RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 4
Sabtu, 25 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 4.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Blog Gurnulis masih tetap berbagi RPP ya. Penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4. RPP ini adalah RPP dengan format yang ringkas. Kalau sahabat pendidik memerlukannya untuk keperluan administrasi pembelajaran, sahabat boleh mengunduh file-nya pada tautan di bawah ini.
Sedikit mengingatkan pengertian RPP, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP dideskripsikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini dijelaskan dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4 dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4 ini mengikuti kebijakan yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen tersebut terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4 dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4 ini mengikuti kebijakan yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen tersebut terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada program merdeka belajar ini, guru diberikan kebebasan untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP sesuai dengan 3 prinsip di atas. Adapun tujuannya adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4 ini adalah ditujukan untuk mempermudah kerja guru. Guru-guru yang semula sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru kini dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini yang penulis berikan merupakan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4.
Penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4 ini adalah ditujukan untuk mempermudah kerja guru. Guru-guru yang semula sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru kini dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini yang penulis berikan merupakan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan |
Subtema | : Subtema 4 Merawat Tumbuhan |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan |
Subtema |
: 4 Merawat Tumbuhan |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dalam kalimat tanya dengan benar.
- Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan membaca teks yang memuat ukuran berat benda, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain dengan benar.
- Dengan membaca teks yang memuat ukuran berat benda, siswa dapat membandingkan berat dua benda dengan benar.
- Dengan mengamati model karya kreasi dari bahan buatan, siswa dapat menentukan bahan yang digunakan pada kreasi tersebut dengan benar.
- Dengan mengamati model karya kreasi dari bahan buatan, siswa dapat membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo membaca.
- Siswa membaca dan mencermati teks percakapan yang disajikan.
- Siswa mencermati penulisan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat-kalimat yang digunakan dalam percakapan.
- Siswa juga mencermati aturan yang harus dijalankan agar tanaman tetap tumbuh subur.
- Ayo berdiskusi.
- Bersama dengan teman sebangkunya, siswa berdiskusi untuk membahas pernyataan-pernyataan yang diberikan sesuai dengan teks percakapan.
- Siswa mengamati teks percakapan dan mencoba mengidentifikasikan kalimat tanya dalam teks percakapan.
- Siswa mengamati apakah kalimat tanya yang digunakan dalam teks percakapan diawali dengan kata tanya: apa, apakah, siapa, mengapa, bolehkah.
- Siswa mengamati penggunaan tanda tanya pada akhir kalimat. (Collaborasi)
- Ayo berlatih.
- Siswa membuat pertanyaan yang dimulai dengan kata tanya yang ditulis pada kotak yang tersedia pada Buku Siswa.
- Guru mengingatkan agar siswa menuliskan kalimat pertanyaan tersebut dengan memperhatikan penggunaan tanda tanya pada akhir kalimat dan ditulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
- Kemudian, siswa diminta untuk membaca kalimat tanya tersebut dengan intonasi yang tepat. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo mengamati.
- Siswa membaca teks yang ada di Buku Siswa tentang Ayah yang akan membeli pupuk tanaman.
- Siswa mengamati berbagai kemasan pupuk yang dijual di toko tanaman.
- Siswa mengerjakan soal pada teks bacaan tersebut.
- Jawaban siswa mungkin berbeda-beda. Guru memberikan umpan balik atas jawaban siswa.
- Kemudian, siswa diajak untuk menerapkan pemahamannya mengenai kesetaraan ukuran berat.
- Siswa mengerjakan soal yang ada di Buku Siswa. (HOTS)
- Ayo belatih.
- Siswa mengerjakan soal-soal tentang kesetaraan ukuran berat.
- Siswa membubuhkan tanda >, <, dan =.
- Guru bisa menambahkan soal-soal yang lebih variatif.
- Ayo berkreasi.
- Siswa membuat karya kreasi dengan menggunakan karton bekas. (Creativity and Innovation).
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Peserta didik:
- Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut adalah daftar tautan RPP terkait berdasarkan kelas yang dapat Sahabat Gurnulis akses.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan bermanfaat dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 4"
Posting Komentar