RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 4
Jumat, 28 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 Tema 7 Subtema 4.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Senang selaki kita dapat bertemu kembali dalam Blog Gurnulis ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 6 Tema 7 Subtema 4. Di sini penulis akan mengupas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.
Sebagaimana yang tertera pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pemelajaran didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP bukanlah pekerjaan yang bersifat administratif bagi guru, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Pada era ini, kita bersyukur karena kini RPP disederhanakan formatnya hingga menjadi satu lembar. Merdeka Belajar sebagai kebijakan yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim telah memberikan kemudahan bagi para guru dalam menyusun RPP.
Merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan oleh guru, sesuai dengan kebutuhan.
Apa pengertian tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Contoh tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut.
Siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
- Audience: siswa.
- Behavior: memperkenalkan diri.
- Content: nama panggilan.
Apa pengertian audience? Audience atau siswa (peserta didik), adalah siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour adalah perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Content adalah materi yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik).
Apa pengertian pengertian langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri dari pendahuluan, inti, dan penutup. Langkah pendahuluan merupakan langkah pembelajaran yang berisikan aktivitas guru dalam menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran yang dapat dilakukan dengan cara memberi motivasi belajar, mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan menyampaikan cakupan materi.
RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 4 ini merupakan RPP literasi kegiatan berbasis proyek. Sebagaimana yang kita ketahui pada buku guru maupun buku siswa, subtema 4 merupakan subtema yang berisikan kegitan proyek.
Berikut penulis tampilkan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 6 tema 7 subtema 4 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu
diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 6 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 7 Kepemimpinan |
Subtema | : Subtema 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 6/ Semester 2 |
Tema |
: 7 Kepemimpinan |
Subtema |
: 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
Kegiatan di minggu keempat dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari. Namun apabila guru harus mengisi beberapa jam untuk menghabiskan materi di subtema sebelumnya dikarenakan materi belum selesai, kegiatan literasi ini bisa disesuaikan
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
- Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional.
- Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
- Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
- Kegiatan berbahasa lisan.
- Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
- Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
- Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja.
- Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
- Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
- Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda
- Membaca pemahaman.
- Ambil satu teks dari "Aku Cinta Membaca".
- Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
- Pada kesempatan ini, guru juga membaca teks yang sama.
- Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
- Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman di sebelahnya.
- Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga, guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
- Guru membahas satu kata sulit dengan siswa.
- Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
- Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut.
- Siswa lain menanggapi.
- Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain.
- Begitu seterusnya.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan.
- Menulis kegiatan.
- Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
- Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
- Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah-raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).
- Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, di mana mereka melakukan kegiatan.
- Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman dikelompoknya.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
- Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 6
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut penulis tampilkan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 4"
Posting Komentar