RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 3
Kamis, 20 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 3.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog pembelajaran ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 7 Subtema 3. Di sini penulis akan mengajak Sahabat Gurnulis untuk membahas komponen-komponennya dan penulis juga memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.
Apa yang dimaksud dengan RPP? Mengacu kepada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Guru menyusun RPP agar pembelajaran yang dilakukannya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim memberikan kemudahan bagi guru dalam menyusun RPP. Kalau semula RPP disusun dalam banyak komponen, kini mereka diperbolehkan menyusun dalam 3 komponen saja, bahkan hanya dalam format satu lembar.
Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan oleh guru, sesuai dengan kebutuhan.
Apa yang pengertian tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Dalam non-behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience, behaviour, dan content. Apa yang dimaksud dengan audience, behaviour, dan content? Audience maksudnya adalah siswa atau peserta didik, yaitu siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour adalah perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Content adalah materi yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik).
Apa yang dimaksud dengan penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang dinilai dari peserta didik terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Apa yang dimaksud dengan penilaian pengetahuan? Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan mengumpulkan informasi mengenai penguasaan pengetahuan peserta didik. Bagaimana melakukan penilaian pengetahuan? Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, dan/ atau penugasan
RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 3 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien memiliki arti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki arti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki arti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 4 tema 7 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu ditekankan bahwa format ini adalah format alternatif.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 4 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku |
Subtema | : Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 4/ Semester 2 |
Tema |
: 7 Indahnya Keragaman di Negeriku |
Subtema |
: 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, IPA |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan dengan cermat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan rinci.
- Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya magnet dengan tepat.
- Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo berdiskusi.
- Siswa berdiskusi membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya (Collaboration).
- Siswa berdiskusi untuk menentukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan (Collaboration).
- Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka (Communication).
- Guru membimbing agar adanya perbedaan pendapat antarkelompok siswa dapat memperkaya wawasan siswa (Critical Thingking and Problem Solving).
- Ayo mencoba.
- Siswa melakukan percobaan untuk mengamati benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet (Critical Thingking and Problem Solving).
- Siswa melanjutkan percobaan untuk mengetahui interaksi dua buah magnet (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo berdiskusi.
- Siswa berdiskusi untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan hasil percobaan (Collaboration).
- Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan percobaan berdasarkan data hasil pengamatan (Collaboration).
- Guru menjelaskan cara kerja alat yang menggunakan magnet, misalnya kompas (Communication).
- Ayo mencoba.
- Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan adanya gaya gravitasi (Critical Thingking and Problem Solving).
- Siswa berdiskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan yang telah dilakukan. (Collaboration).
- Siswa diajak bertanya jawab untuk mengetahui manfaat dari gaya magnet dan gaya gravitasi (HOTS).
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua. Siswa megidetifikasi benda-benda di rumah yang dapat ditarik oleh magnet (Mandiri).
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
- Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 4
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut penulis haturkan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 3"
Posting Komentar