Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kita berjumpa kembali. Kali ini penulis ingin berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 ya. Penulis ingin berbagi RPP satu lembar Kelas 3 Tema 8 Subtema 4. Penulis pun yakin bahwa Sahabat Gurnulis tengah mencarinya. Selain mengulasnya, penulis telah menyediakan tautaun unduhan RPP-nya. Ayo sama-sama kita simak.

RPP satu lembar di sini adalah RPP dengan format yang disederhanakan ya. Penyederhanaan ini mengikuti dasar Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. RPP sendiri didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.

RPP satu lembar kurikulum 2013 disusun dengan acuan silabus. RPP ini disusun berdasarkan KD atau subtema. Haruskah guru membuat silabus? Jawabannya adalah tidak harus. Guru tidak harus membuat silabus. Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang KTSP.

Apa tujuan guru menyusun RPP? RPP disusun untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Penyusunan RPP sebenarnya bukan merupakan pekerjaan administratif guru, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana yang tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 sub tema 4 ini? Berikut komponen inti dari RPP-nya.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran (asesmen).
Ketiga komponen inti ini boleh ditambah dengan komponen yang lain sesuai dengan kebutuhan. Komponen lain yang dimaksud adalah komponen yang tercantum dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan komponen lain yang dianggap perlu oleh guru.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Praja Muda Karana
Subtema  : Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 8 Praja Muda Karana
Subtema
 : 4 Aku Suka Berkarya
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca teks, siswa dapat menentukan arah mata angin dengan benar.
  2. Setelah membaca teks, siswa dapat menggunakan kata delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menginterpretasikan data dengan benar.
  4. Setelah mengamati data, siswa dapat menyajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar.
  5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan dengan benar.
  6. Setelah mengamati, siswa dapat merancang pembuatan karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Kegiatan membaca dilakukan siswa untuk memahami denah dan arah mata angin.
    • Siswa dikenalkan dengan denah, bisa melalui berbagai cara. Bisa dengan membaca teks yang ada pada buku, pengamatan gambar pada denah ataupun permainan.
    • Pengamatan gambar denah dari kartu undangan bekas bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengenalkan siswa pada denah lokasi.
    • Mengamati denah melalui gambar dari kartu undangan bekas/ denah yang ada.
    • Siswa menyimpulkan bersama-sama definisi denah (Collaborative).
    • Setelah siswa memahami definisi denah, siswa dikenalkan dengan arah mata angin.
    • Arah mata angin berfungsi menentukan arah pada denah lokasi.
    • Lalu, untuk membantu siswa menghafal nama-nama arah mata angin, dapat dengan menyanyi. Ubah lirik lagu Pelangi dengan 8 arah mata angin seperti berikut.
    • Kegiatan pengenalan arah mata angin bisa dimulai dengan berdiskusi arah matahari terbit dan tenggelam.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa berlatih menentukan posisi suatu tempat pada gambar ruang kelas,menggunakan petunjuk arah mata angin.
    • Siswa berlatih memperkirakan jarak tempuh tercepat berdasarkan gambar denah (HOTS).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa berlatih membandingkan informasi yang bisa diperoleh dari gambar denah dan gambar diagram.
    • Guru dapat menyediakan contoh gambar diagram yang biasa ditemui siswa sehari-hari. Misalnya diagram data siswa, data nilai atau data penduduk suatu daerah. Lalu, siswa mengamati dan menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan diagram tersebut. Contoh diagram.
    • Siswa berlatih membaca tabel data, lalu menggambar diagram sesuai data tersebut.
  • Ayo berkreasi.
    • Dalam kegiatan ini melatih kemampuan siswa memotong/menggunting, menempel, dan menyambung (Creativity and Innovation).
    • Dalam subtema ini, siswa akan berlatih menggambarkan suatu lokasi menggunakan model rumah-rumahan/maket. Sebagai kegiatan permulaan, siswa akan membuat model rumah-rumahan terlebih dahulu. Model lokasi akan dibuat pada pertemuan selanjutnya.
    • Siswa akan menggunting pola rumah-rumahan, lalu melipat sesuai garis, dan menempel menggunakan lem.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 3

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP yang terkait RPP di atas. Untuk mempermudahkan pencarian yang Sahabat lakukan, penulis menyortir daftarnya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran di kelas Sahabat.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel