RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 1
Senin, 17 Januari 2022
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 1.
Ulasan
Halo Sahabat Gurnulis. Penulis kini menampilkan RPP satu lembar Kelas 3 Tema 7 Subtema 1. Di samping menampilkan pratinjau dari RPP, penulis pun telah menyediakan file dalam format Microsoft Word yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Sahabat dapat mengunduhnya pada tombol "Unduh RPP" yang ada di bawah.
Berdasarkan lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Tujuan pendidik menyusun RPP adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didiknya dalam rangka mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik memiliki kewajiban yang sama dalam menyusun RPP secara lengkap dan sistematis untuk memastikan pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
RPP dapat digunakan untuk satu pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP sebenarnya bukanlah merupakan pekerjaan yang bersifat administratif, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Berpijak pada surat edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti RPP satu lembar, dalam hal ini RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 1 adalah sebagai berikut.
- Tujuan pembelajaran.
- Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran.
- Penilaian pembelajaran atau asesmen.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 3 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 7 Perkembangan Teknologi |
Subtema | : Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 3/ Semester 2 |
Tema |
: 7 Perkembangan Teknologi |
Subtema |
: 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan menyimak penjelasan guru tentang pola irama, siswa dapat memahami perbedaan pola irama yang terdapat pada sebuah lagu dengan tepat.
- Dengan mengidentifikasi pola irama dengan lirik lagu, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama lagu yang berbeda pada sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan menyanyikan lagu “Rotiku”, siswa dapat memperagakan variasi pola irama yang berbeda pada sebuah lagu dengan benar dan percaya diri.
- Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat.
- Dengan menjawab pertanyaan dari teks yang telah dibaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks yang telah dibaca dengan tepat.
- Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
- Setelah menemukan informasi dari teks bacaan, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan penggunaan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang tepat.
- Dengan mengamati banyak satuan luas yang menutupi suatu daerah, siswa dapat menemukan luas suatu daerah.
- Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
- Setelah mengidentifikasi luas permukaan bidang dalam satuan tidak baku, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo bernyanyi.
- Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Rotiku” sambil bermain alat musik jika memungkinkan. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu “Rotiku”.
- Guru memancing rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
- Berikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
- Ajak siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.
- Ayo mengamati.
- Siswa menyanyikan lagu tersebut secara bersama dan memberi tanda pada baris yang memiliki pola irama berbeda (Collaborative).
- Setelah siswa selesai memberi tanda pada pola irama berbeda, minta mereka untuk memeriksa ketepatan hasil jawaban pada buku teks.
- Minta siswa untuk melakukan tahapan kegiatan yang sama secara individu agar guru dapat melakukan asesmen dari hasil pemahaman siswa berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Ayo bernyanyi.
- Siswa belajar berpasangan agar dapat mendengarkan perbedaan pola irama dengan cara mendengarkan temannya menyanyikan lagu “Rotiku”.
- Siswa mendiskusikan apakah pola irama lagu “Rotiku” sama atau berbeda (Critical thinking and Problem Solving).
- Ayo membaca.
- Siswa bercerita mengenai berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.
- Guru juga menunjukkan berbagai contoh jenis makanan dan menjelaskan bahwa jenis makanan yang diolah merupakan hasil dari teknologi pangan.
- Guru meminta siswa membaca teks “Teknologi Pangan” pada buku siswa secara bersama-sama dengan nyaring (Literasi).
- Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan judul dari bacaan yang telah dibaca serta isi dari teks yang telah dibaca oleh siswa.
- Lakukan tanya jawab dengan siswa berdasarkan isi teks yang telah dibaca.
- Uraikan setiap pertanyaan dan jawaban yang diberikan sebagai ide pokok dari teks yang telah dibaca.
- Ayo menulis.
- Tanyakan kepada siswa, informasi apa saja yang mereka peroleh setelah membaca teks tentang teknologi pangan pada buku siswa.
- Siswa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan “Teknologi pangan” dan menguraikan pokok-pokok informasi yang ditemui bersama-sama.
- Siswa menuliskan kembali informasi yang diperoleh dengan memperhatikan kaidah ejaan bahasa Indonesia.
- Ingatkan siswa mengenai penggunaan huruf kapital pada awal kalimat serta membubuhkan tanda titik pada akhir kalimat.
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati video atau poster cara membuat tahu sebagai makanan yang diolah dengan menggunakan teknologi pangan.
- Siswa mengamati kain untuk menyaring tahu berukuran berbeda yang dibawa oleh guru.
- Catatan: Alat peraga tidak harus berupa tahu, tetapi dapat disesuaikan dengan sumber daya yang tersedia di daerah setempat.
- Guru bertanya kepada siswa mengenai luas dari kain untuk menyaring tahu.
- Guru bertanya kembali, apakah mereka tahu arti dari luas permukaan suatu bidang?
- Guru bertanya, bagaimana menentukan luas kain dengan satuan tidak baku?
- Guru menutup kain penyaring tahu dengan satuan tidak baku seperti lembaran kertas berbentuk persegi panjang, persegi, segitiga, dan lain-lain.
- Ayo berlatih.
- Siswa mengukur luas permukaan berbagai benda memakai kertas persegi yang telah disiapkan
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Peserta didik.
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru.
- Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. Setelah melalui momen refleksi, siswa dan guru bekerja sama membersihkan ruang kelas.
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 3
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut kumpulan RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Pendidik dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 1"
Posting Komentar