Iklan Header

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMP dan MTs

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMP dan MTs - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs yang terdiri dari Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan.
 
Halo Sahabat Gurnulis. Apakah Sahabat tengah mencari-cari literasi mengenai tema-tema utama projek penguatan pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs? Kalau iya, alhamdulillah aritinya kita dipertemukan pada blog yang tepat. Untuk lebih memahami projek penguatan profil pelajar Pancasila ini, Sahabat dapat berliterasi terlebih dahulu pada tulisan-tulisan berikut.
Oke, sekarang saatnya kita berliterasi mengenai tema-tema utama projek penguatan pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs. Marilah kita sama-sama belajar.
 

Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki definisi sebagai kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
 
Pada satuan pendidikan SMP dan MTs, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, maupun waktu pelaksanaan.
 
Rancangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini adalah terpisah dari  kegiatan intrakurikuler. Pada projek penguatan profil pelajar Pancasila, tujuan, muatan, maupun kegiatan pembelajarannya tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan SMP ataupun MTs diperbolehkan melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
 
Alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs mengambil  20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun.  Setiap projek penguatan profil pelajar Pancasila, alokasi waktunya tidak harus sama. Satu projek bisa saja dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang ataupun lebih pendek daripada projek yang lain. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP dan MTs

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila  telah ditetapkan oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk dirumuskan menjadi topik oleh satuan pendidikan SMP dan  MTs. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan SMP ataupun MTs adalah sebagai berikut.
  1. Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Melalui tema ini juga, peserta didik  diharapkan membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
  2. Tema "Kearifan Lokal". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi  budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Peserta didik diminta mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.
  3. Tema "Bhinneka Tunggal Ika". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan,  belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Melalui tema ini juga, peserta didik diharapkan dapat mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
  4. Tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya".  Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Pada tema ini, peserta didik dapat melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta  berupaya mencari jalan keluarnya. Peserta didik juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
  5. Tema "Suara Demokrasi". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia kerja
  6. Tema "Rekayasa dan Teknologi".  Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi. 
  7. Tema "Kewirausahaan". Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini pula, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga dapat membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk  menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Referensi

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs ini ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Sahabat Gunulis dapat dapat mengunduh Kepmen tersebut pada tautan berikut. 
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai tema-tema utama profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMP dan MTs, ya Sahabat Gurnulis. Semoga tulisan ini informatif. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMP dan MTs"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel