RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 4
Senin, 17 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 4.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Kembalo Blog Gurnulis berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 ya. Pada artikel kali ini penulis hendak berbagi RPP satu lembar Kelas 3 Tema 7 Subtema 4. Penulis pun yakin kalau Sahabat tengah mencari-carinya. Yuk, sama-sama kita pelajari. Penulis pun telah menyediakan tautaun unduhan RPP-nya.
Sebagaimana yang kita ketahui, RPP satu lembar merupakan RPP dengan penyederhanaan format. Penyederhanaan ini mengikuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Pengertian dari RPP sendiri adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Untuk menyusun RPP satu lembar, guru harus berpedoman kepada silabus. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema. Pertanyannya, apakah guru harus membuat silabus? Tentu tidak. Guru tidak harus membuat silabus. Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah berdasarka Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang KTSP.
Tujuan penyusunan RPP itu apa sih? Tujuan penyusunan RPP adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Penyusunan RPP bukanlah pekerjaan yang bersifat administratif, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013 ini? Komponen intinya adalah:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen)
Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Format ini bukanlah format baku.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 3 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 7 Perkembangan Teknologi |
Subtema | : Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 3/ Semester 2 |
Tema |
: 7 Perkembangan Teknologi |
Subtema |
: 4 Perkembangan Teknologi Transportasi |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.
- Dengan mencermati gambar, siswa dapat menceritakan kembali informasi mengenai perkembangan transportasi dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.
- Dengan berkreasi, siswa dapat mengidentifikasi teknik potong, lipat, dan sambung dalam pembuatan karya keterampilan dengan tepat.
- Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
- Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.
- Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai mahluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo membaca.
- Siswa berlatih membaca tanpa suara (silent reading) dan mencermati isi teks (Literasi).
- Siswa mengidentifikasi kata-kata baru pada teks dan melafalkannya.
- Siswa bertanya jawab dengan bimbingan guru.
- Ayo mengamati.
- Siswa mencermati teks sambil menggaris bawahi kalimat utama yang terdapat pada setiap kalimat pertama.
- Siswa mencari ide pokok/ isi cerita berdasarkan kalimat utama dan menuliskannya
- Ayo bercerita.
- Siswa mencermati gambar perkembangan menggunakan alat transportasi.
- Siswa menyampaikan apa yang ada di pikirannya tentang gambar (HOTS).
- Siswa becerita tentang perkembangan menggunakan alat transportasi berdasarkan jawabannya (HOTS).
- Ayo mengamati.
- Siswa mencermati tahapan membuat mobil dari kardus bekas.
- Ayo berkreasi.
- Siswa membuat mobil dengan mengikuti petunjuk pada buku dan guru memotivasi siswa untuk bersemangat membuat mobil (Creativity and Innovation)
- Siswa Belajar tentang teknik potong, lipat, dan sambung yang dilakukan saat membuat mobil.
- Mintalah siswa mencermati bangun datar yang terdapat pada mobil hasil karyanya.
- Minta siswa menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang ada.
- Siswa mencermati bentuk kaca sebagai salah satu bentuk bangun datar yang terdapat pada mobil.
- Guru meminta siswa mencermati ukuran kaca mobil pada buku siswa.
- Mintalah siswa menyebutkan banyak sisi dan panjang setiap sisi.
- Ayo berlatih.
- Setelah beberapa kali berlatih menghitung keliling bangun datar, siswa mengerjakan latihan menghitung keliling pada buku.
- Ingatkan siswa untuk bekerja secara mandiri.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 3
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut adalah daftar RPP yang terkait dengan RPP di atas. Untuk mempermudahkan pencarian, penulis menyortir daftarnya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran di kelas yang diampu.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 4"
Posting Komentar