Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Pada artikel ini Penulis hendak berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 3. RPP ini adalah RPP dengan format satu lembar. Penulis pun menyediakan file unduhan yang dapat Sahabat gunakan bagi administrasi di kelas yang Sahabat ampu.
 
Sedikit berliterasi tentang RPP dulu ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 3 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
 
Apa saja komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 3 ini? Acuan komponennya adalah Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP, yang mana hanya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini pun, guru diperbolehkan menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk memperingan beban administratif guru serta memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari dilakukannya penyederhanaan RPP 2013 kelas 2 tema 7 subtema 3 hingga  berformat satu lembar adalah permudahan kerja guru. Guru-guru yang semula sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu, seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Penulis tegaskan bahwasannya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Guru dibebaskan membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 3.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 2
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Kebersamaan
Subtema  : Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 2/ Semester 2
Tema
 : 7 Kebersamaan
Subtema
 : 3 Kebersamaan di Tempat Bermain
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu membaca dongeng.
  2. Dengan mengamati gambar yang disajikan, siswa mampu mengaitkan isi dongeng dengan hidup rukun.
  3. Dengan gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu menyatakan pecahan  1/2  dengan tepat.
  4. Dengan gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu menyatakan pecahan   1/3  dengan tepat.
  5. Dengan gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu menyatakan pecahan   1/4  dengan tepat.
  6. Dengan gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu menyajikan pecahan  1/2  dengan tepat.
  7. Dengan gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu menyajikan pecahan 1/3  dengan tepat.
  8. Dengan gambar dan teks yang disajikan, siswa mampu menyajikan pecahan  1/4  dengan tepat.
  9. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri gambar imajinatif.
  10. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif.
  11. Dengan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan gambar imajinatif.
  12. Dengan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif.
  13. Dengan mencermati alam dan informasi dari buku, siswa mampu menggambar imajinatif.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar.
    • Siswa mengamati gambar halaman sekolah Siti (mengamati).
    • Siswa mengamati teks bacaan (mengamati).
    • Guru memberikan pertanyaan-pertanyaanuntuk mengecek pemahaman siswa.
    • Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
    • Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
  • Ayo berlatih.
    • Guru membimbing siswa untuk mencari informasi tentang persahabatan tikus dan kucing. (Critical Thingking and Problem Solving)
  • Ayo membaca.
    • Guru membimbing siswa membaca dongeng kisah “Kucing dan Tikus”. (Literasi)
    • Guru membimbing siswa menemukan isi dongeng.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan menuliskan hasilnya. (HOTS)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa membuat garis untuk menghubungkan nilai pecahan dan gambar yang sesuai.
    • Siswa melengkapi pernyataan dengan jawaban yang tepat berdasarkan gambar. (HOTS)
  • Ayo berkreasi.
    • Guru membimbing siswa dalam menggambar imajinasi.
    • Guru menjelaskan langkah-langkah menggambar imajinasi.
    • Guru meminta siswa menggambar imajinasi tentang kebersamaan di tempat bermain.
  • Ayo berdiskusi.
    • Guru bersama siswa dapat mencocokkan hasil diskusi dengan langkah di buku siswa, jika ada yang belum lengkap maka dilengkapi. (Collaboration, Communication, Gotong Royong)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerja sama dengan orang tua.
    • Dengan bimbingan Orang Tua, siswa menggambar imajinatif. (Mandiri)
  • Peserta didik:
    • Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 2

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Apakah Sahabat Pendidik memerlukan RPP lainnya? Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Semoga terbantu.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel