RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Subtema 2
Rabu, 19 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Subtema 2.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog pembelajaran ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 6 Subtema 2. Di sini penulis akan mengupas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini sesuai dengan yang tertulis pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Penyederhanan RPP hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Hal ini ditujukan untuk memfokuskan kegiatan guru dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Mengingat pada mulanya guru hanya diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu.
Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen).
Apa yang pengertian tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Seperti apa contoh tujuan pembelajaran? Contohnya adalah sebagai berikut.
Melalui kegiatan mengamati video daur air, siswa dapat menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan secara tertulis.
- Audience: siswa.
- Behaviour: menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan.
- Condition: melalui kegiatan mengamati video daur air.
- Degree: secara tertulis.
Apa pengertian dari langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Inti pembelajaran berisi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan menggunakan metode dan media pembelajaran serta sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktifitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.
RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 6 subtema 2 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif maksudnya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum
2013 kelas 4 tema 6 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu
diingat bahwa format ini adalah format inspiratif.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 4 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 6 Cita-citaku |
Subtema | : Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 4/ Semester 2 |
Tema |
: 6 Cita-citaku |
Subtema |
: 2 Hebatnya Cita-Citaku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, IPA |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, siswa dapat menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
- Melalui kegiatan mengamati contoh-contoh puisi, siswa dapat membuat puisi secara mandiri dengan baik.
- Dengan mengamati daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda siswa dapat membandingkan dua daur hidup binatang dengan cermat.
- Dengan membandingkan siklus hidup mahluk hidup yang berbeda siswa dapat melaporkannya dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo membaca.
- Siswa mencermati dan membaca teks bacaan yang disajikan di Buku Siswa, bacaan ini mengenai kisah seorang guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus.
- Guru memberikan inspirasi kepada siswa tentang makna dari bacaan tersebut dan mengaitkannya dengan judul tema Cita-cita (Literasi).
- Siswa mencermati puisi dan membaca puisi tersebut.
- Guru membimbing diskusi untuk membaca makna dari teks puisi tersebut.
- Siswa mengingat kembali ciri-ciri puisi yang sudah dipelajari sebelumnya dan mencocokkan ciri-ciri tersebut dengan puisi yang disajikan di Buku Siswa (Creativity and Innovation).
- Ayo berlatih.
- Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan di Buku Siswa untuk memahami lebih rinci tentang puisi yang dibacanya (HOTS).
- Siswa mengekspresikan pemahamannya tentang makna puisi yang dibacanya melalui sebuah gambar.
- Ayo berlatih.
- Siswa bersama dengan guru membaca teks dan mencermati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru menggunakan topik bahasan tentang dokter hewan sebagai jembatan untuk membahas tentang hewan dan daur hidur yang dilaluinya (Literasi).
- Ayo mencoba.
- Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari paling sedikit tiga orang. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda sesuai dengan penugasan yang diberikan di tiap kelompok (Collaboration).
- Siswa mengamati hasil dari kelompok lain dan mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan jenis daur hidupnya sempurna atau tidak sempurna (Communication).
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Ayo renungkan.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang (Critical Thingking and Problem Solving).
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 4
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut penulis berikan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 6 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Subtema 2"
Posting Komentar