Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 3
Selasa, 15 Maret 2022
1 Komentar
Kumpulan soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar bidang Ilmu Pengetahuan Alam
Sekilas Mengenai Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD
Halo Sahabat Gurnulis. Sebelumnya penulis telah berbagi kumpulan soal KSN SD bidang IPA bagian 1 dan soal KSN SD bidang IPA bagian 2 ya. KSN atau Kompetisi Sains Nasional merupakan ajang kompetisi tahunan yang dinanti-nanti para peserta didik Sekolah Dasar se-Indonesia. Pada kesempatan ini penulis hendak berbagi kumpulan soal KSN SD bidang IPA bagian 3. Penulis masih berfokus pada bidang IPA. Yuk, sama-sama kita simak.
KSN atau Kompetisi Sains Nasional merupakan bentuk kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Puspresnas Kemendikbud. Kompetisi ini terdiri dari kompetisi bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bagi peseta didik SD atau MI atau yang sederajat. Pelaksanaan KSN SD dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Tahap Penyisihan merupakan tahap kegiatan kompetisi awal. Tahap penyisihan ini dapat diikuti secara terbuka bagi seluruh peserta didik jenjang sekolah dasar yang akan berkompetisi untuk mewakili provinsinya mengikuti tingkat nasional KSN.
Secara umum, KSN bagi peserta didik Sekolah Dasar bertujuan sebagai sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.
Bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN)
Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Materi dan ruang lingkupnya adalah sebagai berikut.
Materi dan Lingkup Materi Bidang Matematika
Materi dan lingkup materi bidang Matemtika adalah sebagai berikut.- Materi bilangan, terdiri dari lingkup materi:
- bilangan bulat;
- bilangan rasional;
- bilangan prima;
- KPK;
- FPB;
- pola bilangan.
- Materi aritmatika, terdiri dari lingkup materi:
- operasi bilangan;
- persamaan linear satu variabel;
- persamaan linear dua variabel;
- sistem pertidaksamaan linear.
- Materi geometri, terdiri dari lingkup materi:
- bidang datar yang terdiri dari luas, keliling, sudut;
- geometri ruang yang terdiri dari volume, luas permukaan, jarak, titik dengan bidang jaring-jaring.
- Materi statistika data, terdiri dari lingkup materi:
- rata-rata;
- perbandingan;
- diagram batang, lingkaran, dan garis;
- persentase;
- pengukuran;
- kecepatan.
- Materi kombinatorik, terdiri dari lingkup materi:
- penggunaan kombinasi dengan teknik counting problem;
- pengenalan pola dengan menggunakan kombinasi.
Materi dan Lingkup Materi Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi dan lingkup materi bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah sebagai berikut.- Materi keterampilan dan metode ilmiah, terdiri dari lingkup materi memahami proses dalam melakukan kegiatan ilmiah dan alur berfikir ilmiah.
- Materi pengklasifikasian mahluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan habitat, terdiri dari lingkup materi:
- dasar-dasar klasifikasi;
- klasifikasi sistem lima kingdom.
- Materi proses dan mekanisme yang terjadi pada mahluk hidup (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme), terdiri dari lingkup materi:
- anatomi dan fisiologi sel dan jaringan;
- anatomi dan fisiologi sistem organ hewan dan manusia;
- anatomi dan fisiologi tumbuhan;
- metabolisme pada makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta prosesfermentasi mikroorganisme).
- Materi Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka , terdiri dari lingkup materi:
- ekologi dan lingkungan;
- keanekaragaman hayati;
- distribusi biodi versitas Indonesia.
- Materi isu perkembangan dan permasalahan tentang kesehatan lingkungan dan teknologi, terdirid dari lingkup materi:
- bioteknologi;
- pelestarian sumber daya alam hayati;
- pencemaran lingkungan dan upaya penanggulangannya.
- Materi mekanika, terdiri dari lingkup materi:
- gerak benda;
- gaya momentum;
- energi mekanik;
- tekanan;
- gravitasi.
- Materi wujud benda, terdiri dari lingkup materi:
- sifat dan kegunaan benda padat;
- sifat dan kegunaan benda cair;
- sifat dan kegunaan gas.
- Materi listrik dan magnet, terdiri dari lingkup materi;
- listrik statis;
- listrik dinamis;
- sifat magnet;
- induksi;
- elektromagnetik;
- aplikasi listrik;
- magnet.
- Materi gelombang dan optik, terdiri dari lingkup materi:
- gelombang tali;
- bunyi;
- cahaya;
- gelombang;
- elektromagnetik;
- sifat-sifat gelombang alat optik (cermin, lensa dan aplikasinya).
- Materi suhu dan kalor, terdiri dari lingkup materi:
- skala dan suhu;
- termometer;
- hantaran panas;
- perubahan wujud karena panas.
- Materi energi dan perubahannya, terdiri dari lingkup materi:
- energi panas;
- energi bunyi;
- energi terbarukan;
- konversi energi.
Unduh Soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Bidang IPA
Jenis Kompetisi |
: KSN (Kompetisi Sains Nasional) |
Bidang | : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Soal nomor 1
Soal nomor 6
Soal nomor 13
Soal nomor 23
Soal nomor 27
Soal nomor 36
Soal nomor 37
Soal nomor 50
Berikut ini yang bukan merupakan ciri umum dari kingdom plantae atau tumbuhan adalah ....
Seorang
peneliti ingin mengkaji lebih dalam tentang jenis burung endemic di
Indonesia. Untuk menunjang penelitiannya perlu memahami cabang biologi
....
- A. entomologi
- B. bakteriologi
- C. ornitologi
- D. ikhtiologi
Soal nomor 2
Kumpulan sapi di padang rumput disebut ....
- A. populasi
- B. individu
- C. ekosistem
- D. komunitas
Soal nomor 3
Pernyataan yang tidak benar tentang tingkat organisasi kehidupan adalah ....
Soal nomor 4
- A. kumpulan sel membentuk jaringan
- B. kumpulan organ membentuk individu
- C. kumpulan jaringan membentuk organ
- D. kumpulan ekosistem membentuk bioma
Soal nomor 4
Bioma dengan ciri khas padang rumput yang diselingi oleh tumbuhan adalah ....
- A. tundra
- B. stepa
- C. savana
- D. taiga
Soal nomor 5
Perhatikan pernyataan berikut!
1) Membuat kesimpulan
2) Melakukan eksperimen
3) Melakukan observasi awal
4) Merumuskan masalah
5) Merumuskan hipotesis
Urutan langkah yang sesuai dengan metode ilmiah adalah . . . .
1) Membuat kesimpulan
2) Melakukan eksperimen
3) Melakukan observasi awal
4) Merumuskan masalah
5) Merumuskan hipotesis
Urutan langkah yang sesuai dengan metode ilmiah adalah . . . .
- A. 5-4-3-2-1
- B. 4-3-5-2-1
- C. 3-4-5-2-1
- D. 3-2-4-5-1
Soal nomor 6
Salah satu ciri hutan hujan tropis di Indonesia adalah ....
- A. lantai hutan banyak ditumbuhi lumut
- B. tumbuhan bertipe oriental
- C. banyak semak dan tumbuhan herba
- D. kanopi rapat dan banyak tumbuhan liana
Soal Gurnulis nomor 7
Berikut ini adalah karakteristik flora di kawasan Indonesia barat, kecuali . . .
- A. banyak jenis meranti-merantian
- B. terdapat hutan kayu putih
- C. terdapat berbagai jenis nangka
- D. jenis tumbuhan sagu sedikit
Soal nomor 8
Cabang dari ilmu biologi yang berfokus pada penggolongan atau klasifikasi makhluk hidup adalah ....
Soal nomor 9
- A. histology
- B. taksonomi
- C. pathology
- D. teratology
Soal nomor 9
Yang tidak termasuk pelestarian secara ex situ adalah ....
- A. kebun binatang
- B. pelestarian badak di ujung kulon
- C. kebun plasma nutfah
- D. kebun raya
Soal nomor 10
Kelompok tumbuhan yang berada pada tingkat satu jenis adalah ....
- A. rumput, jahe dan kunyit
- B. kelapa sawit, kelapa gading dan aren
- C. aren, jambu dan kelapa sawit
- D. kelapa sawit, kelapa hijau dan kelapa gading
Soal nomor 11
Tumbuhan tebu memiliki nama latin Saccharum officinarum dan tumbuhan gelagah memiliki nama latin Saccharum spontaneum. Ini berarti tumbuhan tebu dan gelagah memiliki ....
- A. genus berbeda, spesies sama
- B. genus berbeda, spesies berbeda
- C. genus sama, spesies sama
- D. genus sama, spesies berbeda
Soal nomor 12
Berikut ini nama latin beberapa organisme.
1) Solanum tuberosum
2) Piper nigrum
3) Coleus tuberosum
4) Piper betle
Kekerabatan yang paling dekat ditunjukkan oleh organisme nomor ....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
1) Solanum tuberosum
2) Piper nigrum
3) Coleus tuberosum
4) Piper betle
Kekerabatan yang paling dekat ditunjukkan oleh organisme nomor ....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
Soal nomor 13
Dari beberapa kelompok tumbuhan terdapat tumbuhan-tumbuhan berikut.
1) Tumbuhan berbiji tertutup.
2) Tumbuhan terung-terungan.
3) Tumbuhan dikotil.
4) Tumbuhan padi.
5) Tumbuhan kacang-kacangan .
Yang merupakan takson terkecil adalah ....
Soal nomor 14
1) Tumbuhan berbiji tertutup.
2) Tumbuhan terung-terungan.
3) Tumbuhan dikotil.
4) Tumbuhan padi.
5) Tumbuhan kacang-kacangan .
Yang merupakan takson terkecil adalah ....
- A. 1
- B. 2
- C. 3
- D. 4
Soal nomor 14
Penulisan nama ilmiah berikut yang benar adalah ....
Soal Gurnulis nomor 15
- A. Oryza Sativa
- B. Marsilea crenata
- C. felis tigris
- D. Columba livia
Soal Gurnulis nomor 15
Berikut ini yang merupakan keanekaragaman gen adalah ....
- A. kacang panjang dan kacang tanah
- B. mawar merah dan mawar putih
- C. kucing dan harimau
- D. kelapa sawit dan kelapa hijau
Soal nomor 16
Di bawah ini yang termasuk ke dalam fauna tipe oriental adalah ....
- A. orang utan dan gajah
- B. kasuari dan tapir
- C. babi rusa dn kakatua
- D. walabi dan cendrawasih
Soal nomor 17
Di bawah ini yang termasuk ke dalam fauna tipe australis adalah ....
Soal nomor 18
- A. bekantan dan beruang madu
- B. tarsius dan maleo
- C. walabi dan cendrawasih
- D. anoa dan komodo
Soal nomor 18
Di bawah ini yang termasuk ke dalam fauna tipe peralihan adalah ....
Soal nomor 19
- A. orang utan dan gajah
- B. kasuari dan tapir
- C. babi rusa dn kakatua
- D. anoa dan komodo
Soal nomor 19
Rafflesia arnoldi termasuk ke dalam tumbuhan ... karna hanya terdapat di daerah Bengkulu saja.
Soal nomor 20
- A. endemik
- B. langka
- C. dilindungi
- D. berbau tidak sedap
Soal nomor 20
Bakteriofage adalah . . . .
Soal nomor 21
- A. bakteri yang memakan virus
- B. virus yang berkembang biak dalam tubuh bakteri
- C. virus yang memakan bakteri
- D. bakteri yang dapat menghancurkan virus
Soal nomor 21
Kelompok penyakit di bawah ini yang disebabkan oleh virus adalah ....
- A. demam berdarah, polio, tifus dan kolera
- B. demam berdarah, influenza, rabies dan kolera
- C. influenza, polio, rabies dan cacar
- D. influenza, tifus, campak dan disentri
Soal nomor 22
Pada hewan ternak unggas, penyakit yang disebabkan oleh virus adalah ....
- A. campak
- B. rabies
- C. antraks
- D. tetelo
Soal nomor 23
Penyakit polio dapat dicegah dengan melakukan tindakan ....
Soal nomor 24
- A. memberikan vaksin pada balita
- B. menjaga kebersihan kamar mandi
- C. menjaga kebersihan rumah
- D. memberikan obat antibiotik
Soal nomor 24
Virus
dapat melakukan replikasi membentuk virus baru. Tahap penyuntikan
materi genetik ke dalam sel inang pada daur litik virus disebut ....
Soal nomor 25
- A. adsorpsi
- B. penetrasi
- C. replikasi
- D. sintesis
Soal nomor 25
Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan keuntungan dari virus adalah ....
- A. digunakan sebagai vektor pada rekayasa genetika
- B. dimanfaatkan sebagai agen penyebab mutasi
- C. untuk memproduksi vaksin
- D. membuat sel bakteri menghasilkan toksin
Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri organisme prokariotik adalah ....
- A. tidak ada membran inti
- B. tidak ada membran sel
- C. uniseluler
- D. mempunyai ribosom
Soal nomor 27
Bakteri yang dapat hidup di lingkungan berkadar garam tinggi disebut bakteri ....
- A. halofil
- B. thermofil
- C. asidofil
- D. metanogen
Soal nomor 28
Endospora dibentuk oleh beberapa jenis bakteri pada saat ....
Soal nomor 29
- A. bakteri berubah menjadi parasit
- B. bakteri berkembang biak
- C. kondisi lingkungan tidak menguntungkan
- D. masuk ke dalam tubuh inangnya
Soal nomor 29
Bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan tumbuhan polong-polongan bermanfaat karena .....
Soal nomor 30
- A. menghaluskan partikel-partikel tanah
- B. memecah senyawa anorganik menjadi organik
- C. memecah senyawa organik menjadi anorganik
- D. mengubah nitrogen bebas menjadi senyawa nitrat
Soal nomor 30
Kelompok bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri disebut ....
Soal nomor 31
- A. autotrof
- B. aerob
- C. anaerob
- D. heterotroph
Soal nomor 31
Bakteri yang hanya mempunyai satu flagel disebut ....
Soal nomor 32
- A. atrik
- B. monotrik
- C. lofotrik
- D. amfitrik
Soal nomor 32
Berikut ini yang bukan macam-macam dari bakteri kokus (bulat) yaitu ....
Soal nomor 33
- A. stafilokokus
- B. streptokokus
- C. sarsina
- D. spiral
Soal nomor 33
Bakteri gram positif adalah ....
Soal Gurnulis nomor 34
- A. bakteri yang mampu melakukan fotosintesis
- B. bakteri yang berbentuk batang
- C. bakteri yang berbentuk bulat
- D. bakteri yang berwarna ungu setelah pewarnaan
Soal Gurnulis nomor 34
Penggolongan protozoa dilakukan berdasarkan ....
- A. bentuk tubuh
- B. alat gerak
- C. cara makan
- D. ukuran tubuh
Soal nomor 35
Organisme
bersel satu, bentuknya tidak tetap, bergerak dengan kaki semu,
ditemukan di tempat lembab, maka organisme ini dikelompokkan ke dalam
filum ....
- A. Mastigophora
- B. Sporozoa
- C. flagellata
- D. sarcodina
Soal nomor 36
Contoh dari Ciliata adalah . . . .
- A. Foraminifera
- B. Paramaecium
- C. Trichomonas
- D. Plasmodium
Soal nomor 37
Yang termasuk kelompok alga merah adalah ....
- A. Chlorophyta
- B. Phaeophyta
- C. Rhodophyta
- D. Chrysophyta
Soal nomor 38
Protista yang mirip jamur terbagi ke dalam kelompok ....
Soal nomor 39
- A. Myxomycota dan Oomycota
- B. Chlorophyta dan Phaeophyta
- C. Rhodophyta dan Pyrrophyta
- D. Euglenophyta dan Cyanobacteria
Soal nomor 39
Berikut ini yang bukan merupakan peranan positif protista bagi kehidupan adalah ....
- A. sebagai produsen
- B. bahan pembuatan pupuk
- C. penyebab disentri
- D. bahan kosmetik
Penyakit malaria disebabkan oleh ....
Soal nomor 41
- A. Toxoplasma
- B. Saprolegnia
- C. Entamoeba
- D. Plasmodium
Soal nomor 41
Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri jamur adalah ....
- A. memiliki klorofil
- B. memiliki dinding sel
- C. bersifat heterotrof
- D. ada yang memiliki zat warna
Soal nomor 42
42. Jamur tidak dikelompokkan ke dalam
kingdom Plantae karena . . .
a. tidak berklorofil
b. bersifat autotrof
c. bersifat parasit
d. merupakan orgnisme eukariotik
Soal nomor 43
kingdom Plantae karena . . .
a. tidak berklorofil
b. bersifat autotrof
c. bersifat parasit
d. merupakan orgnisme eukariotik
Soal nomor 43
Susunan tubuh jamur yang berupa jalinan benang-benang yang membentuk bangunan seperti jaring-jaring disebut ....
- A. hifa
- B. jaringan
- C. miselium
- D. endospora
Soal nomor 44
Bagian tubuh jamur yang berperan dalam penyerapan zat makanan dari lingkungan adalah ....
Soal Gurnulis nomor 45
- A. hifa
- B. jaringan
- C. haustorium
- D. endospore
Soal Gurnulis nomor 45
Hubungan mutualisme antara jamur dengan tanaman membentuk ....
Soal nomor 46
- A. lichens
- B. mikoriza
- C. konidiospora
- D. miselium
Soal nomor 46
Spora aseksual pada jamur Basidiomycotina adalah ....
Soal nomor 47
- A. Sporangiospora
- B. Basidiospora
- C. Konidiospora
- D. Blastospora
Soal nomor 47
Kelompok jamur yang membentuk zigospora adalah ....
Soal nomor 48
- A. Ascomycotina
- B. Deuteromycotina
- C. Zygomycotina
- D. Basidiomycotina
Soal nomor 48
Roti
yang mengandung jamur sebaiknya dibuang saja, karena roti tersebut
mengandung toksin yang dihasilkan oleh jamur yang berasal dari marga
....
Soal Gurnulis nomor 49
- A. Aspergillus
- B. Fusarium
- C. Rosellina
- D. Rhizopus
Soal Gurnulis nomor 49
Jamur dapat digunakan dalam bioteknologi. Jenis jamur yang berperan menghasilkan kecap adalah ....
- A. Aspergillus flavus
- B. Aspergillus oryzae
- C. Aspergillus wentii
- D. Vorvariela volvaceae
Soal nomor 50
- A. tidak mampu melakukan fotosintesis
- B. bersifat eukariotik multiseluler
- C. sel-selnya terspesialisasi membentuk jaringan dan organ
- D. sel-selnya memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa
Soal KSN SD Terkait
Berikut kumpulan soal terkait soal-soal di atas yang dapat Sahabat akses.
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 1
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 2
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 3
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 4
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 5
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 6
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang Matematika
Demikianlah kumpulan soal KSN SD bidang IPA, ya Sahabat Pendidik. Selamat membimbing peserta didik. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
1 Komentar untuk "Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 3"
Kakak, tolong share kunci jawaban nya juga dong....terima kasih banyak kakak.
Posting Komentar