RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 1
Minggu, 30 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 Tema 9 Subtema 1.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Senang rasanya kita bertemu di blog Gurnulis ini ya. Kali ini penulis ingin berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam format yang disederhanakan. Penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 1. Sahabat pun dapat mengunduhnya di sini.
Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik yang mengabdikan diri pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Format RPP satu lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 merujuk pada surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen inti sebagai berikut.
- Tujuan pembelajaran.
- Langkah-langkah pembelajaran.
- Penilaian pembelajaran.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 6 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa |
Subtema | : Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 6/ Semester 2 |
Tema |
: 9 Menjelajah Luar Angkasa |
Subtema |
: 1 Keteraturan Yang Menakjubkan |
Muatan Terpadu |
: IPA, Bahasa Indonesia |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Setelah membaca teks, siswa dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
- Siswa dapat menjelaskan sistem tata surya melalui kegiatan bermain peran dengan percaya diri.
- Dengan bermain peran siswa dapat membuat sebuah laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.
- Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
- Dengan membaca sebuah karangan fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dalam karangan fiksi secara lisan, tuisan dan menggambarkannya di dalam sebuah gambar sederhana dengan percaya diri.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Guru memberikan pertanyaan arahan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan untuk memancing rasa ingin tahu yang lebih dalam tentang topik pembelajaran: (HOTS)
- Apa perbedaan antara siang dan malam?
- Apa yang menyebabkan siang dan malam?
- Benda langit apa saja yang dapat kamu lihat pada siang dan malam?
- Benda langit apa sajakah yang paling ingin kamu ketahui?
- Tahukah kamu planet lain selain Bumi?
- Bagaimanakah planet-planet itu bekerja sehingga tidak berbenturan satu dengan yang lain?
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo berdiskusi.
- Siswa mengamati gambar benda-benda langit dan mendiskusikan informasi tentang benda langit tersebut dan hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih dalam tentang benda langit tersebut di dalam kelompok.
- Ayo membaca.
- Siswa membaca bacaan tentang galaksi dan sistem tata surya.
- Siswa didorong untuk mencatat atau menggarisbawahi informasiinformasi menarik dari bacaan.
- Siswa dapat juga mencatatnya dengan menggunakan peta pikiran, tabel, gambar, atau bentuk lain yang mereka sukai.
- Ayo mencoba.
- Guru meminta siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan terhadap cara kerja sistem tata surya yang mereka peragakan dan mereka saksikan dengan menggunakan format yang telah disediakan.
- Ayo mengamati.
- Siswa diminta untuk memerhatikan dan membaca percakapan antara Siti dan Lani pada buku siswa dengan saksama.
- Ayo membaca.
- Secara berpasangan, siswa menjawab pertanyaan dari Buku Siswa tentang isi bacaan dan bagian-bagiannya.
- Siswa menuliskannya di dalam buku catatan mereka, lalu mendiskusikannya dengan teman sebangku kembali.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Ayo renungkan.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk kegiatan refleksi ini.
- Setelah mengetahui tentang Bumi dan angkasa luar, bagaimana kamu bersikap terhadap Tuhan Yang Maha Esa?
- Bagaimana keteraturan memengaruhi cara kerja semesta?
- Kerjasama dengan orang tua.
- Ketika senja tiba, bersama orang tuamu, amatilah langit.
- Lanjutkan hingga malam hari.
- Gambarkan dan tuliskan benda-benda yang dapat kamu lihat di langit.
- Pelajaran diakhiri dengan Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/ proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 6
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut tautan-tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 1"
Posting Komentar