Unduh Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka
Senin, 15 Agustus 2022
Tulis Komentar
Unduhan lengkap Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Kurikulum Merdeka.
Ulasan Modul Ajar
Modul
Ajar Seni Musik Kelas 1 SD/ MI fase A Kurikulum Merdeka pada bahasan kali ini berisikan rancangan pembelajaran Seni Musik untuk
satu tujuan pembelajaran berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang telah
disusun untuk fase A atau kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ajar dalam
Kurikulum Merdeka digunakan untuk membantu pendidik
lebih fleksibel dan kontekstual dalam mengajar dengan tidak selalu menggunakan buku teks
pelajaran. Modul ajar ini dapat menjadi pilihan lain atau alternatif
strategi pembelajaran.
Sebelum merancang sebuah modul ajar, pendidik perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut.
- Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu, apakah merujuk pada buku teks saja sudah cukup atau perlu menggunakan modul ajar?
- Jika membutuhkan modul ajar, apakah dapat menggunakan modul ajar yang telah disediakan, memodifikasi modul ajar yang disediakan, atau perlu membuat modul ajar baru?
Komponen minimum dari suatu modul ajar adalah sebagai berikut.
- Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
- Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu tujuan pembelajaran yang dicapai dalam satu atau lebih pertemuan.
- Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
- Rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
- Media pembelajaran yang digunakan, termasuk, misalnya bahan bacaan yang digunakan, lembar kegiatan, video, atau tautan situs web yang perlu dipelajari peserta didik.
Secara lengkap, komponen modul ajar meliputi hal-hal berikut.
- Informasi umum.
- Identitas penulis modul.
- Kompetensi awal.
- Profil pelajar Pancasila.
- Sarana dan prasarana.
- Target peserta didik.
- Model pembelajaran yang digunakan.
- Komponen inti.
- Tujuan pembelajaran.
- Asesmen.
- Pemahaman bermakna.
- Pertanyaan pemantik.
- Kegiatan pembelajaran.
- Refleksi peserta didik dan pendidik.
- Lampiran.
- Lembar kerja peserta didik.
- Pengayaan dan remedial.
- Bahan bacaan pendidik dan peserta didik.
- Glosarium Daftar pustaka.
Penulis menyediakan link download Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Link yang dimaksudu berada di
bawah deskripsi ya, Sahabat Pendidik.
Deskripsi Kumpulan Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Format |
: Modul Ajar Kurikulum Merdeka |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran | : Seni Musik |
Fase | : Fase A |
Kelas | : Kelas 1 |
Unit Pembelajaran |
: Unit 1 sampai dengan Unit 4 |
Bentuk Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
MODUL AJAR SENI MUSIK
INFORMASI UMUM
A. Identitas Modul
Penyusun |
: Nama Guru |
Instansi |
: SD Negeri Gurnulis |
Tahun Penyusunan |
: Tahun 2022 |
Jenjang Sekolah |
: Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran |
: Seni Musik |
Fase/ Kelas |
: Fase A/ Kelas 1 |
Unit Pembelajaran |
: Unit 1 - Bermain dan Bernyanyi |
Kegiatan Pembelajaran |
: Kegiatan 1 - Bernyanyi Lagu Nasional |
Alokasi Waktu |
: Tatap Muka 1 (2 x 35 menit) |
B. Kompetensi Awal
- Peserta didik mampu mendemontrasikan lagu nasional.
C. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
- Bergotong royong.
- Berkebinekaan global.
D. Sarana dan Prasarana
- Sumber Belajar:
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru Seni Musik untuk SD Kelas I Penyusun : Aton rustandi mulyana, Sularso.
- Lampu ruang kelas yang memadai.
- Ruang kelas yang cukup luas.
E. Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler/ tipikal.
F. Jumlah Peserta Didik
Minimal 15 peserta didik dan maksimal 25 peserta didik.
G. Model Pembelajaran
Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan Pembelajaran Praktik.
KOMPONEN INTI
A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didikmampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.
B. Pemahaman Bermakna
- Kemampuan mendemontrasikan lagu nasional dan daerah.
C. Pertanyaan Pemantik
- Adakah yang ingin kamu ketahui dari lagu yang kamu nyanyikan?
D. Materi Pokok dan Kegiatan Pembelajaran
Bernyanyi adalah bahasa seni yang mengiringi kehidupan anak. Dalam pengajaran musik di Sekolah Dasar, pengajaran menyanyi memegang peranan penting. Pembelajaran menyanyi di Sekolah Dasar harus dimulai dari perkembangan intelektual dan struktur kognitif peserta didik dan memperhatikan perkembangan sehat jasmani dan rohani, serta memperhatikan pengalaman perseptual dan perasaan estetika peserta didik dalam bernyanyi dan belajar. Melalui praktik menyanyikan lagu nasional, peserta didik dapat mewarisi budaya musik nasional secara lengkap dan efektif, dan juga merupakan jaminan penting bagi sejarah panjang budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mengintegrasikan keunggulan dan kemajuan musik nasional secara rasional ke dalam pendidikan dan pengajaran musik di sekolah dasar memiliki arti yang realistis dan positif bagi penyebaran musik nasional, dan mempromosikan budaya musik nasional merupakan tugas penting pengajaran musik.
Uraian di atas menegaskan pentingnya musik nasional dalam pembelajaran musik di sekolah dasar sebagai upaya peningkatan rasa nasionalisme peserta didik. Agar dapat mendorong rasa nasionalisme tersebut guru dapat mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama-sama diikuti dengan gerakan badan.
E. Persiapan Mengajar
Guru dapat mempersiapkan pembelajaran dengan mengarahkan peserta didikagar dapat menyanyikan lagu-lagu nasional. Media pembelajaran yang harusdipersiapkan oleh guru di dalam kegiatan pembelajar ini harus mampu mendorong peserta didik tertarik dan menyukai kegiatan bernyanyi secara mandiri atau bersamasama.Adapun media pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:
- Laptop.
- Alat bantu audio (speaker).
- Infocus.
- Video lagu nasional yang dapat dilihat melalui link yang tersedia di bagian materi.
- Gambar yang berkaitan dengan contoh sikap nasionalisme.
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Tahapan pembelajaran ini dibuat untuk membantu guru dalam melakukanpengembangan aktivitas pembelajaran seni musik secara profesional. Melaluiprosedur pembelajaran yang ditawarkan, guru memiliki peluang mendapatkaninspirasi guna mengembangkan dan menggairahkan aktivitas pembelajaran di kelas. Melalui cara ini guru dapat membuat setting pembelajaran yang berkualitas, sehingga peserta didik dapat merasakan aktivitas pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Pada tahap awal guru wajib memahami tujuan pembelajaran secara benar, kemudian mempersiapkan media pembelajaran seperti di atas, selanjutnya melakukan tahapan pembelajaran seperti di bawah ini.
Kegiatan Pembuka
- Sebelum peserta didik memasuki kelas, guru mengkondisikan agar pesertadidik berbaris di depan kelas secara rapi dengan dipimpin oleh salah satupeserta didik dan secara bergiliran bersalaman kepada guru memasuki kelas.
- Setelah peserta didik memasuki kelas, dilanjutkan dengan doa. Guru menunjuk salah seorang peserta didik secara acak untuk memimpin doasesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
- Setelah selesai berdoa, guru menyapa sekaligus membimbing peserta didik di kelas untuk bernyanyi bersama lagu “Garuda Pancasila” atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme. Kegiatan apersepsi ini berguna untuk membangkitkan rasa cinta tanah air peserta didik. (Guru bisa mendapatkan teks dan notasi lagu-lagu yang akan diambil untuk mengajak peserta bernyanyi dari berbagai sumber, salah satunya melalui website sekitarmusikdotcom.
- Setelah kegiatan apersepsi selesai, guru memberikan klarifikasi terhadap aktivitas pembuka di atas dengan mengaitkannya dengan materi dan kegiatan belajar yang akan dilaksanakan.
- Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan pembelajaran secara sederhana.
- Guru mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan di dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti
- Guru menampilkan gambar dan atau video yang terdapat pada link video dibagian materi pembelajaran dengan menggunakan laptop dan infocus.
- Guru mempersilakan kepada setiap peserta didik untuk menyimak tayanganyang disampaikan oleh guru melalui gambar, video atau cerita verbaltentang ragam lagu nasional sebagai bentuk cinta tanah air dan semangatnasionalisme.
- Setelah penayangan video, guru membimbing peserta didik untuk menyanyikan lagu nasional secara bersama-sama.
- Guru membimbing setiap peserta didik untuk mencoba menyanyikan lagunasional secara mandiri.
- Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait lagu-laguyang dinyanyikan. Guru memancing sikap kritis peserta didik denganmengajukan pertanyaan “Adakah yang ingin kamu ketahui dari lagu yangkamu nyanyikan?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
- Peserta didik diminta menyebutkan judul-judul lagu nasional. Gurumenuliskan lagu-lagu nasional yang disebutkan peserta didik di papan tulisagar dapat dibaca oleh peserta didik lainnya. Setelah tidak ada lagi pesertadidik yang menyebutkan, guru dapat menambahkan judul lagu nasional jikadiperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatanpeserta didik.
- Untuk memperkuat pemahaman tentang lagu-lagu nasional yangdipelajarinya, guru melakukan permainan dengan membimbing pesertadidik menyanyikan lagu nasional secara bersama-sama diikuti dengangerakan badan sebagai bentuk ekspresi atas lagu yang dinyanyikan.
- Guru memberikan kesempatan waktu kepada setiap peserta didik untukmenceritakan kepada temannya tentang lagu yang dinyanyikan bersama-samadi depan kelas.
Kegiatan Penutup
- Guru mengapresiasi seluruh pemaparan pengalaman aktivitas yangdisampaikan oleh setiap peserta didik.
- Guru memberikan klarifikasi atas seluruh pendapat yang disampaikan olehpeserta didik.
- Guru dan peserta didik melakukan refleksi berupa penegasan bahwa lagunasional adalah lagu yang dapat meningkatkan semangat nasionalismeserta mengukuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
- Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikankesimpulan yang didapat dari proses pembelajaran tentang aktivitasmenyanyikan lagu nasional untuk membangun semangat nasionalisme.
- Guru menyampaikan lembar kerja tentang pengenalan lagu-lagu nasional.Lembar kerja diselesaikan oleh peserta didik dan dibawa pada pembelajaranpertemuan selanjutnya.
Arda suka lagu nasional. Di sekolah, Arda sering menyanyikan lagu ”Sorak-sorak Bergembira” Bersama teman-temannya Arda juga menyanyikan lagu ”Maju tak Gentar” Ketika upacara bendera, Arda sangat senang menyanyikan lagu”Indonesia Raya” Apalagi dinyanyikan bersama-sama, Arda sangat bersemangat. Nah bagaimana denganmu? Lagu nasional apa saja yang kamu sukai? Nyanyikan salah satu lagu nasional yang kamu sukai!
- Setelah pembelajaran selesai, guru menutup pelajaran dan secarabergantian memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untukmemimpin doa sebagai tanda berakhirnya pembelajaran.
Pembelajaran Alternatif
Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak tersedia di sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk digunakan guru adalah sebagai berikut.
- Bendera Merah putih, sebagai media ekspresi, dimainkan ketika peserta didik menyanyikan lagu nasional bersama-sama.
- Guru menyanyikan secara verbal, dan diikuti oleh peserta didik. Media pembelajaran alternatif tersebut di atas memiliki relevansi substansi yakni memberikan aktivitas belajar bernyanyi dengan tema lagu nasional kepada peserta didik.
G. Asesmen/ Penilaian
PenilaianPenilaian dilakukan oleh guru mulai dari proses hingga hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian pembelajaran peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Adapun penilaian kegiatan pembelajaran meliputi hal-hal berikut.
Penilaian Sikap
Guru melakukan penilaian sikap pada kegiatan pembelajaran dengan metode pengamatan. Penilaian sikap dapat dilihat dari mulai proses awal pembelajaran, hingga pembelajaran selesai. Penilaian sikap ini dilakukan dengan tujuan agar guru dapat melihat kemampuan peserta didik dalam menunjukan sikap nasionalisme. Adapun kriterian penilaian yang dapat digunakan oleh guru adalah sebagai berikut.
- Kemampuan berbaris dengan baik saat akan masuk kelas.
- Kemampuan bersikap menghormati guru ada saat masuk, sedang dan meninggalkan kelas.
- Kemampuan berdoa dengan khidmat sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
- Kemampuan mengekspresikan emosi saat menyanyikan lagu nasional dengan menunjukkan rasa bangga.
- Kemampuan menyimak pertunjukan teman pada saat menyanyikan lagu nasional dengan menunjukkan perhatian yang serius.
- Kemampuan menerima tugas yang diberikan guru untuk menyanyikan lagu nasional baik secara individu maupun bersama-sama tanpa penolakan.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan pada pembelajaran ini dapat dilakukan dengan melihat dua aspek, yakni pengetahuan dasar, dan pemahaman peserta didik. Pada pengetahuan dasar, penilaian dapat ditekankan pada sisi kemampuan peserta didik dalam mengingat, dan menghafalkan lagu. Sedangkan pada aspek pemahaman, penilaian dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek kemampuan peserta didik dalam menggunakan lagu tersebut dan menghubungkannya dengan permainan gerak dan lagu.
- Kemampuan menghafal dan mengingat lagu secara terstruktur mulai dari awal hingga penutup.
- Kemampuan memahami ide lagu yang dinyatakan dengan ekspresi gerak lagu.
Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan ini dilakukan melalui pengamatan yang dilakukan oleh guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penilaian keterampilan ini dilakukan dengan tujuan agar guru mampu melihat kemampuan pesertadidik dalam menyanyikan lagu nasional baik secara mandiri dan bersamaguna membangun rasa nasionalisme. Adapun pedoman penilaian yang dapat digunakan oleh guru adalah sebagai berikut.
- Kemampuan menyanyikan lagu nasional secara ekspresif sesuai dengan isi lagu tanpa ada kesalahan.
- Kemampuan mengucapkan kata secara jelas dalam bernyanyi berdasarkan pada konsonan hidup yang diucapkan.
- Kemampuan memenggal kelompok kata dengan tepat sehingga lagu dapat dipahami.
- kemampuan menyanyikan lagu dengan ketepatan nada secara akurat.
H. Refleksi Guru
Refleksi sangat berhubungan erat dengan pemecahan masalah, peningkatan kesadaran, dan membangun profesionalitas guru, untuk itu refleksi guru sangat penting dilakukan agar proses evaluasi dan penilaian atas kegiatan pembelajaran yang dikerjakannya guru dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, guru dapat memperoleh pengalaman dalam aksi refleksi, sehingga melalui pengalaman mengajar yang direfleksikan guru dapat mengembangkan praktik reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya. Pertanyaan yang dapat digunakan sebagai pedoman refleksi guru adalah sebagai berikut.
- Apakah manajemen kelas telah memenuhi tujuan pembelajaran yang hendak dicapai?
- Apakah dalam menyampaikan materi, konsentrasi belajar peserta didik dapat terus terjaga dengan baik?
- Apakah lingkungan kolaboratif, kooperatif, dan interaksi antar peserta didik, dan guru dapat terbentuk hingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas?
- Apakah peserta didik mengalami kesulitan dan hambatan menerima materi pelajaran dengan metode mengajar yang digunakan?
- Apakah pelaksanan pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam bernyanyi?
I. Kegiatan Pengayaan dan Remedial
RemedialRemedial berisi informasi tentang kegiatan pembelajaran untuk peserta didik yang ingin memperkuat pemahaman pada kompetensi sebelum kompetensi yang sedang di pelajari atau untuk peserta didik yang memperlihatkan penguasaan kompetensi yang lebih rendah dibanding kompetensi yang sedang dipelajari. Kegiatan remedial dilakukan melalui kegiatan berikut.
- Mengikuti kegiatan penguataan konsep penerapan yang sesuai dengan bernyanyi secara mandiri dan bersama guna membangun rasa nasionalisme.
- Peserta didik untuk menyanyikan beberapa lagunasional secara mandiri dan menghafalkannya dengan lancar untuk mendorong dan meningkatkan jumlah repertoar lagu nasional.
Pengayaan
Agar peserta didik dapat lebih memahami maksud dan tujuan dari pembelajaran terkait bernyanyi secara mandiri dan bersama guna membangun rasa nasionalisme, guru dapat mengarahkan peserta didik untuk menyanyikan beberapa lagu nasional secara mandiri dan menghafalkannya dengan lancar untuk mendorong meningkatkan jumlah repertoar lagu nasional peserta didik.
LAMPIRAN
A. Lampiran Lembar Kerja Peserta Didik
Berisikan lembar kerja peserta didik.
B. Bahan Bacaan
- Buku panduan guru Seni Musik Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021.
- Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alatperaga, dan lain-lain)
C. Glosarium
- Birama: Ruas-ruas yang membagi kalimat lagu atau melodi kedalam ukuran tertentu yang sama, dan ditandai dengan lambang hitungan atau bilangan tertentu. Terkait dengan sukat sebagai petunjuk nilai birama, seperti 2/4, 3/4, 4/4,6/8 dan seterusnya.
- Denyut: Ketukan berulang teratur berdurasi pendek dan tepat sama.
- Instrumen Musik: Alat musik. Perangkat apa pun yang digunakan untuk membuat musik.
- Ketukan: Dalam teori musik, ketukan merupakan unit dasar waktu, denyut nadi (peristiwa yang berulang secara teratur).
- Lagu: Berkenaan dengan dengan karya musik yang dapat dinyanyikan dengan pola maupun bentuk tertentu. Dapat juga berarti melodi pokok dalam sebuah musik.
- Melodis: Terkait dengan sumber bunyi atau alat musik yang mengandung atau dapat menghasilkan susunan nada membentuk melodi.
- Metronome: Penanda yang mengidentifikasi tempo dalam jumlah ketukan per-menit.
- Musikal: Berkenaan dengan musik, mengandung rasa, kepekaandan kesan terhadap musik. Selain itu juga terkait dengankemampuan bermusik.
- Perkusif: Istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan suara yang dibuat oleh instrumen perkusi. Istilah ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suara yang dibuat dengan cara memukul atau memukul dan dicirikan oleh suara yang pendek dan keras dan sering kali bersifat ritmis.
- Pulsa: Dalam musik, pulsa atau denyut merupakan rangkaian tidak terputus dari rangsangan pendek yang berbeda, namun identik secara berkala yang dianggap sebagaititik waktu.
- Ritme: Ketukan atau derap berulang dalam ruang-waktu yang teratur.
- Ritmis: Istilah yang digunakan untuk menjelaskan alat musik yang tidak menghasilkan bunyi tak bernada.
- Tempo: Terkait dengan waktu atau kecepatan. Kecepatan dalam ukuran tertentu.
- Warna Bunyi: Perbedaan karakter dari setiap bunyi yang dihasilkan. Setiap bunyi memiliki warna bunyi masing-masing.
D. Daftar Pustaka
- A. Kuśnierek. 2016. “The role of music and songs in teaching English vocabulary to students,” World Sci. News, vol. 1, no. 43, pp. 1–55.
- A. M. Musco. 2013. “Effects of Learning melodies by ear on performance skills and student attitudes,” Contrib. to Music Educ., vol. 36, no. 2, pp. 79–95, 2009.
- Banoe, Pono. 2016. Kamus Umum Musik. Jakarta: MEC.
- B. Gault. 2002. “Effects of pedagogical approach, presence/ absence of text, and developmental music aptitude on the song performance accuracy of kindergarten and first-grade students,” Bull. Counc. Res. Music Educ., vol. 1,no. 152, pp. 54–63.
- Black Schnelby Julia and Moore Stephen. 1997. The Rhythm Inside. Portland: Oregon. Rudra Press.
Belum ada Komentar untuk "Unduh Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar