RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 1
Selasa, 28 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 1.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Penulis memiliki topik menarik kali ini. Penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1. Kalau Sahabat sedang mencarinya, artinya sahabat menemukan blog yang tepat.
Sebelum menuju ke tautan unduhannya, kita bahas pengertian RPP terlebih dahulu ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus serta dapat disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1 hingga menjadi satu lembar ini adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen yang terkandung dalama RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1 hingga menjadi satu lembar ini adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen yang terkandung dalama RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada program merdeka belajar, guru boleh menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1.
Yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema | : Subtema 1 Aturan Kebersamaan di Rumah |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan |
Subtema |
: 1 Aturan Kebersamaan di Rumah |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur waktu dengan benar.
- Dengan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam, siswa dapat membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam dengan tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.
- Dengan mengamati kata ganti Tuhan, siawa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) yang benar.
- Dengan penugasan, siswa dapat membacakan teks pendek yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu berbirama dua dengan benar.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Kegiatan awal pembelajaran 1 adalah materi matematika tentang membaca tanda waktu.
- Siswa diminta untuk mengamati setiap kegiatan pada gambar.
- Siswa diminta menjawab pertanyaan terkait dengan isi gambar.
- Guru menjelaskan cara membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam.
- Siswa mengamati beberapa contoh cara membaca tanda waktu.
- Ayo berlatih.
- Siswa menyelesaikan soal-soal membaca tanda waktu.
- Siswa bersama guru memeriksa kebenaran jawaban yang telah dibuat siswa.
- Ayo membaca.
- Menghubungkan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa diajak untuk membaca teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi”. (Literasi)
- Guru menjelaskan cara membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat pada teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi”.
- Siswa membaca teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Bertanya jawab tentang isi teks yang telah dibaca.
- Ayo mengamati.
- Siswa diminta untuk membaca kembali teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi”. (Literasi)
- Siswa diajak untuk menemukan aturan penggunaan huruf kapital, yaitu terhadap nama “Tuhan” dan pengganti nama “Tuhan”.
- Ayo menulis.
- Siswa menulis 5 kalimat yang berhubungan dengan penulisan kata ganti “Tuhan”, yaitu Yang Maha Esa, Yang Mahakuasa, Yang Mahabesar, Yang Maha Pengasih, dan Yang Maha Penyayang.
- Memeriksa kebenaran kalimat yang telah ditulis siswa dengan mengacu pada aturan penulisan huruf kapital.
- Ayo bernyanyi.
- Menghubungkan dengan pembelajaran SBdP, guru dapat mengajukan pertanyaan tentang “Aturan Ketika Sarapan Pagi” yang telah dibaca sebelumnya.
- Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa, misalnya: apa yang kita lakukan sebelum makan?, mengapa kita harus berdoa?
- Guru menjelaskan tentang tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu hingga siswa benar-benar paham.
- Ayo berlatih.
- Siswa diminta menyanyikan lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan” dengan memperhatikan tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu.
- Menyimpulkan pembelajaran dan memberikan penguatan terutama berkaitan dengan sikap-sikap yang berhubungan dengan penguasaan KI-1 dan KI-2
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Kerjasama dengan orang tua.
- Orang tua membimbing anak dalam menyusun jadwal kegiatan di rumah agar siswa terbiasa disiplin. (Mandiri)
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 8 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajarannya.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 8 Subtema 1"
Posting Komentar