Iklan Header

Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka

Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka.

Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Halo Sahabat Gurnulis. ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran merupakan dokumen Kurikulum Merdeka yang berfungsi seperti silabus pada kurikulum sebelumnya. Pendidik memakai ATP untuk merencanakan dan mengatur pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Uraian lengkap mengenai ATP ini dapat sahabat simak pada artikel "Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka".

Cara menyusun ATP itu bagaimana? Pada Kurikulum Merdeka ini, guru dapat menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dengan memilih salah satu langkah ini:
  1. merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
  2. mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
  3. menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Kali ini penulis hendak berbagi contoh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Penulis menyisipkan link download ATP di bawah deskripsi.

Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Format
 : ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Fase  : Fase A
Kelas  : Kelas 1
 
 

Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka contohya adalah sebagai berikut.
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) SEKOLAH DASAR (SD) FASE A KELAS 1

ALUR TUJUAN PROJEK
PENGENALAN: PENGERTIAN PLASTIK
  • Mengenal bahan plastik.
  • Benda plastik di sekitarku.
  • Mewarnai: identifikasi benda plastik di sekitar.
  • Plastik pada benda kegemaranku.
  • Menggambar dan mewarnai benda kegemaran dari plastik.
  • Video: mana plastik, mana yang buka.
  • Games: mana plastik, mana yang bukan (asesmen formatif 1).

KONTEKSTUALISASI: PENGELOLAAN DAN PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK
  • Mengenal jenis-jenis sampah.
  • Memilah sampah sesuai jenis.
  • Prakarya individu: mengolah sampah plastik (asesmen formatif 2).
  • Prakarya kelas: mozaik dari sampah plastik (1).
  • Prakarya kelas: mozaik dari sampah plastik (2).

AKSI: SIKAP BERTANGGUNG JAWAB
  • Menjaga kebersihan lingkungan.
  • Kunjungan ke TPS: aksiku mengurangi sampah (asesmen sumatif).

PERTEMUAN 1: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastic di sekitarnya.

Waktu
3 JP (105 menit).

Media
Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.
  • Benda plastik.
  • Benda bukan plastik (gelas kaca dan jaket kain).

Sumber Belajar
  • Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
  • Lingkungan.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 2: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastic di sekitarnya.

Waktu
3 JP (105 menit)

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
  • Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
  • Lingkungan.
  • Video.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 3: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi 3 benda plastik yang ada disekitarnya.

Waktu
2 JP (70 menit).

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 4: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi 3 benda plastik pada kegiatan kegemaran.

Waktu
4 JP (140 menit) Termasuk tugas.

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 5: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi 3 benda plastik pada kegiatan kegemaran.

Waktu
3 JP (105 menit).

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 6: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi benda plastik dan benda bukan plastik di lingkungan sekitarnya.

Waktu
3 JP (105 menit).

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 7: PENGERTIAN PLASTIK (ASESMEN FORMATIF)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengenali kekhasan benda plastik dari segi tekstur, bunyi, dan lain sebagainya.

Waktu
3 JP (105 menit).

Media
Tidak ada.

Alat
  • 10 macam benda plastik.
  • 10 macam benda bukan plastik.
  • Meja.
  • Kain lebar.
  • Kotak/ keranjang.

Sumber Belajar
Tidak ada.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 8: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengelolaan sampah dan alasan mengapa sampah tidak boleh tercampur.

Waktu
4 JP (140 menit).

Media
Video belajar kelola plastik.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 9: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengelolaan sampah dan alasan mengapa sampah tidak boleh tercampur.

Waktu
4 JP (140 menit).

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 10: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengalami proses pengolahan sampah plastik secara sederhana dengan membuat karya individu.

Waktu
5 JP (175 menit) termasuk penyelesaian karya di rumah.

Media
  • Lembar Kerja Siswa.
  • Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Laptop.
  • Proyektor.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 11: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengalami proses pengolahan sampah plastik secara sederhana dengan membuat karya kelas.

Waktu
3 JP (105 menit).

Media
Lembar penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Lembaran kardus besar.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 12: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat prakarya mozaik dengan memanfaatkan benda plastik.

Waktu
4 JP (140 menit).

Media
Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Lem.
  • Gunting.
  • Alat warna.
  • Hiasan.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 13: PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengetahui sikap tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.

Waktu
4 JP (140 menit).

Media
Lembar Penilaian.

Alat
  • Spidol.
  • Papan tulis.
  • Lem.
  • Gunting.
  • Alat warna.
  • Hiasan.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

PERTEMUAN 14: PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pentingnya sikap tanggung jawab terhadap penggunaan benda plastik.

Waktu
6 JP (210 menit).

Media
Lembar penilaian.

Alat
  • Pengeras suara (megaphone) jika ada.
  • Bendera penanda rombongan.

Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.

Peran
Narasumber dan fasilitator.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru Gurnulis

Penutup

Demikianlah unduhan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Terus bersemangat dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel