Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 3.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Sedang mencari RPP dalam format yang disederhanakan-kah? Kalau iya, pada kesempatan ini penulis hendak berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 3. Penulis menyediakan file yang dapat Sahabat unduh pula pada blog ini.

Pada era Merdeka Belajar yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim ini, para guru dimudahkan dalam menyusun RPP. RPP yang semula terdiri banyak komponen hingga menyita waktu guru untuk menyusunnya, kini disederhakan hingga hanya terdiri dari tiga komponen inti.

Tiga komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ini terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah pembelajaran  (kegiatan);
  • penilaian pembelajaran (asesmen).
Tujuan pembelajaran dirumuskan  berdasarkan  KD atau Kompetensi Dasar yang termuat dalam RPP  dengan menggunakan  kata  kerja  operasional  yang  dapat  diamati  dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta harus mengacu pada pencapaian indikator.

Indikator pencapaian pada RPP satu lembar kurikulum 2013 merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah.

Penilaian pada RPP satu lembar meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku (tindakan) peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 3 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Subtema  : Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 6 Panas dan Perpindahannya
Subtema
 : 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menggarisbawahi kata kunci, siswa mampu menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan pada media secara tepat.
  2. Dengan membuat diagram untuk menjelaskan pokok pikiran, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara lisan dengan jelas.
  3. Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu menjelaskan benda-benda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Bahan Konduktor dan Isolator”.
    • Sswa diperbolehkan menggarisbawahi informasi penting dan kata-kata sulit yang ia temukan dalam bacaan (Literasi).
    • Guru meminta siswa untuk menulis kata-kata sulit yang ditemukannya ke dalam bacaan dan mencari arti dari kata-kata tersebut (HOTS).
  • Ayo menulis.
    • Siswa mencermati bacaan yang disajikan dan mengidentifikasikan kata-kata yang dicetak miring (HOTS).
  • Ayo mengamati.
    • Siswa diminta untuk melakukan pengamatan dan memperhatikan bahan-bahan yang dapat menghantarkan panas atau konduktor dan menghambat panas atau isolator (HOTS).
    • Guru dan Siswa berkumpul kembali untuk mendiskusikan hasil pengamatan yang merekalakukan.
    • Guru akan mengambil kembali kertas kecil yang berisi ide anak-anak tentang bahan-bahan yang termasuk konduktor dan juga isolator yang dilakukan di awal.
    • Gunakan kertas tersebut untuk menambah informasi mengenai bahan-bahan yang mampu menghantarkan panas atau tidak (Collaburation).
    • Pada pertemuan selanjutnya, minta siswa untuk mengisi lembar hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan yang ada.
    • Siswa dapat menggunakan catatan hasil pengamatan dalam mengisi lembar pekerjaan ini.
    • Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan percobaan yang ia lakukan.
  • Ayo renungkan.
    • Siswa menuliskan hal-hal menarik yang ia temukan dalam kegiatan pembelajaran.
    • Siswa menuliskan hal-hal yang ingin ia ketahui lebih dalam dan usaha-usaha yang akan ia lakukan untuk memenuhi rasa ingin tahunya tersebut (Creativity and Innovation).
  • Kerjasama dengan orang tua. 
    • Siswa dengan bimbingan orang tua membandingkan jumlah kedua jenis benda tersebut dan mengidentifikasikan mana yang lebih sedikit dan banyak.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis tampilkan tautan RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 3"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel