Cara Menyusun Deskripsi pada Rapor Kurikulum Merdeka
Senin, 05 September 2022
1 Komentar
Bahasan mengenai cara penyusunan deskripsi rapor Kurikulum Merdeka yang dapat disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.
Halo sahabat Gurnulis. Rapor adalah laporan hasil belajar peserta didik selama periode tertentu. Bahasan rapor ini terkait dengan bahasan-bahasan sebelumnya berikut.
- Cara mengolah nilai Kurikulum Merdeka dalam satu tujuan pembelajaran.
- Cara mengolah nilai akhir pada Kurikulum Merdeka.
- Cara mengolah nilai untuk rapor Kurikulum Merdeka.
Bagaimana cara menyusun deskripsi rapor Kurikulum Merdeka? Ayo kita berliterasi.
Pada satuan pendidikan SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK/ MAK atau sederajat, satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan deskripsi dalam menjelaskan makna nilai yang diperoleh peserta didik. Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan mekanisme dan format pelaporan hasil belajar kepada orang tua atau wali. Pelaporan hasil belajar disampaikan sekurang-kurangnya pada setiap akhir semester. Di samping itu, satuan pendidikan menyampaikan rapor peserta didik secara berkala melalui e-rapor/ dapodik.
Terdapat 3 opsi dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi pada rapor, yaitu:
- penyusunan deskripsi berdasarkan Capaian Pembelajaran;
- penyusunan deskripsi berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran;
- penyusunan deskripsi dengan mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.
Dalam penyusunan deskripsi capaian kompetensi, pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah. Capaian kompetensi tertinggi dapat ditandai dengan warna hijau dan capaian kompetensi yang paling rendah dapat ditandai dengan warna merah.
Penyusunan Deskripsi Rapor Berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP)
Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk merespon isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengidentikasi, mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait ....Lebih lanjut, Fase E berdasarkan elemen memiliki Capaian Pembelajaran (CP) sebagai berikut.
- Pemahaman Biologi. Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, dan interaksi antarkomponen, serta perubahan lingkungan.
- Pemahaman Fisika. Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.
- Pemahaman Kimia. Peserta didik mampu mengamati, menyelidiki dan menjelaskan fenomena sesuai kaidah kerja ilmiah dalam menjelaskan konsep kimia dalam kehidupan sehari hari; menerapkan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan termasuk menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia dan menerapkan hukum-hukum dasar kimia; memahami struktur atom dan aplikasinya dalam nanoteknologi.
Rapor peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi) mendapat nilai akhir 80 dengan deskripsi rapor sebagai berikut.
Menunjukkan kemampuan dalam mengidentikasi, berkomunikasi dan mengajukan gagasan, terkait dengan inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, interaksi antarkomponen, dan perubahan lingkungan; menjelaskan fenomena pemanasan global; menuliskan reaksi kimia, perubahan iklim dan pemanasan global, serta pencemaran lingkungan.Perlu bimbingan dalam kemampuan merancang solusi, dan mengambil keputusan serta penguatan dalam menerapkan hukum-hukum dasar kimia.
Penyusunan Deskripsi Rapor Berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fisika Fase E semester 2 adalah sebagai berikut.
- Menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kimia Fase E semester 2 adalah sebagai berikut.
- Menyajikan rumus kimia dan nama senyawa kimia yang berkaitan dengan sumber dan/atau solusi permasalahan isu global.
- Menuliskan persamaan reaksi kimia yang lengkap setara yang berkaitan dengan fenomena alam sehari-hari atau isu global.
- Menganalisis suatu fenomena alam secara kuantitatif berdasarkan hukum dasar kimia.
- Merancang, melaksanakan serta mempresentasikan percobaan kimia dalam penerapan hukum-hukum dasar kimia.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Biologi Fase E semester 2 adalah sebagai berikut.
- Menganalisis bioteknologi yang dapat diterapkan dalam pelestarian keanekaragam hayati, khususnya mengatasi kelangkaan keanekaragaman hayati dengan menyajikan bagan proses bioteknologi dari hasil telaah artikel.
- Mengidentikasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya.
- Menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dari hasil pengamatan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar.
- Menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
- Mengidentikasi perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya dengan menyajikan laporan hasil pengamatan.
- Menganalisis penyebab dan dampak negatif dari perubahan lingkungan dengan menyajikan data hasil kajian literatur atau pengamatan atau wawancara.
- Mendeskripsikan bioteknologi yang dapat diterapkan dalam mengatasi perubahan lingkungan dengan menyajikan diagram dari hasil kajian literatur atau wawancara.
- Menciptakan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan melakukan projek sederhana.
Rapor
peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia,
Biologi) mendapat nilai akhir 80 dengan deskripsi rapor sebagai
berikut.
Fisika:
- Menunjukkan penguasaan yang sangat baik dalam
- menyajikan hasil analisis gejala, penyebab, dampak, dan solusi atas perubahan iklim, serta pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.
Kimia:
- Menunjukkan penguasaan yang sangat baik dalam
- menyajikan rumus kimia dan nama senyawa kimia yang berkaitan dengan sumber dan/ atau solusi permasalahan isu global;
- menuliskan persamaan reaksi kimia yang lengkap setara yang berkaitan dengan fenomena alam sehari-hari atau isu global.
- Perlu penguatan dalam
- menganalisis suatu fenomena alam secara kuantitatif berdasarkan hukum dasar kimia, merancang, melaksanakan serta mempresentasikan percobaan kimia dalam penerapan hukum-hukum dasar kimia.
Biologi:
- Menunjukkan penguasaan yang sangat baik dalam
- menganalisis bioteknologi yang dapat diterapkan dalam pelestarian keanekaragaman hayati;
- mengidentikasi komponen ekosistem dengan menyajikan laporan hasil pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya;
- menyusun jaring-jaring makanan atau rantai makanan dan hasil pengamatan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar;
- menganalisis interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem dengan menyajikan data hasil pengamatan di lingkungan sekitar;
- mengidentikasi perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya dengan menyajikan laporan hasil pengamatan;
- mendeskripsikan bioteknologi yang dapat diterapkan dalam mengatasi perubahan lingkungan dengan menyajikan diagram dari hasil kajian literatur atau wawancara.
- Perlu bimbingan dalam kemampuan menciptakan solusi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan melakukan projek sederhana.
Penyusunan Deskripsi Rapor Berdasarkan Poin-poin Penting dari Materi yang Sudah Diberikan
- Materi sumatif 1: cuaca di sekitarku.
- Materi sumatif 2: nama-nama hari dan bulan.
- Materi sumatif 3: konsep waktu.
- Materi sumatif 4: membedakan siang dan malam.
Edo mendapat nilai dengan rincian sebagai berikut.
- Pada sumatif 1 mendapatkan nilai 85.
- Pada sumatif 2 mendapatkan nilai 76.
- Pada sumatif 3 mendapatkan nilai 60.
- Pada sumatif 4 mendapatkan nilai 83.
- Nilai akhir dari sumatif lingkup materinya adalah 76.
- Nilai sumatif akhir semesternya adalah 75, ini diambil dari hasil tes saja.
- Nilai rapornya adalah 75,5.
Peserta didik yang bernama Edo di atas
mendapatkan capaian kompetensi tertinggi pada bagian yang diwarnai hijau
dan capaian paling rendah pada bagian yang diwarnai merah.
Kesimpulan
Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk memilih cara pendeskripsian capaian pembelajaran peserta didik. Dari ketiga cara tersebut, tentunya ada cara yang paling simple atau sederhana, ada pula cara yang kompleks yang ditandai dengan deskripsi yang cukup panjang. Cara mana yang mesti dipilih? Tentu jawabannya kembali kepada satuan pendidikan masing-masing, sesuai dengan kebutuhannya.
Referensi
Bahasan
mengenai cara menyusun deskripsi pada rapor Kurikulum Merdeka ini diambil
dari panduan pembelajaran dan asesmen Pendidikan Anak Usia
Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah yang diterbitkan oleh
Kemendibudristek. Panduannya bisa sahabat Gurnulis unduh pada tautan berikut.Penutup
Demikianlah
bahasan mengenai cara menyusun deskripsi pada rapor Kurikulum Merdeka ya, sahabat
Gurnulis. Tetap semangat dalam suasana merdeka belajar dan salam literasi guru ndeso.
Rapor
peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alamnya mendapat nilai akhir 75,5 dengan deskripsi rapor sebagai
berikut.
Menunjukkan penguasaan yang baik dalam memprediksi kondisi cuaca dan membedakan siang-malam.Perlu pendampingan dalam memahami konsep waktu jam, menit, detik, perlu pembimbingan lebih lanjut agar kemampuan tersebut dikuasai secara konsisten.
1 Komentar untuk "Cara Menyusun Deskripsi pada Rapor Kurikulum Merdeka"
kenapa ga bisa dicopy paste
Posting Komentar