RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 2
Selasa, 28 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 2.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Penulis memiliki unduhan file RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2. File yang dapat diunduh yang penulis maksud adalah file berformat Microsoft Word yang dapat diunduh. Apakah Sahabat tengah mencari-carinya? Ayo sama-sama kita simak.
Kita berliterasi sebentar pada pengertiann RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2 hingga menjadi satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Bagaimana dengan keadaan komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponennya hanya terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2 hingga menjadi satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Bagaimana dengan keadaan komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponennya hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Dalam kebijakan merdeka belajar ini, guru diperbolehkan untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan tiga prinsip tersebut di atas. Tujuannya tidak lain adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Yang menjadi pertimbangan dari dilakukannya penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Format penyusunan RPP satu lembar apakah bersifat kaku dan baku? Jawabannya adalah tidak. Guru dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2.
Yang menjadi pertimbangan dari dilakukannya penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Format penyusunan RPP satu lembar apakah bersifat kaku dan baku? Jawabannya adalah tidak. Guru dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema | : Subtema 2 Menjaga Keselamatan di Rumah |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema |
: 2 Menjaga Keselamatan di Rumah |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati kartu pelajar, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama orang) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
- Dengan mengamati kartu pelajar, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang) dengan tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan mengamati model jam, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.
- Dengan mengamati model jam, siswa dapat menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan secara tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan penugasan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan secara tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh berdasarkan level gerak dalam tarian sesuai hitungan dengan benar.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
=
- Sebelum masuk pembelajaran 1, diberikan arahan pengantar subtema 2, yaitu menjaga keselamatan di rumah.
- Ayo mengamati.
- Siswa diminta mengamati gambar yang berhubungan dengan menjaga keselamatan di rumah.
- Bertanya jawab tentang gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
- Apa saja yang dilakukan Udin dan keluarga?
- Apakah kamu melakukan hal yang sama seperti Udin dan keluarga?
- dan sebagainya.
- Selanjutnya, masuk pada pembelajaran 1 materi yang akan dibahas pada awal pembelajaran 1 adalah mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu aturan penggunaan huruf kapital. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo mengamati.
- Siswa diminta mengamati dan membaca teks percakapan Udin dan kakak.
- Bertanya jawab tentang isi percakapan Udin dan kakak. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya:
- Apa isi percakapan Udin dan kakak?;
- Apa kesimpulanmu terhadap isi percakapan mereka?;
- dan sebagainya. (Communication)
- Ayo membaca.
- Siswa diminta mengamati gambar kartu pelajar Mutiara.
- Siswa diminta menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada kartu pelajar Mutiara.
- Guru membimbing siswa tentang aturan penggunaan huruf kapital, terutama penulisan nama orang. (Literasi)
- Ayo berlatih.
- Siswa mengisi kartu pelajar sesuai dengan identitas diri masing-masing.
- Mengoreksi kebenaran kartu pelajar yang telah diisi siswa sesuai dengan aturan penulisan huruf kapital yang benar.
- Siswa membacakan identitas diri masing-masing sesuai dengan kartu pelajar yang telah diisi. (Creativity and Innovation)
- Ayo mengamati.
- Menghubungkan dengan mata pelajaran SBdP, siswa diminta mengamati alat yang digunakan Udin dan kakak ketika membersihkan dokumen keluarga, yaitu kemoceng.
- Guru memperagakan contoh gerakan ketika menggunakan kemoceng.
- Guru mengarahkan siswa bahwa gerakan menggunakan kemoceng dapat dibuat dalam bentuk tari.
- Siswa diminta mengamati gambar gerakan tari menggunakan kemoceng pada buku siswa.
- Guru mencontohkan gerakan tari menggunakan kemoceng. (Creativity and Innovation)
- Ayo mencoba.
- Siswa diminta melakukan gerakan tari menggunakan kemoceng sesuai dengan gambar dan contoh yang diperagakan guru.
- Guru membimbing siswa dengan perlahan dalam melakukan setiap gerakan.
- Siswa diminta melakukan gerakan dalam posisi duduk dan berdiri, serta menggunakan hitungan.
- Bertanya jawab tentang perasaan siswa setelah melakukan gerakan tari. (Creativity and Innovation)
- Ayo mengamati.
- Menghubungkan dengan mata pelajaran matematika, guru bertanya tentang waktu mulai dan selesai Udin dan kakak membersihkan dokumen keluarga.
- Siswa mengamati gambar tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam pada buku siswa.
- Guru menjelaskan konversi waktu dari jam ke menit.
- Guru menggunakan model jam yang dapat diutak-atik dalam menjelaskan konversi satuan waktu dari jam ke menit.Siswa diminta menemukan dan menyimpulkan bahwa 1 jam = 60 menit. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo berlatih.
- Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan konversi satuan waktu, yaitu dari jam ke menit.
- Guru bersama siswa memeriksa kebenaran jawaban siswa.
- Guru memberikan skor dan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
- Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
- Menyimpulkan pembelajaran dan memberikan penguatan terutama berkaitan dengan sikap-sikap yang berhubungan dengan penguasaan KI-1 dan KI-2.
- Menutup pelajaran dengan pembiasaan berdoa dan bersyukur. (Critical Thingking and Problem Solving)
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Kerja sama dengan orang tua.
- Orang tua membimbing anak menentukan lama setiap kegiatan yang dikerjakan di rumah. Selanjutnya, anak dibimbing untuk mengubahnya ke dalam satuan menit. (Mandiri)
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
- Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Daftar RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses adalah sebagai berikut. Sahabat dapat mengeksplorasi RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Boleh sahabat pendidik unduh, semoga memberikan manfaat bagi pembelajarannya.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 2"
Posting Komentar