RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 4
Rabu, 29 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 4.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Blog Gurnulis kali ini memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ya. RPP ini merupakan RPP dengan format yang ringkas. Penulis menyediakan file dalam format Microsoft Word yang dapat Sahabat sunting untuk melengkapi administrasi pembelajarannya.
Sebelumnya, penulis bahas terlebih dahulu pengertian RPP terlebih dahulu ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini dijelaskan secara lengkap dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ke dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang bisa dilakukan secara sederhana oleh pendidik sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ini mengikuti kebijakan yang terdapat pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen yang dimaksud terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ke dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang bisa dilakukan secara sederhana oleh pendidik sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ini mengikuti kebijakan yang terdapat pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen yang dimaksud terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Kebijakan merdeka belajar ini memberikan kebebasan kepada para pendidik untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP sesuai dengan 3 prinsip di atas. Tujuan kebijakan tersebut adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ini adalah untuk mempermudah kerja guru. Para pendidik yang pada mulanya hanya diarahkan untuk menulis RPP secara sangat rinci dan banyak menghabiskan waktu, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Pertanyaannya, kini adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Para pendidik bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format bagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4.
Tujuan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4 ini adalah untuk mempermudah kerja guru. Para pendidik yang pada mulanya hanya diarahkan untuk menulis RPP secara sangat rinci dan banyak menghabiskan waktu, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Pertanyaannya, kini adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Para pendidik bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format bagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema | : Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema |
: 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
- Dengan membaca teks yang belum benar, siswa dapat menyunting teks pendek sesuai dengan kebenaran aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara kreatif.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Siswa diberikan motivasi dengan mengamati gambar pada pengantar subtema 4, misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti pada buku siswa. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo membaca.
- Siswa membaca dongeng “Kisah Kera dan Ayam” dengan nyaring. (Literasi)
- Siswa menceritakan isi dongeng yang dibaca.
- Ayo mengamati.
- Siswa diminta membaca kembali teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam”. (Literasi)
- Siswa diingatkan kembali dengan aturan penggunaan huruf kapital.
- Siswa memperhatikan contoh penggunaan huruf kapital pada petikan langsung.
- Ayo berlatih.
- Siswa mengerjakan latihan, yaitu menemukan kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat.
- Siswa memperbaiki kesalahan yang terdapat pada kalimat tersebut dengan menuliskan kembali pada kolom yang ada di buku siswa. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar karya hiasan menggunakan bahan buatan.
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang gambar dan cara membuatnya. (Communication)
- Ayo berkreasi.
- Siswa menyiapkan bahan dan alat dalam membuat karya hiasan anak ayam dari bahan kertas.
- Siswa di bawah bimbingan guru membuat karya hiasan anak ayam menggunakan bahan kertas.(Creativity and Innovation)
- Ayo membaca.
- Siswa membaca kembali cuplikan dongeng “Kisah Kera dan Ayam”. (Literasi)
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi teks yang berkaitan dengan konversi satuan waktu.
- Guru memberikan penjelasan tentang konversi satuan waktu. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo berlatih.
- Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang berhubungan dengan konversi satuan waktu.
- Guru memberikan bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitan.
- Guru memberikan skor dan penilaian bagi siswa yang belum paham.
- Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Peserta didik:
- Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Untuk mempermudahkan Sahabat Pendidik mencari RPP lain yang berkaitan dengan RPP ini, penulis sediakan tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan dimanfaatkan untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 4"
Posting Komentar