RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 4
Kamis, 27 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 4.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog pembelajaran ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 6 Tema 6 Subtema 4. RPP dengan subtema 4 ini merupakan RPP literasi ya Sahabat Gurnulis. Sahabat dapat mengunduh file-nya pada tautan yang tersedia di bawah.
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun oleh pendidik dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik yang mengajar pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini sesuai dengan yang tertulis pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Penyederhanan format RPP hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Hal ini ditujukan untuk memfokuskan kegiatan guru dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Mengingat pada mulanya guru hanya diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu.
Mengikuti anjuran pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen).
Apa definisi dari tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Seperti apa contoh tujuan pembelajaran? Contohnya adalah sebagai berikut.
Melalui kegiatan mengamati video daur air, siswa dapat menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan secara tertulis.
- Audience: siswa.
- Behaviour: menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan.
- Condition: melalui kegiatan mengamati video daur air.
- Degree: secara tertulis.
Apa definisi dari langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Inti pembelajaran berisi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan menggunakan metode dan media pembelajaran serta sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktivitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.
RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 4 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien memiliki maksud penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki maksud penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki maksud penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 6 tema 6 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu
diingat bahwa format ini adalah format inspiratif.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 6 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera |
Subtema | : Subtema 4 Literasi - Aku Suka Membaca |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 6/ Semester 2 |
Tema |
: 6 Menuju Masyarakat Sejahtera |
Subtema |
: 4 Literasi - Aku Suka Membaca |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan kegiatan membaca cerita, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi berdasarkan kata kunci dari judul dengan tepat.
- Dengan kegiatan membaca cerita, siswa dapat menjelaskan upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.
- Dengan kegiatan membaca cerita, siswa mampu menjelaskan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
- Dengan kegiatan merenungkan, siswa mampu menyebutkan upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera.
- Dengan kegiatan menuliskan, siswa mampu mengidentifikasi upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
- Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
- Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal (Menghargai kedisiplikan siswa - PPK).
- Siswa membaca balon kalimat pada buku siswa. siswa diminta untuk membaca cerita berjudul “Listrik dan Kesejahteraan Masyarakat”.
- Alternatif kegiatan membaca.
- Guru menyebutkan kata kunci berkaitan dengan bacaan.
- Siswa diminta menjabarkan berdasarkan kata kunci.
- Siswa diminta membaca judul bacaan.
- Guru menanyakan perkiraan isi bacaan kepada siswa berdasarkan judul yang telah dibaca.
- Siswa yang akan menjawab pertanyaan diminta untuk mengangkat tangan.
- Guru menyebutkan kata kunci berkaitan dengan bacaan dan memberikan penjelasan kepada siswa
Kegiatan Inti (150 menit)
- Mari merenungkan.
- Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
- Apakah tempat tinggalmu sudah ada listrik?
- Jika tempat tinggalmu belum ada listrik tuliskan harapanmu mengenai hadirnya listrik untuk tempat tinggalmu!
- Jika tempat tinggalmu sudah ada listrik tuliskan manfaat listrik bagi tempat tinggalmu!
- Secara mandiri siswa diminta untuk menuliskan pada kotak yang telah disediakan pada buku siswa.
- Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan adanya ketersediaan listrik.
- Renungan.
- Desa saya sudah memiliki listrik.
- Listrik sangat bermanfaat bagi masyarakat desa.
- Listrik dapat menerangi desa, listrik juga dapat menghidupkan peralatan elektronik sehingga kegiatan masayarakat semakin mudah.
- Mari menulis.
- Siswa telah membaca bacaan “Listrik dan Kesejahteraan Masyarakat”.
- Siswa menjawab pertanyaan berikut.
- Siswa menuliskan jawaban di kolom yang telah disediakan pada buku siswa.
- Setelelah selesai menjawab pertanyaan, guru mengajak siswa melakukan diskusi secara klasikal guna membahas hasil jawaban siswa.
- Guru dapat bertindak sebagai moderator atau menunjuk salah satu siswa.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini.
- Guru memberikan penguatan dan kesimpulan.
- Siswa diberikan kesempatan berbicara/ bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
- Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 6
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut penulis berikan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 4, ya Sahabat Gurnulis. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 4"
Posting Komentar