Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 1
Senin, 14 Maret 2022
1 Komentar
Kumpulan soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar bidang Ilmu Pengetahuan Alam
Sekilas Mengenai Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD
Halo Sahabat Gurnulis. Penulis tebak ya, pasti Sahabat tengah mempersiapkan peserta didik untuk mengukuti KSN. Nah, pada kesempatan ini pun penulis hendak berbagi soal-soal KSN yang dapat Sahabat jadikan referensi. Penulis sampaikan sekilas pandang mengenai KSN dulu ya.
KSN atau Kompetisi Sains Nasional merupakan suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Puspresnas, bersifat kompetisi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam antarpeserta didik SD/MI atau yang sederajat. Pelaksanaan KSN SD dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Tahap Penyisihan adalah tahap kegiatan kompetisi awal yang dapat diikuti secara terbuka bagi seluruh peserta didik jenjang sekolah dasar yang akan berkompetisi untuk mewakili provinsinya mengikuti tingkat nasional KSN.
KSN bagi siswa Sekolah Dasar memiliki tujuan umum sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.
Bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN)
Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Materi dan ruang lingkupnya adalah sebagai berikut.
Materi dan Lingkup Materi Bidang Matematika
Materi dan lingkup materi bidang Matemtika adalah sebagai berikut.- Materi bilangan, terdiri dari lingkup materi:
- bilangan bulat;
- bilangan rasional;
- bilangan prima;
- KPK;
- FPB;
- pola bilangan.
- Materi aritmatika, terdiri dari lingkup materi:
- operasi bilangan;
- persamaan linear satu variabel;
- persamaan linear dua variabel;
- sistem pertidaksamaan linear.
- Materi geometri, terdiri dari lingkup materi:
- bidang datar yang terdiri dari luas, keliling, sudut;
- geometri ruang yang terdiri dari volume, luas permukaan, jarak, titik dengan bidang jaring-jaring.
- Materi statistika data, terdiri dari lingkup materi:
- rata-rata;
- perbandingan;
- diagram batang, lingkaran, dan garis;
- persentase;
- pengukuran;
- kecepatan.
- Materi kombinatorik, terdiri dari lingkup materi:
- penggunaan kombinasi dengan teknik counting problem;
- pengenalan pola dengan menggunakan kombinasi.
Materi dan Lingkup Materi Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi dan lingkup materi bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah sebagai berikut.- Materi keterampilan dan metode ilmiah, terdiri dari lingkup materi memahami proses dalam melakukan kegiatan ilmiah dan alur berfikir ilmiah.
- Materi pengklasifikasian mahluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan habitat, terdiri dari lingkup materi:
- dasar-dasar klasifikasi;
- klasifikasi sistem lima kingdom.
- Materi proses dan mekanisme yang terjadi pada mahluk hidup (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme), terdiri dari lingkup materi:
- anatomi dan fisiologi sel dan jaringan;
- anatomi dan fisiologi sistem organ hewan dan manusia;
- anatomi dan fisiologi tumbuhan;
- metabolisme pada makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta prosesfermentasi mikroorganisme).
- Materi Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka , terdiri dari lingkup materi:
- ekologi dan lingkungan;
- keanekaragaman hayati;
- distribusi biodi versitas Indonesia.
- Materi isu perkembangan dan permasalahan tentang kesehatan lingkungan dan teknologi, terdirid dari lingkup materi:
- bioteknologi;
- pelestarian sumber daya alam hayati;
- pencemaran lingkungan dan upaya penanggulangannya.
- Materi mekanika, terdiri dari lingkup materi:
- gerak benda;
- gaya momentum;
- energi mekanik;
- tekanan;
- gravitasi.
- Materi wujud benda, terdiri dari lingkup materi:
- sifat dan kegunaan benda padat;
- sifat dan kegunaan benda cair;
- sifat dan kegunaan gas.
- Materi listrik dan magnet, terdiri dari lingkup materi;
- listrik statis;
- listrik dinamis;
- sifat magnet;
- induksi;
- elektromagnetik;
- aplikasi listrik;
- magnet.
- Materi gelombang dan optik, terdiri dari lingkup materi:
- gelombang tali;
- bunyi;
- cahaya;
- gelombang;
- elektromagnetik;
- sifat-sifat gelombang alat optik (cermin, lensa dan aplikasinya).
- Materi suhu dan kalor, terdiri dari lingkup materi:
- skala dan suhu;
- termometer;
- hantaran panas;
- perubahan wujud karena panas.
- Materi energi dan perubahannya, terdiri dari lingkup materi:
- energi panas;
- energi bunyi;
- energi terbarukan;
- konversi energi.
Unduh Soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Bidang IPA
Jenis Kompetisi |
: KSN (Kompetisi Sains Nasional) |
Bidang | : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Soal nomor 1
Nama ilmiah kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leuca adalah Solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini ....
Bakteri Helicobacter pylori
dapat menyebabkan penyakit tukak lambung atau maag. Koloni bakteri
tersebut berbahaya bila terus berada di lambung dikarenakan bakteri
tersebut ....
- A. dapat meningkatkan asam lambung sehingga lambung menjadi teriritasi
- B. membuat makan cepat membusuk sehingga pencernaan manusia terganggu
- C. mengeluarkan senyawa yang dapat membuat iritasi pada dinding lambung
- D. meningkatkan kontraksi dinding lambung bagian atas, sehingga menggangu kerja lambung
Soal nomor 2
Pelajari pernyataan berikut!
1. Menurunnya keanekaragaman hayati.
2. Meningkatkan penyerapan CO2 melalui proses fotosintesis pada tumbuhan
3. Naiknya air laut akibat pemanasan global.
4. Meningkatkan konsentrasi gas O2
Konsekuensi dari deforestasi dunia adalah ....
- A. 1 dan 2
- B. 1 dan 3
- C. 2 dan 4
- D. 2 dan 4
Soal nomor 3
Pernyataan yang benar terkait pengelompokan di bawah ini adalah ....
- A. Penyebaran biji Kelompok B dilakukan hewan dan kelompok D karena kelembapan
- B. Penyebaran biji Kelompok A dilakukan angin dan kelompok B karena air
- C. Penyebaran biji Kelompok D dilakukan manusia dan kelompok E karena kelembapan
- D. Penyebaran Biji Kelompok C dilakukan manusia dan kelompok A karena angin
Soal nomor 4
Saat
Yudi mendaki Gunung Rinjani di Pulau Lombok, di pagi hari saat buang
air kecil dia terkejut karena menjumpai urinnya agak berasap. Kondisi
demikian menandakan ....
- A. Yudi mengalami dehidrasi sehingga badannya mengalami demam dan urin yang dihasilkan menjadi berasap
- B. Yudi terlalu banyak mengonsumsi minuman hangat saat sebelum tidur sehingga urin yang dihasilkan menjadi berasap
- C. Selisih antara suhu lingkungan dan suhu tubuh yang tinggi menyebabkan urin menjadi berasap
- D. Yudi banyak mengonsumsi minuman beralkohol untuk menghangatkan tubuhnya, menyebabkan urin berasap
Soal nomor 5
Manakah dari gambar berikut yang merupakan satuan unit terkecil kehidupan?
- A. 1, 2, dan 3
- B. 1 dan 3
- C. 2 dan 4
- D. 1 saja
Soal nomor 6
Berikut yang merupakan organisme poikiloterm adalah ....
- A. Ikan, kadal, katak, kuda laut
- B. Paus, kadal, katak, kuda laut
- C. Buaya, trenggiling, katak, kuda laut
- D. Ikan, kadal, katak, kuda nil
Soal nomor 7
Hewan-hewan berikut yang termasuk organisme holometabola adalah ....
- A. Katak, kupu-kupu, lalat, kecoa
- B. Belalang, rayap, capung, kecoa
- C. Katak, kupu-kupu, lalat, belalang
- D. Katak, kupu-kupu, lalat, lebah
Soal nomor 8
Diagram
berikut menunjukkan hubungan antara masing-masing anggota keluarga
dengan warna rambut mereka. Manakah pernyataan yang benar tentang
diagram tersebut?
- A. Rudi mewarisi warna rambut ayahnya.
- B. Sarah mewarisi warna rambut neneknya.
- C. Joko mewarisi warna rambut dari ibunya.
- D. Dian mewarisi warna rambut nenekny.
Soal nomor 9
Untuk
mengurangi laju transpirasi di musim kemarau, beberapa tumbuhan berkayu
menggugurkan daunnya (meranggas). Ciri daun pada tumbuhan tersebut
adalah ....
- A. berlapis lilin
- B. lebar
- C. tebal
- D. berduri
Soal nomor 10
If herbivore on a food chain is extinct, then ....
- A. the first consumer increase
- B. secondary consumer decrease
- C. predator lose the natural enemies
- D. omnivore replaces the role of herbivor
Soal nomor 11
Manakah produk berikut yang tidak melibatkan mikroorganisme dalam kegiatan produksi?
- A. Keju
- B. Tempe
- C. Antibiotik
- D. Tahu
Soal nomor 12
Tabel di bawah menunjukkan waktu yang dibutuhkan telur hingga menetas. Telur manakah yang dihasilkan oleh hewan di bawah ini?
- A. Telur A waktu inkubasi penetasan 13 hari.
- B. Telur B waktu inkubasi penetasan 21 hari.
- C. Telur C waktu inkubasi penetasan 50 hari.
- D. Telur D waktu inkubasi penetasan 10 hari.
Soal nomor 13
Kombinasi hewan yang tepat dengan organ pernapasan yang dimilikinya adalah ....
- A. insang - kepiting; paru-paru - kakatua; kulit - buaya; trakea - nyamuk
- B. insang - udang; paru-paru - kelinci; kulit - kadal; trakea - kecoa
- C. insang - mujair; paru-paru - duyung; kulit - cacing tanah; trakea - belalang
- D. insang - ikan gelodok; paru-paru - hiu; kulit - katak; trakea - capung
Soal nomor 14
Perhatikan gambar berikut!
Ciri hewan
(1) Rangka yang membentuk tubuh meruncing.
(2) Mampu hidup baik di darat maupun di air.
(3) Alat gerak termodifikasi seperti sirip.
(4) Insang untuk mengikat oksigen yang terlarut dalam air.
Manakah ciri-ciri yang tepat untuk keempat hewan tersebut?
- A. 3.
- B. 1 dan 3
- C. 1, 2, dan 3
- D. 1, 2, 3 dan 4
Soal nomor 15
Perhatikan gambar berikut!
Dari gambar di atas, yang termasuk tumbuhan monokotil ditunjukkan oleh gambar ....
- A. 1 dan 3
- B. 2 dan 4
- C. 2 dan 3
- D. 1 dan 4
Soal nomor 16
Tubuh
seorang siswa Sekolah Gurnulis diputar ke arah kanan sebanyak 10 kali dalam kondisi
membungkuk dan mata tertutup. Setelah berhenti, siswa tersebut diminta
untuk berdiri lalu berjalan lurus dengan tubuh tegak dan mata terbuka.
Hasilnya, siswa tersebut tidak mampu berjalan lurus bahkan hampir
terjatuh ketika berdiri. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
- A. mata berkunang-kunang sehingga kehilangan arah.
- B. saluran setengah lingkaran pada telinga terganggu.
- C. peredaran darah ke kepala terganggu.
- D. rangka tubuh tidak mampu beradaptasi dalam kondisi sekejap.
Soal nomor 17
Perhatikan skema berikut!
Manakah dari keempat hewan tersebut yang sesuai dengan hewan x?
- A. 2 saja
- B. 3 saja
- C. 1 dan 3
- D. 2 dan 4
Soal nomor 18
Banjir
dapat disebabkan oleh pendangkalan sungai, penebangan hutan tanpa
reboisasi, dan kurangnya daerah resapan. Pilihlah dua upaya bijak yang
dapat dilakukan untuk mencegah banjir!
- A. Mengubah lahan parkir menjadi taman kota dan membangun con block.
- B. Mengubah satu lahan kosong menjadi waduk dan membuat sungai buatan.
- C. Membuat biopori dan mengganti jalan perumahan beraspal menjadi jalan dari con block.
- D. Membuat sumur dimana-mana dan membangun waduk.
Soal nomor 19
Perhatikan gambar berikut!
Persamaan dari kedua sel otot adalah ....
(1) Memiliki bentuk dan ukuran sama.
(2) Memiliki mitokondria yang berfungsi menghasilkan energi.
(3) Memiliki inti sel lebih dari satu.
(4) Memiliki membran sel yang berfungsi mengontrol keluar masuknya zat.
Pernyataan yang benar adalah ....
- A. 1 dan 2
- B. 2 dan 4
- C. 2 dan 3
- D. 3 dan 4
Soal nomor 20
Perhatikan tabel dan gambar berikut!
Urutan gambar yang menggambarkan laju penguapan a, b, dan c secara berurutan?
- A. 1-3-2
- B. 3-1-2
- C. 2-3-1
- D. 3-2-1
Soal nomor 21
Perhatikan gambar berikut!
Manakah pernyataan yang benar?
- A. menghentikan pertumbuhan bakteri.
- B. menghilangkan zat-zat yang terdapat pada makanan.
- C. menambah kesegaran pada sayuran dan buah-buahan.
- D. memberi zat-zat tambahan pada makanan.
Soal nomor 22
Perhatikan gambar berikut!
Tanaman anggrek tersebut mendapatkan air untuk metabolisme tubuhnya dengan ....
- A. menghisap air dari tanaman yang ditumpanginya
- B. selalu memperoleh air langsung dari tetesan air hujan
- C. memanfaatkan kelembaban aliran air di permukaan batang pohon yang ditumpanginya
- D. memanjangkan akarnya hingga masuk
Soal nomor 23
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan bahwa di sekitar pohon akasia tidak terdapat pohon berkayu jenis lain. Hal tersebut karena ....
- A. pohon akasia mengeluarkan senyawa alelopati yang menyebabkan pohon berkayu jenis lain di sekitarnya tidak dapat tumbuh
- B. sebagian besar nutrisi di dalam tanah diserap oleh pohon akasia sehingga tanaman di sekitarnya kurang nutrisi
- C. sinar matahari tidak dapat menembus tutupan daun akasia yang sangat lebat sehingga tanaman di sekitarnya tidak dapat berfotosintesis
- D. akar tanaman disekitarnya terhalang oleh akar akasia yang besar dan tumbuh menjalar ke segala arah
Soal nomor 24
Perhatikan gambar berikut!
Pilihlah hewan yang termasuk filum Moluska!
- A. Hanya 2.
- B. 3 dan 4.
- C. 1, 3 dan 4.
- D. 1, 2, 3 dan 4.
Soal nomor 25
Perhatikan gambar berikut!
Pilihlah pernyataan yang benar!
- A. Kedua komunitas tersebut memiliki jumlah jenis yang berbeda.
- B. Kedua komunitas tersebut memiliki jumlah individu yang berbeda.
- C. Komunitas 2 lebih baik karena ada jenis yang dominan.
- D. Komunitas 1 lebih baik karena tidak ada jenis yang dominan.
Soal nomor 26
Tropical rain forests are called the lungs of the Earth because they ....
- A. provide shelter and food for birds and other creatures
- B. take in carbon dioxide and give off oxygen
- C. take in oxygen and give off carbon dioxide
- D. provide shade and reduce atmospheric temperatures
Soal nomor 27
Which of the following statements correct about biodiversity?
- A. Freshwater ecosystem is more biodiverse than ocean.
- B. Taiga is more biodiverse than temperate forests.
- C. Arthropods exhibit more biodiversity than Mammals.
- D. Fish exhibit more biodiversity than Insects.
Soal nomor 28
Perhatikan skema berikut!
Manakah yang biomassa paling kecil?
- A. Green plants.
- B. Seed-eating birds.
- C. Foxes.
- D. Mice.
Soal nomor 29
Harimau dapat dikategorikan sebagai organisme ....
- A. autotrof, karnivora, konsumen tingkat I
- B. autotrof, karnivora, konsumen tingkat II
- C. heterotrof, karnivora, konsumen tingkat I
- D. heterotrof, karnivora, konsumen tingkat II
Soal nomor 30
Perhatikan gambar berikut!
Manakah tumbuhan yang hidup di air?
- A. 1 dan 2.
- B. 2 dan 3.
- C. 2 dan 4.
- D. 1 dan 4.
Soal nomor 31
Ardian Gurnulis
menemukan buah dengan ciri kulit luar keras berwarna hijau kecoklatan,
dan bila buah tersebut digoyang-goyangkan maka terasa seperti ada air di
dalam buah tersebut. Dari ciri tersebut, secara alamiah buah tersebut
menyebar secara ....
- A. hidrogami
- B. hidrokori
- C. hidrofita
- D. hidrofobik
Soal nomor 32
Pak
Budi, yang seorang penjual buah, membeli buah-buahan yang masih mentah
dari para petani. Untuk mematangkan buah tersebut agar laku dijual, Pak
Badru menggunakan hormon etilen buatan berupa ....
- A. borax
- B. gas asam arang
- C. karbit
- D. sekam padi
Soal nomor 33
Senyawa
untuk meringankan kerja kolon manusia dengan menyerap air walaupun
senyawa tersebut tidak dapat dicerna oleh tubuh adalah ....
- A. riboflavin
- B. antioksidan
- C. thiamin
- D. selulosa
Soal nomor 34
Berikut adalah organ pencernaan pada tubuh manusia.
(1) Kelenjar mulut.
(2) Pankreas.
(3) Lambung.
(4) Duodenun.
Termasuk kelenjar eksokrin dan endokrin adalah ....
- A. 1 dan 2
- B. 3 dan 4
- C. 2 dan 3
- D. 1 dan 4
Soal nomor 35
Lensa cekung pada penderita miopi membantu dalam ....
- A. menjauhkan jatuhnya bayangan
- B. mendekatkan jatuhnya bayangan
- C. memperbesar ukuran bayangan
- D. memperkecil ukuran bayangan
Soal nomor 36
Spermatozoa adalah sel yang unik bentuknya, ciri lain yang benar bila dibandingkan sel tubuh lainnya.
- A. Spermatozoa memiliki jumlah kromosomnya berbeda dengan sel telur.
- B. Spermatozoa tidak memiliki inti seperti pada sel darah merah.
- C. Mitokondria spermatozoa terletak dalam leher sel.
- D. Spermatozoa berserabut seperti syaraf
Soal nomor 37
Tumbuhan hanjuang yang daunnya berwarna merah melakukan fotosintesis dengan menggunakan ....
- A. kloroplas
- B. kromoplas
- C. fikoeritrin
- D. leukoplas
Soal nomor 38
Bila
sel sudah tua dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, sel
tersebut akan melakukan bunuh diri dengan mencerna bagian-bagian sel
dengan enzim yang dihasilkan oleh organel ....
- A. badan golgi
- B. lisosom
- C. retikulum endoplasma
- D. mikrofilamen
Soal nomor 39
Manusia
dan hewan seperti lumba-lumba dan kelelawar memiliki batas pendengaran
suara yang berbeda. Urutan yang benar batas pendengaran dari yang
terendah hingga tertinggi adalah ....
- A. kelelawar, manusia, lumba-lumba
- B. manusia, lumba-lumba, kelelawar
- C. manusia, kelelawar, lumba-lumba
- D. lumba-lumba, manusia, kelelawar
Soal nomor 40
Seorang petinju terkena pukulan “uppercut” lawannya walaupun tidak terlalu keras akan segera roboh dikarenakan ....
- A. tulang rahangnya retak sehingga terjadi pendarahan
- B. organ canalis seminivirus pada telinga terdesak oleh tulang rahang bawah
- C. tulang rahang bawah mendesak bagian otak depan sehingga mata menjadi gelap
- D. tulang rahang bawah mendesak bagian otak tengah sehingga keseimbangan terganggu
Soal nomor 41
Jika
musim kemarau, Budi sering tidur mengenakan kaos tipis dan dan tanpa
kaos kaki. Yang dilakukan Budi adalah salah satu bentuk ciri makhluk
hidup yaitu ....
- A. adaptasi
- B. defekasi
- C. membutuhkan energi
- D. mikturisi
Soal nomor 42
Salah satu contoh ciri makhluk hidup yang menunjukan ciri tumbuh dan berkembang ....
- A. kecebong menjadi katak
- B. ayam bertelur
- C. beruang hibernasi
- D. pohon pisang bertunas
Soal nomor 43
Salah satu ciri makhluk hidup adalah melakukan defekasi. Proses defekasi artinya ....
- A. buang air besar
- B. membuang CO2
- C. mengeluarkan keringat
- D. menghasilkan empedu
Soal nomor 44
Setiap makhluk hidup memiliki ciri
bernapas. Maksud bernapas adalah...
bernapas. Maksud bernapas adalah...
- A. Menghirup O2, menghembuskan CO2
- B. Menghirup CO2, menghembuskan O2
- C. Menghirup O3, menghembuskan CO2
- D. Menghirup CO2, menghembuskan O2
Soal nomor 45
Adanya tunas pohon pisang merupakan ciri makhluk hidup yang berupa ....
- A. melakukan adaptasi
- B. melakukan iritabilitas
- C. tumbuh dan berkembang
- D. berkembang biak
Soal nomor 46
Tokoh yang mengelompokan makhluk hidup menjadi 5 kingdom yaitu....
- A. Aristoteles
- B. Charles Darwin
- C. Whittaker
- D. Robert Koch
Soal nomor 47
Makhluk hidup diklasifikasikan menjadi lima kingdom, yaitu ....
- A. monera, protista, fungi, plantae, animalia
- B. monera, alga, jamur, tumbuhan, hewan
- C. pisces, amphibi, reptil, aves, mamalia
- D. porifera, coelenterate, annelida, molusca, chordate
Soal nomor 48
Berdasarkan sistem tata nama ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis jagung adalah ….
- A. Zeamays
- B. Zea mays
- C. zea mays
- D. zea Mays
Soal nomor 49
Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah ….
- A. kingdom – filum/devisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
- B. kingdom – filum/devisi – kelas – ordo – famili – genus – spesies
- C. kingdom – filum/devisi – ordo – famili – kelas – genus – spesies
- D. kingdom – filum/devisi – ordo – kelas – famili – genus – spesies
Soal nomor 50
- A. spesiesnya sama, genus berbeda
- B. genusnya sama, spesies berbeda
- C. familinya sama, genus berbeda
- D. berbeda spesies maupun genusnya
Soal KSN SD Terkait
Berikut kumpulan soal terkait soal-soal di atas yang dapat Sahabat akses.
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 1
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 2
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 3
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 4
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 5
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA Bagian 6
- Kumpulan Soal KSN SD Bidang Matematika
Demikianlah kumpulan soal KSN SD bidang IPA, ya Sahabat Pendidik. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
1 Komentar untuk "Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 1"
kakak, bisa share jawaban dari soal ini ?
Posting Komentar