Unduh ATP Matematika Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka
Selasa, 13 September 2022
Tulis Komentar
Unduhan lengkap ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka.
Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Halo
Sahabat Gurnulis.
ATP yang merupakan singkatan dari Alur Tujuan Pembelajaran memiliki fungsi sebagaimana
silabus. ATP digunakan untuk merencanakan
dan mengatur pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka
waktu satu tahun. Untuk bahasan yang lebih lengkapnya, penulis telah mengulasnya dalam artikel "Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka".
Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka contohya adalah sebagai berikut.
Rasional
Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Fase A Kelas 1 dan 2 SD ini dilakukan dengan cara menurunkan Capaian Pembelajaran Fase dari masing-masing domain menjadi tujuan pembelajaran yang merupakan tahapan-tahapan yang perlu dicapai sebelum peserta didikn dapat mencapai capaian akhir yang diharapkan pada fase ini. Setiap topik dibahas di kelas 1 maupun kelas 2 harus mempertimbangkan kesinambungan dan tingkat kesulitan. ATP fase A ini pada tiap kelas dimulai dengan domain bilangan. Materi bilangan dan operasi hitung akan digunakan pada domain yang lain misalnya pengukuran dan data. Perkiraan waktu yang dibutuhkan di kelas 1 adalah 144 jam pelajaran dengan durasi 36 minggu dalam satu tahun (4 jam pelajaran per mingu); sedangkan perkiraan waktu yang dibutuhkan di kelas 2 adalah 170 jam pelajaran dengan durasi 34 minggu dalam satu tahun (5 jam pelajaran per mingu). Dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru diberi kebebasan memilih ATP berdasarkan urutan domain atau tidak berdasarkan urutan domain.
Capaian Pembelajaran Fase A
Pada akhir fase A, peserta didik dapat memahami dan melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 999, mengenal garis bilangan dan menentukan posisi bilangan cacah tersebut pada garis bilangan, serta memahami pecahan satuan sederhana. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana dan menemukan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan. peserta didik dapat mengukur panjang menggunakan satuan tidak baku serta mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang, berat, volume, dan waktu. Peserta didik dapat mengenal dan membedakan berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang sederhana. Peserta didik juga dapat menyajikan data banyaknya benda dalam bentuk gambar dan diagram batang.
Domain ke-1
Bilangan.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-1
Pada akhir fase A, Peserta didik dapat membaca, menuliskan, membandingkan, mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999, dengan menggunakan sistem nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dan mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik juga dapat mendeskripsikan bilangan pecahan sederhana (setengah, seperempat, dan seperdelapan) dalam bentuk representasi visualnya.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat mengurutkan bilangan cacah sampai angka 99, membandingkan (lebih besar atau lebih kecil), serta menghitung hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dalam menyelesaikan masalah
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
Domain ke-2
Aljabar.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-2
Pada akhir fase A, peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 999, serta dapat membaca, meneruskan, mengungkapkan pola gambar atau obyek berulang dan pola bilangan membesar dan mengecil.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan sampai dengan 100 (maksimum tiga angka, misalnya: 1,2,3,1,2,3, …).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
Domain ke-3
Pengukuran.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-3
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku. Peseta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam).
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat memperkirakan, membandingkan, dan mengurutkan panjang, dan berat objek secara langsung dan tidak langsung (dengan membandingkan keduanya dengan objek ketiga), dan menggambarkannya secara kualitatif menggunakan istilah "sama", "berbeda", "lebih", dan " kurang.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
Domain ke-4
Geometri
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-4
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengenal dan mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar(segiempat, segitiga, segibanyak, dan lingkaran), dan bangun ruang (balok dan kubus). Peserta didik dapat menyusun pengubinan dari berbagai bentuk bangun datar. Peserta didik dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang).
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat mengenal berbagai bentuk bangun ruang (bola, kubus, balok) dan berbagai bentuk bangun datar (persegi, segitiga, dan lingkaran) dan menggambarkannya menggunakan kata- kata sendiri. Peserta didik juga dapat mengikuti dan membuat arah navigasi sederhana (misalnya: berjalan lima langkah ke depan, belok kiri, berjalan mundur 10 langkah).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
Domain ke-5
Analisis data dan peluang.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-5
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan gambar.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat membilang, mengurutkan, dan membandingkan benda-benda berdasarkan beragam atribut.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
Penutup
Demikianlah unduhan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat
Gurnulis. Selamat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Salam literasi guru ndeso.
Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Pada Kurikulum Merdeka ini, guru dapat menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dengan memilih salah satu langkah:
- merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
- mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
- menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Kali ini penulis hendak berbagi contoh ATP (Alur Tujuan
Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Penulis pun telah
menyediakan link download ATP. Tautannya terdapat di
bawah deskripsi.
Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Format |
: ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran | : Matematika |
Fase | : Fase A |
Kelas | : Kelas 1 |
Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Matematika Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
ALUR
DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH DASAR (SD) FASE
A KELAS 1
Rasional
Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Fase A Kelas 1 dan 2 SD ini dilakukan dengan cara menurunkan Capaian Pembelajaran Fase dari masing-masing domain menjadi tujuan pembelajaran yang merupakan tahapan-tahapan yang perlu dicapai sebelum peserta didikn dapat mencapai capaian akhir yang diharapkan pada fase ini. Setiap topik dibahas di kelas 1 maupun kelas 2 harus mempertimbangkan kesinambungan dan tingkat kesulitan. ATP fase A ini pada tiap kelas dimulai dengan domain bilangan. Materi bilangan dan operasi hitung akan digunakan pada domain yang lain misalnya pengukuran dan data. Perkiraan waktu yang dibutuhkan di kelas 1 adalah 144 jam pelajaran dengan durasi 36 minggu dalam satu tahun (4 jam pelajaran per mingu); sedangkan perkiraan waktu yang dibutuhkan di kelas 2 adalah 170 jam pelajaran dengan durasi 34 minggu dalam satu tahun (5 jam pelajaran per mingu). Dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru diberi kebebasan memilih ATP berdasarkan urutan domain atau tidak berdasarkan urutan domain.
Capaian Pembelajaran Fase A
Pada akhir fase A, peserta didik dapat memahami dan melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 999, mengenal garis bilangan dan menentukan posisi bilangan cacah tersebut pada garis bilangan, serta memahami pecahan satuan sederhana. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana dan menemukan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan. peserta didik dapat mengukur panjang menggunakan satuan tidak baku serta mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang, berat, volume, dan waktu. Peserta didik dapat mengenal dan membedakan berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang sederhana. Peserta didik juga dapat menyajikan data banyaknya benda dalam bentuk gambar dan diagram batang.
Domain ke-1
Bilangan.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-1
Pada akhir fase A, Peserta didik dapat membaca, menuliskan, membandingkan, mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999, dengan menggunakan sistem nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan. Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dan mengelompokkan menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik juga dapat mendeskripsikan bilangan pecahan sederhana (setengah, seperempat, dan seperdelapan) dalam bentuk representasi visualnya.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat mengurutkan bilangan cacah sampai angka 99, membandingkan (lebih besar atau lebih kecil), serta menghitung hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan cara membilang dalam menyelesaikan masalah
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
- 1.1Mengenal bilangan dan symbol bilangan sampai dengan 10 berdasarkan kumpulan benda;
- 1.2 Mengenal bilangan dan simbol bilangan cacah sampai dengan 99;
- 1.3 Membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai dengan 99;
- 1.4 Membandingkan dan mngurutkan bilangan cacah denagn urutan naik (kecil ke besar) atau sebaliknya;
- 1.5 Meletakkan beberapa bilangan cacah pada garis bilangan;
- 1.6 Mengenal nilai tempat bilangan cacah sampai dengan 99 (puluhan dan satuan);
- 1.7 Menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan cacah sampai 20;
- 1.8 Menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan cacah sampai 99.
Domain ke-2
Aljabar.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-2
Pada akhir fase A, peserta didik dapat menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 999, serta dapat membaca, meneruskan, mengungkapkan pola gambar atau obyek berulang dan pola bilangan membesar dan mengecil.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan sampai dengan 100 (maksimum tiga angka, misalnya: 1,2,3,1,2,3, …).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
- 2.1 menggunakan gambar, obyek dan bilangan dalam bentuk pola;
- 2.2 mengenal pola bilangan mengguanakan gambar, obyek dan bilangan;
- 2.3 memprediksi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda benda, obyek dan bilangan;
- 2.4 membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda benda, obyek dan bilangan;
- 2.5 menemukan pola gambar atau obyek sederhana.
Domain ke-3
Pengukuran.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-3
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas, dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak baku. Peseta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan waktu (detik, menit, jam).
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat memperkirakan, membandingkan, dan mengurutkan panjang, dan berat objek secara langsung dan tidak langsung (dengan membandingkan keduanya dengan objek ketiga), dan menggambarkannya secara kualitatif menggunakan istilah "sama", "berbeda", "lebih", dan " kurang.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
- 3.1 mengenal dan menentukan panjang dan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tidak baku menggunakan benda konkret;
- 3.2 memperkirakan panjang dan berat sebuah benda secara langsung dan tidak langsung;
- 3.3 mengurutkan benda berdasarkan panjang den berat;
- 3.4 membandingkan panjang dan berat benda-benda secara kualitatif.
Domain ke-4
Geometri
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-4
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengenal dan mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar(segiempat, segitiga, segibanyak, dan lingkaran), dan bangun ruang (balok dan kubus). Peserta didik dapat menyusun pengubinan dari berbagai bentuk bangun datar. Peserta didik dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang).
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat mengenal berbagai bentuk bangun ruang (bola, kubus, balok) dan berbagai bentuk bangun datar (persegi, segitiga, dan lingkaran) dan menggambarkannya menggunakan kata- kata sendiri. Peserta didik juga dapat mengikuti dan membuat arah navigasi sederhana (misalnya: berjalan lima langkah ke depan, belok kiri, berjalan mundur 10 langkah).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
- 4.1 mengenal bangun ruang menggunakan benda konkret;
- 4.2 mengenal ciri-ciri bangun ruang;
- 4.3 mengenal bangun ruang gabungan;
- 4.4 mengenal bangun datar menggunakan benda konkret;
- 4.5 mengenal ciri-ciri bangun datar;
- 4.6 mengenal bangun datar gabungan;
- 4.7 mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan benda konkret;
- 4.8 menggambarkan bangun ruang dan bangun datar menggunakan kata-kata;
- 4.9 mengenal dan menentukan posisi dengan menggunakan navigasi sederhana (kanan, kiri, depan, belakang).
Domain ke-5
Analisis data dan peluang.
Capaian Pembelajaran (CP) Fase A ke-5
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan gambar.
Capaian Pembelajaran Berdasarkan Kelas
Kelas 1
Pada akhir kelas 1, peserta didik dapat membilang, mengurutkan, dan membandingkan benda-benda berdasarkan beragam atribut.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
- 5.1 membilang dan mengurutkan benda-benda berdasarkan atribut;
- 5.2 membandingkan benda-benda berdasarkan atribut.
Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP Matematika Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar