulis. Selalu merdeka belajar. Salam literasi guru ndeso.
Ulasan Modul Ajar
Kurikulum Merdeka memfasilitasi pendidik untuk leluasa memilih maupun
melakukan modifikasi pada contoh-contoh modul ajar yang tersedia. Pendidik juga leluasa mengembangkan
modul ajar sendiri berdasarkan konteks, kebutuhan, dan karakteristik
peserta didik yang diajarnya.
Pada
kesempatan yang indah ini, penulis berbagi sarana download Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka. Jangan lupa ya, tautan download-nya terdapat di
bawah deskripsi.
Deskripsi Kumpulan Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka
Format |
: Modul Ajar Kurikulum Merdeka |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran | : PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) |
Fase | : Fase B |
Kelas | : Kelas 4 |
Bab | : Bab 1 sampai dengan Bab 5 |
Bentuk Modul Ajar PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka
MODUL AJAR PAI-BP (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI)
INFORMASI UMUM
A. Identitas Modul
Penyusun |
: Nama Guru |
Instansi |
: SD Negeri Gurnulis |
Tahun Penyusunan |
: Tahun 2022 |
Jenjang Sekolah |
: Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran |
: PAI-BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) |
Fase/ Kelas |
: Fase B/ Kelas 4 |
Bab |
: Bab 1 |
Alokasi Waktu |
: 20 JP x 35 menit (5 Pertemuan) |
B. Kompetensi Awal
- Peserta didik dapat mengenal Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dan mengetahui keragaman manusia di lingkungan sekitar serta mengenal tulisanQ.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
C. Profil Pelajar Pancasila
Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila tentang
Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila tentang
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
- Berkebinekaan global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
- Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
- Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok.
- Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
- Kreatif dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang berhubungan dengan topik materi.
D. Sarana dan Prasarana
- Ruang kelas.
- Alat dan bahan sebagai berikut.
- Poster Al-Qur’an Q.S. Al Hujurat /49:13.
- Video panduan membaca Q.S. Al Hujurat/49:13 (youtube atau dokumen pribadi).
- LCD Projector.
- Laptop.
- Materi dan Sumber Bahan Ajar sebagai berikut.
- Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021.
- Aplikasi qur’an Kemenag.
- Buku Tajwid, pedoman membaca Al-Qur’an dengan benar.
E. Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler/ tipikal, bukan berkebutuhan khusus.
F. Model Pembelajaran
Model
pembelajaran tatap muka.
KOMPONEN INTI
A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu:
Dengan melakukan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu:
- Membaca Q.S. Al Hujurat/ 49:13 dengan tartil.
- Menjelaskan pesan pokok Q.S. Al Hujurat/ 49:13 dengan baik.
- Membuat paparan tentang pesan pokok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan baik.
- Menulis Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan baik.
- MenghafalQ.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan lancar.
- Membaca dan menulis hadis tentang keragaman dengan baik.
- Menghafal hadis tentang keragaman dengan lancar.
- Berani mempresentasikan paparan Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dan hadis tentang keragaman.
- Membiasakan membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah.
B. Capaian Pembelajaran
C. Pemahaman Bermakna
- Membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.
- Mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Pemahaman Bermakna
Meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan menyadari bahwa Allah lah yang telah menciptakan manusia. Saling mengenal satu sama lain dan tidak pernah membedakan orang lain berdasarkan suku dan bangsanya.
D. Pertanyaan Pemantik
- Apakah siswa dapat membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an yaitu Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan tartil dan irama yang menyentuh?
- Apa komentarmu setelah memperhatikan Gambar 1.3 yang berisi keragaman manusia meliputi agama, bangsa, budaya dan hobinya?
- Apa pendapatmu setelah melihat tulisan Al-Qur’an yang rapi dan indah? Apa yang akan kamu lakukan supaya bisa menulis seperti itu?
- Pernahkah kalian melakukan hal seperti pada Gambar 1.5? Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!
- Apa saja jenis keragaman manusia?
E. Persiapan Pembelajaran
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
- Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku teks, laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
- Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
- Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
- Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
- Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (100 menit)
Penyimpulan.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Penyimpulan.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Penyimpulan.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Penyimpulan.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Penyimpulan.
- Peserta didik mengamati Gambar 1.2.
- Guru mencontohkan bacaan Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 secara tartil melalui tayangan video atau media audio.
- Guru memberikan panduan warna tulisan untuk mempermudah peserta didik dalam membaca mad, gunnah dan qalqalah, serta guru memperhatikan penekanan bacaan secara benar.
- Peserta didik memberikan respon terhadap tayangan atau contoh bacaan guru dengan pertanyaan atau tanggapan.
- Peserta didik membaca Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan didampingi oleh guru.
- Peserta didik latihan membaca Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan berulang-ulang, guru dapat mengukur ketercapaian komptensi peserta didik membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 pada rubrik Aktivitasku.
- Peserta didik menemukan bacaan tajwid dalam Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13. Guru dapat mengukur kompetensi peserta didik dalam pemahaman tajwid pada Rubrik Aktivitas Kelompok.
- Peserta didik menjodohkan bagian-bagian ayat dan terjemahnya. Guru dapat mengukur kompetensi peserta didik dalam pemahaman tajwid pada Rubrik Aktivitas Kelompok.
- Peserta didik membaca pantun sebagai relaksasi. Kreasi pembacaan pantun harus bervariasi, misalnya antar kelompok siswa dan siswi saling bersahutan atau kreasi lain yang menyenangkan.
- Peserta didik mengartikan makna kata dalam Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 serta memahami terjemahnya, lalu memahami pesan pokok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
Penyimpulan.
- Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang membaca Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang memahami pesan pokok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/ Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
- Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
- Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
- Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
- Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
- Peserta didik mengamati Gambar 1.3.
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak 4 anak.
- Guru menyajikan pelajaran berupa tafsir ringkas Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Peserta didik membuat paparan (Power point atau yang lain) terkait pesan pokok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13, lalu setiap kelompok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 pada rubrik Aktivitas Kelompok.
- Guru memberi kuis atau pertanyaan pada semua peserta didik. Pada waktu menjawab pertanyaan dilarang saling membantu.
- Guru mengevaluasi hasil kerja kelompok, lalu membuat kesimpulan materi.
Penyimpulan.
- Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang memahami pesan pokok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang menulis Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/ Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
- Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
- Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
- Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
- Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
- Peserta didik mengamati Gambar 1.4.
- Guru menjelaskan cara menulis Al-Qur’an sesuai materi pada buku siswa.
- Guru menayangkan tutorial cara menulis Al-Qur’an yang benar dan rapi.
- Peserta didik menulis Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 dengan bimbingan guru.
- Peserta didik menyalin Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 sesuai petunjuk guru pada rubrik Aktivitasku.
Penyimpulan.
- Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang menulis Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang menghafal Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/ Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
- Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
- Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
- Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
- Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
- Peserta didik mengamati Gambar 1.5.
- Guru menjelaskan keutamaan menghafal Al-Qur’an, lalu menjelaskan adab menghafal Al-Qur’an.
- Guru menjelaskan metode menghafal Al-Qur’an 4T+1M yaitu Talqin dan Tasmi’, Tafahhum, Tikrar dan Muraja’ah.
- Peserta didik menyanyikan lagu Hafiz Qur’an dengan penuh penghayatan untuk memotivasi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an.
- Peserta didik menujukkan hafalannya di depan guru dan teman-temannya pada rubrik Aktivitasku.
Penyimpulan.
- Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang menghafal Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang hadis tentang keragaman.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/ Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
- Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
- Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
- Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
- Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
- Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
- Peserta didik mengamati Gambar 1.6.
- Peserta didik membaca teks Hadis dan terjemahnya dengan cermat yang terdapat pada buku siswa.
- Peserta didik membaca, menulis dan menghafal tentang hadis keragaman sebagaimana kegiatan pembelajaran materi Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13 pada rubrik Aktivitasku 1.
- Peserta didik menemukan pesan pokok Hadis dan merumuskannya dengan bahasa sendiri di kertas pajangan pada rubrik Aktivitasku 2.
- Peserta didik menempelkan kertas hasil karyanya di papan pajangan peserta didik, lalu membaca hasil kerja teman-temannya secara bergantian.
- Peserta didik bermain TTS untuk menuatakan hasil belajar peserta didik pada rubrik Ayo Bermain.
Penyimpulan.
- Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang hadis tentang keragaman.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/ Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
G. Asesmen/ Penilaian
Asesmen diagnostik
H. Refleksi GuruAsesmen diagnostik
- Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai.
- Tanya jawab sebagai tindak lanjut.
- Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik membaca dan menghafalkan Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13, memahami dan menghafalkan hadis tentang keragaman.
- Tertulis (uraian)
Pertanyaan refleksi untuk peserta didik.
- Sudahkah kalian mengenal Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13?
- Apakah kalian sudah membaca Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13?
- Apakah kalian sudah memahami pesan pokok Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13?
- Dapatkah kalian menulis Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13?
- Sudahkah kalian hafal Q.S. Al Ḥujurat/ 49:13?
- Apakah kalian sudah memahami hadis tentang keragaman?
- Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari ini?
- Bagian mana yang paling kamu sukai? Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan pembelajaran hari ini?
- Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh kegiatan ini?
- Apabila bisa diulang apa yang akan dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik?
- Bagaimana keterlibatan peserta didik?
- Apa saja kesulitan yang dialami oleh peserta didik?
I. Kegiatan Pengayaan dan Remedial
- Kegiatan remedial.
- Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
- Kegiatan pengayaan.
- Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.
LAMPIRAN
A. Lampiran Lembar Kerja Peserta Didik
Berisikan lembar kerja peserta didik.
B. Bahan Bacaan
Bahan Bacaan Guru.
Bahan Bacaan Guru.
- Buku PAI yang relevan dengan materi pembelajaran Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al Hujurat/ 49:13 dan Hadis tentang Keragaman.
- Buku Tajwid, pedoman membaca Al-Qur’an dengan benar.
- Poster Al-Qur’an Q.S. Al Hujurat/ 49:13.
- Video panduan membaca Q.S. al-Ḥujurat/ 49:13 (youtube atau dokumen pribadi).
C. Glosarium
- Gunnah adalah pengucapan huruf yang berdengung seperti pada huruf mim dan nun bertasydid, suara yang terbuka terentang dari tenggorok hingga lubang hidung, atau suara yang menyertai huruf mim dan nūn.
- Mad adalah bacaan panjang dari dua sampai enam ketuk (harakat); bacaan dengan memanjangkan suara hingga dua ketuk atau lebih (harakat).
- Qalqalah adalah bacaan yang terjadi apabila ada salah satu huruf qāf, ṭā’ bā’, jīm, dan dāl berharakat sukun atau bertanda waqaf maka dibaca memantul.
- Suku adalah golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar.
D. Daftar Pustaka
- Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
1 Komentar untuk "Unduh Modul Ajar PAI-BP Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka"
ini yang untuk semester 2 nya mana ya?
Posting Komentar