Iklan Header

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SD dan MI

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SD dan MI - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SD dan MI yang terdiri dari Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Rekayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan.
 
Halo sahabat pendidik SD atau MI yang masih terus memantau tulisan-tulisan blog Gurnulis. Alhamdulillah senang rasanya penulis kembali berkesempatan berbagi informasi. Sebelumnya penulis telah menulis hal-hal menarik mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka lho. Keduanya penulis sajikan dalam bentuk tanya jawab. Nah pada kesempatan kali ini penulis hendak mengajak para sahabat berliterasi mengenai tema-tema projek penguatan pofil pelajar Pancasila di SD atau MI. Ayo kita pelajari bersama!

Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pengertian dari projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
 
Projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan SD atau MI dilaksanakan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, maupun waktu pelaksanaan.
 
Projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dirancang terpisah dari  kegiatan intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan SD ataupun MI dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
 
Pada SD ataupun MI, projek penguatan profil pelajar Pancasila mengambil alokasi waktu 20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun.  Alokasi waktu untuk setiap projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak harus sama. Satu projek dapat dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang daripada projek yang lain. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD dan MI

Pemerintah menetapkan tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk dirumuskan menjadi topik oleh satuan pendidikan SD dan  MI. Perumusan ini menyesuaikan dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan SD dan MI adalah sebagai berikut.
  1. Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan". Peserta didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Peserta didik  juga  membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
  2. Tema "Kearifan Lokal". Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi  budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.
  3. Tema "Bhinneka Tunggal Ika". Peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan,  belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Peserta didik juga mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
  4. Tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya".  Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta  berupaya mencari jalan keluarnya. Mereka juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
  5. Tema "Rekayasa dan Teknologi".  Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi. 
  6. Tema "Kewirausahaan". Peserta didik mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk  menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Referensi

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SD dan MI ini berasal dari Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Kepmen tersebut dapat dapat Sahabat Gurnulis unduh pada tautan berikut. 
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai tema-tema utama profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SD dan MI, ya Sahabat Gurnulis. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SD dan MI"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel