RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 1
Jumat, 21 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 1.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog pembelajaran tercinta ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 8 Subtema 1. Pada kesempatan ini, penulis akan mengupas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menurut Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Kebijakan merdeka belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim meringankan tugas guru dalam menyusun RPP. RPP kini dapat disusun daam format satu lembar.
Penyederhanaan RPP hingga menjadi berformat satu lembar ini menghendaki RPP setidaknya terdiri dari 3 komponen, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan sesuai dengan keperluan.
Apa itu tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Apa saja komponen tujuan pembelajaran? Dalam behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience (A), behaviour (B), condition (C), dan degree (D). Namun demikian, dalam konteks materi dan kemampuan tertentu komponen degree (D) bisa saja tidak ada.
Apa itu langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Pendahuluan, berisi aktifitas guru dalam menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran yang dapat dilakukan dengan cara memberi motivasi belajar, mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan menyampaikan cakupan materi.
RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 1 yang penulis berikan ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 4 tema 8 subtema 1 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu
diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 4 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku |
Subtema | : Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 4/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Daerah Tempat Tinggalku |
Subtema |
: 1 Lingkungan Tempat Tinggalku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, IPA |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
- Dengan kegiatan berlatih menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
- Dengan kegiatan mencari tahu pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi.
- Dengan kegiatan mengamati gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
- Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.
- Dengan mendorong dan menarik meja, siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.
- Dengan kegiatan menulis hasil percobaan mendorong dan menarik meja, siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo membaca.
- Siswa membaca cerita Asal Mula Telaga Warna di dalam hati (Literasi).
- Selanjutnya, secara mandiri siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa (HOTS).
- Siswa membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
- Ayo berlatih.
- Siswa bercerita di depan teman-temannya dengan suara nyaring, artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan percaya diri (Communication).
- Ayo berdiskusi.
- Guru menjelaskan hal-hal berikut.
- Cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan salah satu contoh teks fiksi berupa cerita.
- Teks cerita fiksi adalah teks berupa cerita yang sengaja dikarang oleh pengarang.
- Cerita tersebut dapat merupakan hasil imajinasi pengarang ataupun yang pernah terjadi di dunia nyata lalu diolah oleh pengarang sehingga menghasilkan cerita rekaan.
- Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari informasi tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya.
- Siswa menjawab pertanyaan teman atau kelompok lain sesuai pengetahuan dan pemahamannya.
- Ayo mengamati.
- Siswa diminta mengamati gambar.
- Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada buku siswa.
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham. (HOTS)
- Ayo mencoba.
- Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya tarikan dan dorongan terhadap arah gerak benda (Critical Thingking and Problem Solving).
- Percobaan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas tiga anak (Collaboration).
- Ayo menulis.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan (HOTS).
- Ayo berdiskusi.
- Siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya tentang perbedaan gaya dan gerak (Critical Thingking and Problem Solving).
- Selanjutnya, siswa diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok lain (Communication).
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 4
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut adalah kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 1"
Posting Komentar