Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Penulis pada kesempatan ini memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 2! Pada artikel ini pun penulis menyertakan tautan file dalam format Microsoft Word yang dapat diunduh. Apakah Sahabat tengah mencari-carinya? Ayo segera klik tombol unduh yang ada pada artikel ini.
 
Penulis mencoba mengingatkan. Apa sih pengertian RPP itu? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 2 hingga menjadi berformat satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Bagaimana jenis-jenis komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponennya hanya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, guru diperbolehkan menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan tiga prinsip tersebut di atas. Tujuannya adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Tujuan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 2 ini adalah untuk memudahkan kerja guru. Jika sebelumnya guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu, kini mereka bisa lebih memfokuskan diri untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Apakah penyusunan RPP satu lembar ini dibakukan formatnya? Jawabannya adalah tidak. Guru dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 2.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 2
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Kebersamaan
Subtema  : Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 2/ Semester 2
Tema
 : 7 Kebersamaan
Subtema
 : 2 Kebersamaan di Sekolah
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mendengarkan dan mengamati gambar yang disajIkan, siswa mampu memahami isi dongeng dengan jujur.
  2. Dengan menceritakan kembali dongeng, siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan hidup rukun dengan jujur.
  3. Dengan kegiatan menceritakan kembali dongeng, siswa mampu menemukan isi dongeng dengan percaya diri.
  4. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat memahami pecahan merupakan bagian dari keseluruhan dengan tepat.
  5. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat menentukan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat dengan tepat.
  6. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat menyajIkan pecahan setengah dengan tepat.
  7. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat menyajIkan pecahan sepertiga dengan tepat.
  8. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat menyajIkan pecahan seperempat dengan tepat.
  9. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi arah gerak kepala dengan percaya diri.
  10. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi arah gerak tangan dengan percaya diri.
  11. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi arah gerak kaki dengan percaya diri.
  12. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa mampu mengoordinasi gerak dengan percaya diri.
  13. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa melakukan gerak kepala dengan iringan dengan percaya diri.
  14. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa melakukan gerak tangan dengan iringan dengan percaya diri.
  15. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa melakukan gerak kaki dengan iringan dengan percaya diri.
  16. Dengan mengamati gambar tari dan penjelasan guru, siswa melakukan koordinasi gerak dengan iringan dengan percaya diri.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
=
  • Ayo mengamati.
    • Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar kegiatan upacara di sekolah.
    • Siswa mengamati gambar kegiatan upacara (mengamati).
    • Siswa mencermati teks kegiatan upacara” (mengamati).
    • Guru memberIkan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek  pemahaman siswa.
  • Ayo bercerita.
    • Siswa diminta mendengarkan dongeng “Ikan dan Burung”.
  • Ayo bercerita.
    • Siswa menceritakan kembali dongeng “Ikan dan Burung” secara bergantian dengan benar.
    • Guru memberIkan contoh cara mendongeng dengan baik.
    • Guru mengamati aktivitas siswa yang sedang mendongeng dengan rubrik pengamatan.(Communication)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng.
  • Ayo berdiskusi.
    • Guru mengarahkan siswa melakukan diskusi.
    • Diskusi dapat dilakukan dengan model tanya-jawab langsung secara klasikal.
    • Diskusi dapat pula dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, kemudian diangkat secara klasikal.
  • Ayo berlatih.
    • Guru membimbing siswa mengerjakan soal. (HOTS)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa berlatih melakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki sesuai gambar gerak dasar tari kijang dengan hitungan.
    • Setelah siswa hafal gerakan, siswa melakukan gerakan tari kijang diiringi musik. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerja sama dengan orang tua.
    • Dengan bantuan orang tuanya, siswa belajar mengenal pecahan setengah, sepretiga, dan seperempat. (Mandiri)
  • Peserta didik:
    • Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas proyek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah ataupun pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 2

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Untuk mengakses RPP terkait, Sahabat Gurnulis dapat mengeklik tautan-tautan berikut. Sahabat dapat mengeksplorasi RPP berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Boleh sahabat pendidik unduh, semoga memberikan manfaat bagi pembelajarannya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel