RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 2
Jumat, 24 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 2.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Penulis mempunyai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 yang dapat diunduh lho. Pada kesempatan kali ini pun penulis menyertakan tautan file dalam format Microsoft Word yang dapat diunduh. Apakah Sahabat tengah mencari-carinya? Kalau iya artinya Sahabat sedang menemukan tempat yang tepat.
Apa sih sebenarnya RPP itu? Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP didefiniskan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 hingga berformat satu lembar menjadi bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Bagaimana dengan komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen yang dimaksud hanya terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 hingga berformat satu lembar menjadi bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Bagaimana dengan komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen yang dimaksud hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada merdeka belajar ini, guru boleh menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara merdeka dan sederhana sesuai dengan tiga prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 ini adalah upaya permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2 ini adalah upaya permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah pembakuan pada format Penyusunan RPP satu lembar? Jawabannya adalah tidak ada. Sebagaimana instruksi Menteri Pendidikan, guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini yang penulis berikan adalah salah satu alternatif format bagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan |
Subtema | : Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan |
Subtema |
: 2 Merawat Hewan di Sekitarku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
- Dengan mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
- Dengan mengamati gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
- Dengan mengidentifikasi arah gerak kepala, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kepala menggunakan hitungan dengan tepat.
- Dengan mengidentifikasi arah gerak tangan, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian tangan menggunakan hitungan dengan tepat.
- Dengan mengidentifikasi arah gerak kaki, siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kaki menggunakan hitungan dengan tepat.
- Dengan membaca teks dalam tulisan tegak bersambung, siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
- Dengan membaca teks dalam tulisan tegak bersambung, siswa dapat menyunting teks tulisan tegak bersambung dengan benar.
- Dengan berdiskusi tentang teks berat benda, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda.
- Dengan berdiskusi tentang teks berat benda, siswa dapat membaca ukuran berat benda.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Siswa diajak untuk mengamati gerakan ayam ketika makan, gerakan ayam ketika mematuk makanan, gerakan ayam ketika menggerakkan sayap dan kakinya.
- Siswa menirukan gerakan-gerakan tersebut dengan arahan dan bimbingan guru.
- Setelah melakukan gerakan-gerakan tersebut, guru mengarahkan agar gerakan-gerakan tersebut nanti membentuk sebuah tarian.
- Siswa melakukan gerakan sesuai ketukan yang dibunyikan oleh guru.
- Ayo berkreasi.
- Siswa menirukan gerakan kepala ayam ketika makan.
- Siswa menirukan gerakan ayam mengentakkan kaki.
- Siswa menirukan gerakan ayam mengepakkan sayap.
- Guru memotivasi siswa untuk mengeksplorasi gerakan-gerakan yang bisa ditirukan dalam berbagai kondisi ayam. Misalnya, gerakan ayam yang sayapnya terluka atau gerakan ayam yang kakinya terluka. (Creativity and Innovation)
- Ayo membaca.
- Siswa bersama guru membaca dan mencermati teks bacaan yang berjudul Ayam.
- Siswa mencermati informasi penting yang disajikan dalam bacaan.
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan terkait dengan bacaan yang dibacanya. (Literasi)
- Ayo mengamati.
- Siswa memperhatikan kembali kalimat-kalimat pada teks bacaan.
- Siswa melingkari huruf pada awal kalimat dan memperhatikan penulisan huruf pada awal kalimat.
- Guru berkeliling kelas untuk mencermati hasil kegiatan siswa melingkari huruf-huruf besar pada teks.
- Siswa mengamati huruf awal kalimat yang dilingkari.
- Ayo berdiskusi.
- Siswa mencermati gambar sekeranjang telur yang tertulis 1 kg.
- Siswa mencermati gambar daging yang dikemas dan ditimbang, tertulis 2 kg.
- Siswa menyebutkan berat benda yang tertera pada gambar.
- Berdasarkan hasil pengamatannya dan penjelasan dari guru, siswa menentukan alat timbangan yang cocok untuk benda-benda yang disediakan.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Kerjasama dengan orang tua.
- Siswa menirukan gerakan burung terbang dengan bimbingan orang tua.
- Bila memungkinkan, orang tua bisa mengajak siswa untuk melihat burung yang sesungguhya. (Mandiri)
- Peserta didik:
- Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Daftar RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses adalah sebagai berikut. Sahabat dapat mengeksplorasi RPP lain berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. File-nya boleh sahabat pendidik unduh. Semoga memberikan manfaat bagi pembelajarannya.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 2"
Posting Komentar