RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 1
Sabtu, 29 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 Tema 8 Subtema 1.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Apakah Sahabat Gurnulis sedang mencari RPP format satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 1? Kalau iya, alhamdulillah, artinya Sahabat Pendidik telah menemukan tempat yang tepat. Sahabat pun bisa mengunduh RPP tersebut di sini.
Penulis sedikit mengulas dulu ya. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran para siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap guru yang mengajar di suatu sekolah berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Tujuannya adalah agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi para siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis para siswa.
RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 1 yang penulis paparkan ini merujuk pada surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen inti berikut ini.
- Tujuan pembelajaran.
- Langkah-langkah pembelajaran.
- Penilaian pembelajaran.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 6 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Bumiku |
Subtema | : Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 6/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Bumiku |
Subtema |
: 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya |
Muatan Terpadu |
: IPA, Bahasa Indonesia |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
- Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.
- Dengan mencari informasi penting dan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf, siswa mampu membuat kesimpulan dari suatu bacaan.
- Dengan membuat peta pikiran yang berisikan persamaan dan perbedaan tentang terjadinya siang dan malam, siswa mampu menceritakan kembali peristiwa rotasi bumi dan akibatnya.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Guru menunjukkan sebuah buklet yang berjudul “Terjadinya Siang dan Malam”.
- Buklet adalah buku kecil yang berisikan informasi tentang suatu hal.
- Setelah itu, guru juga meminta siswa untuk menuliskan hal yang sudah mereka ketahui tentang peristiwa siang dan malam dan juga hal yang ingin mereka ketahui
- Ayo membaca.
- Setelah membaca, siswa diminta untuk menuliskan kata kunci yang mereka temukan dan mendiskusikannya di kelas.
- Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru:
- Mengapa gerak Matahari dikatakan semu? (HOTS).
- Ayo mencoba.
- Siswa dengan teman melakukan dua kegiatan, salah satunya adalah menyimulasikan gerak semu dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa (Collaborative).
- Ayo mengamati.
- Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 2 orang untuk melakukan suatu percobaan dengan menyalakan senter dan menyorotkannya ke salah satu wilayah di globe dan memutarnya.
- Siswa membuat kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan rotasi bumi dan akibatnya.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Ayo renungkan.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk kegiatan refleksi ini.
- Kerjasama dengan orang tua.
- Bersama dengan orang tuanya, siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan mengacu pada pola tertentu.
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
- Pelajaran diakhiri dengan Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/ proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 6
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut tautan-tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh. Penulis yakin kalau artikel ini sangat bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 1"
Posting Komentar