Unduh ATP Seni Musik Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka
Kamis, 15 September 2022
Tulis Komentar
Unduhan lengkap ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka.
Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Halo
Sahabat Gurnulis.
ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran mempunyai fungsi yang sama halnya dengan
silabus. ATP dipakai untuk merencanakan
dan mengatur pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka
waktu satu tahun. Tulisan lengkapnya dapat sahabat simak pada artikel "Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka" yang telah penulis publikasikan.
Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka contohya adalah sebagai berikut.
Capaian Pembelajaran
Alur dan Tujuan Pembelajaran
Perkiraan Jumlah Jam
Kata/ Frasa
Topik/ Konten
Profil Pelajar Pancasila
Glosarium
Penutup
Demikianlah unduhan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat
Gurnulis. Tetap semangat untuk menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Salam literasi guru ndeso.
Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Pada Kurikulum Merdeka ini, guru dapat menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dengan memilih salah satu langkah ini:
- merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
- mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
- menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Kali ini penulis hendak berbagi contoh ATP (Alur Tujuan
Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Penulis menyisipkan link download ATP di
bawah deskripsi.
Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Format |
: ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran | : Seni Musik |
Fase | : Fase A |
Kelas | : Kelas 1 |
Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
ALUR
DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR SENI MUSIK SEKOLAH DASAR (SD) FASE
A KELAS 1
Capaian Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran pada Fase Mengalami.
- Mengimitasi bunyi musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur musik, baik intrinsik maupun ekstrinsik.
- Capaian Pembelajaran pada Fase Menciptakan.
- Mengembangkan imitasi bunyi musik menjadi pola baru yang sederhana dengan mengenal unsur- unsur bunyi musik, baik intrinsik maupun ekstrinsik.
- Capaian Pembelajaran pada Fase Merefleksikan.
- Mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat atau media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana.
- Capaian Pembelajaran pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- Menyimak, mengenali, dan mengimitasi bunyi musik dan menerapkan kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik sederhana sejak dari persiapan, saat bermusik, maupun usai berpraktik musik, serta memilih secara aktif dan memainkan karya musik sederhana secara artistik, yang mengandung nilai- nilai positif yang membangun.
- Capaian Pembelajaran pada Fase Berdampak.
- Menjalani kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik dan aktif dalam kegiatan-kegiatan bermusik lewat bernyanyi dan memainkan media bunyi musik sederhana serta mendapatkan pengalaman dan kesan baik bagi diri sendiri, sesama, dan lingkungan.
Alur dan Tujuan Pembelajaran
- Alur dan Tujuan pada Fase Mengalami.
- 1.1 Peserta didik terlibat dan aktif dalam kegiatan bermusik, bernyanyi mandiri dan berkelompok secara ekspresif.
- Alur dan Tujuan pada Fase Menciptakan.
- 1.2 Peserta didik dapat membedakan serta mengimitasi berbagai macam bunyi dan nada sesuai jenis- jenis karakteristik musik sederhana.
- Capaian Pembelajaran pada Fase Merefleksikan.
- 1.3 Peserta didik dapat mengekspresikan pengalamannya dalam bermusik.
- Alur dan Tujuan pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- 1.4 Peserta didik dapat mengenal instrumen melodik dan perkusif sederhana dengan pendampingan guru, mengenal tinggi rendahnya nada, mengenal pola ritmis sederhana.
- Alur dan Tujuan pada Fase Berdampak.
- 1.5 Peserta didik dapat memiliki kemauan dan kemampuan bermusik secara mandiri maupun berkelompok.
Perkiraan Jumlah Jam
- Perkiraan Jumlah Jam pada Fase Mengalami.
- 2-4 jam pelajaran.
- Perkiraan Jumlah Jam pada Fase Menciptakan.
- 2-4 jam pelajaran.
- Perkiraan Pembelajaran pada Fase Merefleksikan.
- 2-4 jam pelajaran.
- Perkiraan Jumlah Jam pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- 2-6 jam pelajaran
- Perkiraan Jumlah Jam pada Fase Berdampak.
- 2-6 jam pelajaran
Kata/ Frasa
- Kata/ Frasa pada Fase Mengalami.
- Mengidentifikasi, mendengarkan, mengimitasi/ menirukan, sumber bunyi.
- Kata/ Frasa pada Fase Menciptakan.
- Mengenal, memainkan, irama, pola ritmis, ketukan.
- Kata/ Frasa pada Fase Merefleksikan.
- Instrumen musik, perkusi.
- Kata/ Frasa pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- Teknik menyanyi, nada.
- Kata/ Frasa pada Fase Berdampak.
- Menerjemahkan, Lagu Anak.
Topik/ Konten
- Topik/ Konten pada Fase Mengalami.
- Mengenali bunyi dan nada, menyanyi lagu anak-anak, serta bermain alat musik sederhana secara berkelompok.
- Topik/ Konten pada Fase Menciptakan.
- Bermain alat musik sederhana secara bebas dan bernyanyi ekspresif.
- Topik/ Konten pada Fase Merefleksikan.
- Bermain alat musik yang dipilih dan bernyanyi sebagai penggambaran perasaan yang dimiliki.
- Topik/ Konten pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- Menyajikan permainan alat musik & bernyanyi dengan mengkolaborasikan bidang seni yang lain secara berkelompok.
- Topik/ Konten pada Fase Berdampak.
- Menghargai karya musik yang ditampilkan diri sendiri dan orang lain.
Profil Pelajar Pancasila
- Profil Pelajar Pancasila pada Fase Mengalami.
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia - Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual: Mulai membiasakan diri untuk disiplin, rapi, membersihkan dan merawat diri dalam semua aktivitas kesehariannya.
- Bergotong-royong- Komunikasi: Menyimak informasi sederhana dari orang lain. kepada orang lain. Mandiri : menciptakan bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia.
- Profil Pelajar Pancasila pada Fase Menciptakan.
- Bernalar Kritis - Mengajukan Pertanyaan: Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai diri dan lingkungan sekitarnya.
- Kreatif - Menghasilkan gagasan yang orisinal: menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk
- Profil Pelajar Pancasila pada Fase Merefleksikan.
- Kreatif - Menghasilkan gagasan yang orisinal, menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan atau perasaannya.
- Profil Pelajar Pancasila pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- "Mandiri - Memahami strategi dan rencana pengembangan diri: Mengidentifikasi beberapa strategi dan cara belajar dengan bimbingan dari orang dewasa."
- "Mandiri - Mengembangkan Refleksi Diri: Melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipeserta didik alami tentang dirinya sendiri berdasarkan pengalaman di rumah dan di sekolah."
- Profil Pelajar Pancasila pada Fase Berdampak.
- Kreatif - Menghasilkan gagasan yang orisinal: Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/ atau perasaannya.
- "Mandiri - Mengembangkan Refleksi Diri: Melakukan refleksi terhadap apa yang telah peserta didik alami tentang dirinya sendiri berdasarkan pengalaman di rumah dan di sekolah."
Glosarium
- Glosarium pada Fase Mengalami.
- Imitasi bunyi.
- Glosarium pada Fase Menciptakan.
- Irama, Pola Ritmis.
- Glosarium pada Fase Merefleksikan.
- Instrument, perkusi.
- Glosarium pada Fase Berpikir dan Bekerja Artistik.
- Teknik.
- Glosarium pada Fase Berdampak.
- Ekspresi.
Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP Seni Musik Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar