RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 3
Rabu, 29 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 3.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik, berjumpa kembali dengan blog Gurnulis ya. Kali ini penulis hendak berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3. RPP ini merupakan RPP dengan format satu lembar. Penulis juga menyediakan file unduhan yang dapat Sahabat gunakan untuk melengkapi persiapan pembelajarannya.
Terlebih dahulu kita berliterasi tentang RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3 hingga menjadi satu lembar menjadi bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan tiga prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3 hingga menjadi satu lembar menjadi bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan tiga prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Apa saja komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3 ini? Komponennya mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada merdeka belajar ini, guru diperbolehkan menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut. Guru benar-benar dimerdekakan untuk mengajar. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk memperingan beban administratif guru serta memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Adapun tujuan dari penyederhanaan RPP 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3 hingga berformat satu lembar adalah permudahan kerja guru. Guru-guru yang semulanya sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu, kini mereka bisa lebih memfokuskan diri untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Penulis tegaskan bahwasannya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Sebagaimana kebijakan merdeka belajar, guru dibebaskan membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3.
Adapun tujuan dari penyederhanaan RPP 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3 hingga berformat satu lembar adalah permudahan kerja guru. Guru-guru yang semulanya sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu, kini mereka bisa lebih memfokuskan diri untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Penulis tegaskan bahwasannya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Sebagaimana kebijakan merdeka belajar, guru dibebaskan membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema | : Subtema 3 Aturan Keselamatan di Perjalanan |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema |
: 3 Aturan Keselamatan di Perjalanan |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan benar.
- Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan mengamati gambar kalender, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan benar.
- Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami secara kreatif.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar yang berisi percakapan tentang aturan dalam perjalanan.
- Ayo membaca.
- Siswa membaca teks tentang “Aturan Keselamatan dalam Bus”. (Literasi).
- Bertanya jawab tentang isi teks yang telah dibaca. (Communication)
- Ayo mengamati.
- Siswa membaca kembali teks “Aturan Keselamatan dalam Bus”. (Literasi)
- Siswa menjelaskan aturan penggunaan huruf kapital pada teks “Aturan Keselamatan dalam Bus”.
- Siswa menyebutkan beberapa kata yang menggunakan huruf kapital pada kalimat yang telah dibaca.
- Ayo berlatih.
- Siswa menulis 5 kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital.
- Siswa membacakan kalimat yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.(Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar kalender yang ada pada buku siswa.
- Berdasarkan gambar yang diamati, siswa diminta menyebutkan jumlah dan nama hari dalam 1 minggu.
- Ayo berlatih.
- Siswa mengerjakan soal latihan tentang konversi satuan waktu.
- Ayo berkreasi.
- Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat “Kerajinan Kulit Kerang”.
- Guru memberikan bimbingan dalam membuat kerajinan kulit kerang berdasarkan petunjuk yang ada pada buku siswa. (Creativity and Innovation)
- Ayo berlatih.
- Dalam membuat kerajinan, diperlukan bimbingan dari guru agar hasil karya siswa maksimal. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Kerjasama dengan orang tua.
- Orang tua membimbing anak membuat kerajinan dari benda-benda alam di sekitar sehingga terbangun kreativitas pada diri anak. (Mandiri)
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Jika Sahabat Pendidik memerlukan RPP lain yang terkait dengan RPP di atas, Sahabat dapat mengakses tautan-tautan berikut. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Semoga bermanfaat.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 3"
Posting Komentar