Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 1.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Bagaimana kabar pembelajaran yang Sahabat lakukan? Semoga lancar ya. Pada kesempatan ini Blog Gurnulis hendak mengupas RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 1. Penulis pun telah mempersiapkan file RPP yang dapat Sahabat unduh.

Guru yang dapat mendesain perencanaan pembelajaran dan dituangkan dalam RPP merupakan guru yang telah mempersiapkan secara maksimal langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang mesti dilakukan oleh guru maupun siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sebaliknya, guru yang tidak mampu merancang rencana pelaksanaan pembelajaran, maka proses pembelajaran hanya bersifat parsial, rutinitas, taanpa konsep yang jelas sehingga tujuan tidak akan tercapai.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar atau KD.

Kompetensi Dasar atau KD merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  terkait  muatan  atau mata pelajaran.

RPP yang disederhanakan hingga dapat dituangkan dalam satu lembar kertas merupakan hasil kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memudahkan kerja guru. Penyederhanaan RPP ini setidaknya memuat komponen inti sebagai berukut:
  • Tujuan pembelajaran.
  • Langkah-langkah pembelajaran.
  • Penilaian pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dirumuskan  berdasarkan  KD,  dengan menggunakan  kata  kerja  operasional  yang  dapat  diamati  dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta harus mengacu pada pencapaian indikator.

Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegitan inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan adalah kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan inti adalah kegiatan yang mencakup pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Kegiatan penutup adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 1 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema  : Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema
 : 1 Manusia dan Lingkungan
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
  2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik.
  3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks berjudul “Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer” pada buku siswa.
    • Kegiatan membaca dapat dilakukan secara bergantian.
    • Salah seorang siswa membaca satu paragraf, siswa lain mendengarkan. Paragraf selanjutnya dibaca oleh siswa yang berbeda (Literasi).
    • Siswa menuliskan peristiwa-peristiwa yang terdapat pada teks dalam bentuk peta pikiran.
    • Kemudian, secara bergantian siswa menunjukkan peta pikiran yang telah dibuatnya (Mandiri).
  • Ayo berdiskusi.
    • Guru mengondisikan siswa untuk melakukan kegiatan diskusi, dengan membuat kelompok-kelompok terdiri atas 4 – 5 siswa.
    • Setiap kelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
      • Apa fungsi air bagi manusia?
      • Apa fungsi air bagi hewan?
      • Apa fungsi air bagi tumbuhan?
    • Siswa menyajikan hasil diskusinya dalam bentuk peta pikiran.
    • Selanjutnya siswa menyajikan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain.
    • Hasil diskusi semua kelompok dapat digunakan sebagai bahan diskusi kelas (Critical Thinking and Problem Formulation).
  • Ayo renungkan. 
    • Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi  kelas dan membantu siswa dalam membuat simpulan umum tentang kegiatan-kegiatan yang terkait dengan materi pembelajaran hari itu.
    • Siswa diminta untuk merefleksikan hal-hal berikut (Mandiri).
      • Pengetahuan apa yang dipelajari siswa hari ini.
      • Keterampilan apa yang siswa latih hari ini?
      • Sikap apa yang siswa kembangkan hari ini?
  • Kegiatan bersama orang tua.
    • Bersama orang tua, siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dalam keluarga masing-masing.
    • Kegiatan-kegiatan tersebut yang dituliskan dapat dituliskan berdasarkan urutan peristiwa, misalnya dari bangun tidur sampai saat akan tidur lagi.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak (Mandiri).
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel