Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Jumat, 22 Juli 2022
Tulis Komentar
Bahasan mengenai penyusunan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka.
Halo sahabat Gurnulis. Sahabat tengah disibukkan oleh penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka-kah? Nah, pada kesempatan yang baik ini pun penulis hendak mengupas penyusunannya. Ayo kita berliterasi.
Rencana Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Perlu sahabat Gurnulis garisbawahi bahwa alur tujuan pembelajaran tidak ditetapkan oleh pemerintah. Bisa saja pendidik yang satu dapat menggunakan alur tujuan pembelajaran yang berbeda dengan pendidik lainnya meskipun mengajar peserta didik dalam fase yang sama.
Akibat dari tidak ditetapkannya Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) tersebut mengakibatkan rencana pembelajaran yang dibuat masingmasing pendidik pun berbeda-beda, terlebih lagi karena rencana pembelajaran ini dirancang dengan memperhatikan berbagai faktor lainnya, termasuk faktor peserta didik yang berbeda, lingkungan sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, dan lain-lain.
Jenis-jenis Rencana Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
- rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang dikenal sebagai RPP;
- modul ajar.
Apabila pendidik menggunakan modul ajar, ia tidak perlu membuat RPP karena komponen-komponen dalam modul ajar meliputi komponen-komponen dalam RPP atau lebih lengkap daripada RPP.
Perbedaan RPP dengan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka
Komponen minimum pada RPP meliputi hal-hal berikut.
- Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
- Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu atau lebih pertemuan.
- Asesmen pembelajaran: Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran dan rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran.
Komponen minimum pada Modul Ajar meliputi hal-hal berikut.
- Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
- Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu tujuan pembelajaran yang dicapai dalam satu atau lebih pertemuan.
- Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
- Rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
- Media pembelajaran yang digunakan, termasuk, misalnya bahan bacaan yang digunakan, lembar kegiatan, video, atau tautan situs web yang perlu dipelajari peserta didik.
Pemerintah telah menyediakan contoh-contoh rencana pelaksanaan pembelajaran dan modul ajar. Pendidik pada satuan pendidikan dapat menggunakan dan/ atau menyesuaikan contoh-contoh tersebut dengan kebutuhan peserta didik. Untuk pendidik yang merancang rencana pelaksanaan pembelajarannya sendiri, maka komponenkomponen dalam tabel di atas harus termuat dan dapat ditambahkan dengan komponen lainnya sesuai dengan kebutuhan pendidik, peserta didik, dan kebijakan satuan pendidikan.
Cara Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka
Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka ditujukan untuk membantu pendidik mengajar secara lebih fleksibel dan kontekstual, tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Modul ajar dapat menjadi pilihan lain atau alternatif strategi pembelajaran.
Sebelum merancang modul ajar, pendidik perlu mempertimbangkan hal-hal berikut.
- Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu, apakah merujuk pada buku teks saja sudah cukup atau perlu menggunakan modul ajar?
- Jika membutuhkan modul ajar, apakah dapat menggunakan modul ajar yang telah disediakan, memodifikasi modul ajar yang disediakan, atau perlu membuat modul ajar baru?
Komponen Informasi Umum, terdiri dari
- identitas penulis modul;
- kompetensi awal;
- Profil pelajar Pancasila;
- sarana dan prasarana;
- target peserta didik;
- model pembelajaran yang digunakan.
Komponen Inti, terdiri dari
- tujuan pembelajaran
- asesmen;
- pemahaman bermakna;
- pertanyaan pemantik;
- kegiatan pembelajaran;
- refleksi peserta didik dan pendidik.
Lampiran, terdiri dari
- lembar kerja peserta didik;
- pengayaan dan remedial;
- bahan bacaan pendidik dan peserta didik;
- glosarium;
- daftar pustaka.
Pertanyaan Reflektif untuk Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka
- Bagaimana agar perhatian peserta didik senantiasa fokus dan mereka terus bersemangat sepanjang kegiatan pembelajaran?
- Bagaimana saya sebagai pendidik akan membantu setiap individu peserta didik memahami pembelajaran?
- Bagaimana saya akan mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi, mempelajari lagi, memperbaiki, dan berpikir ulang tentang konsep atau materi pelajaran yang telah mereka pelajari?
- Bagaimana peserta didik dapat menunjukkan pemahaman mereka dan melakukan evaluasi diri yang berarti setelah mempelajari materi ini?
- Bagaimana saya akan menyesuaikan langkah dan/atau materi pelajaran berdasarkan keunikan dan kebutuhan masing-masing peserta didik?
- Bagaimana saya akan mengelola pengalaman belajar yang mendorong peserta didik untuk menjadi pelajar yang aktif dan mandiri?
Hal Penting dalam Penyusunan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka
Karakteristik Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Berbagai Jenjang
Karakteristik Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Jenjang PAUD
Rencana pembelajaran atau modul ajar pada PAUD merupakan dokumen yang setidaknya memuat komponen tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran atau pada rentang waktu yang telah ditentukan.
Belum ada Komentar untuk "Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar