RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 2
Jumat, 21 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 2.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan Blog Gurnulis, sebuah blog pembelajaran ini ya. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 8 Subtema 2. Di sini penulis akan membahas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini sesuai dengan yang tertulis pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Penyederhanan RPP hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Kebijakan ini ditujukan untuk memfokuskan kegiatan guru dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Mengingat pada awalnya guru hanya diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu.
Mengacu pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen).
Apa definisi dari tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran didefinisikan sebagai rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Seperti apa contoh tujuan pembelajaran? Contohnya adalah sebagi berikut.
Melalui kegiatan mengamati video daur air, siswa dapat menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan secara tertulis.
- Audience: siswa.
- Behaviour: menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan.
- Condition: melalui kegiatan mengamati video daur air.
- Degree: secara tertulis.
Apa yang definisi dari langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran didefinisikan sebagai urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Inti pembelajaran berisikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan menggunakan metode dan media pembelajaran serta sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktivitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.
RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 2 yang penulsi berikan ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif maksudnya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 4 tema 8 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu
diingat bahwa format ini adalah format inspiratif, dari Kemendikbud sendiri tidak ada pembakuan format.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 4 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku |
Subtema | : Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 4/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Daerah Tempat Tinggalku |
Subtema |
: 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, IPA |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan kegiatan mengamati gambar keunikan suatu daerah, siswa dapat mengidentifikasi keunikan daerah tempat tinggalnya.
- Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi.
- Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.
- Dengan kegiatan mencoba melakukan percobaan gaya tarikan, siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta (Mandiri).
- Siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya surat kabar,majalah, atau internet (Critical Thingking and Problem Solving).
- Siswa diminta menjawab pertanyaan dalam kotak yang telah disediakan.
- Siswa membaca narasi pada buku siswa (Literasi).
- Ayo membaca.
- Siswa membaca teks cerita rakyat berjudul ”Roro Jonggrang” pada buku siswa (Literasi).
- Ayo mengamati.
- Siswa diajak mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
- Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pengertian gaya berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
- Gaya dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda (Critical Thingking and Problem Solving).
- Ayo mencoba.
- Langkah percobaan pertama dilakukan secara berpasangan.
- Siswa menyiapkan alat yang diperlukan dengan bimbingan guru.
- Siswa mengikuti langkah percobaan pertama pada buku siswa.
- Setelah selesai melakukan langkah percobaan pertama, siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban pertanyaan sesuai dengan hasil percobaan yang dilakukan siswa (HOTS).
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Ayo renungkan.
- Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan (Critical Thingking and Problem Solving).
- Kerjasama dengan orang tua.
- Internet mengenai cerita rakyat yang berasal dari daerah siswa.
- Siswa menceritakan kembali cerita rakyat yang diperoleh kepada orang tua siswa.
- Siswa juga menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 4
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut penulis tampilkan kumpulan RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 2"
Posting Komentar