Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMP dan MTs
Selasa, 12 Juli 2022
Tulis Komentar
Bahasan mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs yang terdiri dari Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan.
Halo Sahabat Gurnulis. Apakah Sahabat tengah mencari-cari literasi mengenai tema-tema utama projek penguatan pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs? Kalau iya, alhamdulillah aritinya kita dipertemukan pada blog yang tepat. Untuk lebih memahami projek penguatan profil pelajar Pancasila ini, Sahabat dapat berliterasi terlebih dahulu pada tulisan-tulisan berikut.
Oke, sekarang saatnya kita berliterasi mengenai tema-tema utama projek penguatan pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs. Marilah kita sama-sama belajar.
Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pada satuan pendidikan SMP dan MTs, projek
penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, maupun
waktu pelaksanaan.
Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs mengambil 20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari
total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun. Setiap projek penguatan profil pelajar Pancasila, alokasi waktunya tidak harus sama. Satu projek bisa saja dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang ataupun lebih pendek daripada projek
yang lain. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat
dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua
mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek
tidak harus sama.
Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP dan MTs
- Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Melalui tema ini juga, peserta didik diharapkan membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
- Tema "Kearifan Lokal". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Peserta didik diminta mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.
- Tema "Bhinneka Tunggal Ika". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Melalui tema ini juga, peserta didik diharapkan dapat mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
- Tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Pada tema ini, peserta didik dapat melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya. Peserta didik juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
- Tema "Suara Demokrasi". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia kerja
- Tema "Rekayasa dan Teknologi". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.
- Tema "Kewirausahaan". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan
masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya
dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui
kegiatan ini pula, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan
ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga dapat membuka wawasan tentang peluang
masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang
terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh
integritas.
Belum ada Komentar untuk "Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMP dan MTs"
Posting Komentar