RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1
Minggu, 23 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1.
Ulasan
Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Bagaimana kabar pembelajarannya? Semoga lancar ya. Pada kesempatan ini Blog Gurnulis hendak mengupas RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 1. Penulis pun telah mempersiapkan file RPP yang dapat Sahabat unduh.
Guru yang mampu mendesain perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam RPP artinya telah mempersiapkan secara maksimal langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang mesti dilakukan oleh guru maupun siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sebaliknya, guru yang tidak mampu merancang rencana pelaksanaan pembelajaran, maka proses pembelajaran hanya bersifat parsial, rutinitas, taanpa konsep yang jelas sehingga tujuan tidak akan tercapai.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar atau KD.
Kompetensi Dasar atau KD adalah kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
RPP yang disederhanakan hingga berformat satu lembar merupakan hasil kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memudahkan kerja guru. Penyederhanaan RPP ini setidaknya memuat komponen inti sebagai berukut:
- Tujuan pembelajaran.
- Langkah-langkah pembelajaran.
- Penilaian pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta harus mengacu pada pencapaian indikator.
Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 mencakup kegiatan pendahuluan, kegitan inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan inti merupakan kegiatan yang mencakup pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Kegiatan penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 5 tema 6 subtema 1 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu
diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 5 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 6 Panas dan Perpindahannya |
Subtema | : Subtema 1 Suhu dan Kalor |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 5/ Semester 2 |
Tema |
: 6 Panas dan Perpindahannya |
Subtema |
: 1 Suhu dan Kalor |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, IPA |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
- Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
- Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
- Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo membaca.
- Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam hati.
- Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan.
- Ayo menulis.
- Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan (Literasi).
- Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan di setiap paragraf.
- Siswa membuat kesimpulan dari bacaan dan menjelaskan kepada teman sebangkunya (Creativity and Innovation).
- Ayo mengamati.
- Siswa melakukan pengamatan dan memperhatikan sumber-sumber energi panas apa saja yang mereka gunakan sehari-hari dari pagi hingga malam (Creativity and Innovation).
- Siswa menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk tabel informasi dan melengkapi informasi pada kolom-kolom yang disediakan (Mandiri).
- Siswa mengidentifikasikan kegiatan yang ia lakukan, alat atau bahan yang digunakan dan sumber energi panas yang digunakan dalam kegiatan tersebut (HOTS).
- Ayo berdiskusi.
- Siswa membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya, dan mencari persamaan dan perbedaan dari kedua hasil pengamatan tersebut (HOTS).
- Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan hal-hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut, siswa menyalin pertanyaan tersebut pada selembar kertas dan menempelkannya pada dinding kelas (Creativity and Innovation).
- Ayo mencoba.
- Siswa melakukan kegiatan pengamatan untuk mengamati bagaimana sumber energi panas matahari dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang dengan mudah dapat kita lihat dan amati (HOTS).
- Siswa melakukan kegiatan bersama dengan kelompoknya yang terdiri dari tiga orang (Gotong Royong).
- Siswa mengamati dengan mengukur dan mencatat waktu yang diperlukan bagi es batu pada masing-masing wadah untuk benar benar mencair.
- Ayo renungkan.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk kegiatan refleksi (Critical Thinking and Innovation).
- Kerjasama dengan orang tua.
- Bersama dengan orang tua, siswa mengamati kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak (Mandiri).
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 5
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut adalah kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 1"
Posting Komentar