Unduh Modul Ajar P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka
Kamis, 08 September 2022
4 Komentar
Unduhan lengkap P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD/ MI Kurikulum Merdeka.
Ulasan Modul Ajar
Modul
Ajar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI fase A Kurikulum Merdeka yang penulis sisipkan tautan unduhannya ini berisikan rancangan projek pembelajaran untuk fase
A atau kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ajar dalam
Kurikulum Merdeka digunakan untuk membantu pendidik
lebih fleksibel dan kontekstual dalam mengajar dengan tidak selalu
menggunakan buku teks
pelajaran. Modul ajar ini dapat menjadi pilihan lain atau alternatif
strategi pembelajaran.
Profil pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan untuk menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui projek dengan sasaran utama mencapai dimensi profil pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya.
Penulis telah menyisipkan link download Modul Ajar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka pada bagian deskripsi. Sahabat bisa mengunduh file yang terhimpun dalam format zip di sana.
Deskripsi Kumpulan Modul Ajar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Format |
: Modul Ajar Kurikulum Merdeka |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran | : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) |
Fase | : Fase A |
Kelas | : Kelas 1 |
Pertemuan Pembelajaran |
: Pertemuan 1 sampai dengan Pertemuan 14 |
Bentuk Modul Ajar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
MODUL AJAR P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)
Identitas Modul
Penyusun |
: Nama Guru |
Instansi |
: SD Negeri Gurnulis |
Tahun Penyusunan |
: Tahun 2022 |
Jenjang Sekolah |
: Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran |
: P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) |
Fase/ Kelas |
: Fase A/ Kelas 1 |
Pertemuan |
: Pertemuan ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 3 JP (105 menit) |
Tujuan
- Peserta didik dapat menunjukkan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik di sekitarnya.
Media
- Lembar penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
- Benda plastik (gelas kaca dan jaket kain).
Sumber Belajar
- Buku "Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1".
- Lingkungan.
Peran Guru
Sebagai narasumber dan sebagai fasilitator.
Persiapan
Guru mempersiapkan benda plastik yang umum ditemui pada kegiatan sehari-hari dan benda bukan plastik (direkomendasikan kaca dan kain).
Pelaksanaan
- Guru menunjukkan benda plastik yang sering ditemui pada kegiatan sehari-hari seperti gelas plastik, piring plasitk, botol minum plastik, tempat bekal, dan sebagainya.
- Guru bertanya kepada peserta didik mengenai benda apa yang ditunjukkan tersebut.
- Guru menunjukkan benda lain yang terbuat dari material lain seperti gelas kaca, piring kaca, botol minum kaca, dan sebagainya.
- Guru kembali bertanya kepada peserta didik mengenai benda apa yang ditunjukkan tersebut.
- Guru mengambil benda yang fungsinya sama tetapi berbeda material seperti gelas plastik dan gelas kaca.
- Guru menanyakan kepada peserta didik apa perbedaan dari kedua benda tersebut.
- Guru dapat memancing jawaban dengan mengajak peserta didik berinteraksi dengan benda-benda tersebut, misalnya memegang kedua gelas, mengetuk gelas untuk mendengarkan bunyi yang dihasilkan, membandingkan berat kedua gelas dengan tangan kanan dan tangan kiri, mengisi air es ke dalam gelas plastik dan gelas kaca secara bersamaan yang kemudian meminta peserta didik memegang kedua gelas tersebut dengan kedua tangannya.
- Guru dapat bertanya kepada peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Bagaimana rasanya memegang kedua gelas? Apanya yang berbeda? Apa perbedaannya?
- Bagaimana bunyi kedua gelas tersebut? Apakah ada perbedaan suara yang dihasilkan? Coba tirukan suara benda ini! Guru mengetuk setiap gelas dan peserta didik menirukan suara tiap gelas yang dihasilkan. Gelas mana yang suaranya lebih jernih terdengar? Yang tidak jernih terdengar seperti apa suaranya?
- Gelas mana yang lebih ringan/ berat?
- Gelas mana yang lebih cepat terasa dingin ketika air es dituangkan? Gelas mana yang terasa lebih dingin?
- Setelah peserta didik dapat mengidentifikasi benda plastik, guru melanjutkan kegiatan membandingkan dua material lain, misalnya jas hujan dan jaket kain.
- Guru dapat bertanya kepada peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Benda apakah ini?
- Biasanya benda ini dipakai dalam kondisi seperti apa? Mengapa?
- Guru dapat melakukan percobaan menuang air pada jas hujan dan jaket kain.
- Guru mengajak peserta didik menemukan apa perbedaannya.
- Setelah peserta didik dapat mengidentifikasi benda plastik, guru beserta peserta didik menyimpulkan ciri benda plastik yang ditemukan dari beberapa percobaan di atas secara lisan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak.
4 Komentar untuk "Unduh Modul Ajar P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"
terima kasih atas berbaginya
pak boleh minta modul projek p5 yg smt 2 kelas 1?yg di atas kan smt 1, kalau boleh minta yang smt 2..sebelumnya trimakasih
Trimakasih atas postingannya
TRIMA KASIH BNYAK, SMG MANFAAT BAROKAH
Posting Komentar