RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 1
Jumat, 24 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 1.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Pada kesempatan ini Gurnulis mempunyai sesuatu yang menarik untuk dibagikan. Penulis mempunyai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1. Kalau Sahabat sedang mencarinya, artinya Sahabat telah menemukan tempat yang tepat.
Seelumnya, kita bahas dahulu pengertian RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1 hingga berformat satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1 ini mengikuti kebijakan yang terdapat dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang mana hanya terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1 hingga berformat satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1 ini mengikuti kebijakan yang terdapat dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang mana hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada merdeka belajar ini, guru memiliki kebebasan untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1 ini adalah permudahan kerja guru. Kalau semula guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1.
Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1 ini adalah permudahan kerja guru. Kalau semula guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru dibebaskan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan |
Subtema | : Subtema 1 Hewan di Sekitarku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan |
Subtema |
: 1 Hewan di Sekitarku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan menyanyikan lagu anak, siswa mampu membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
- Dengan menyanyikan lagu anak, siswa mampu menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
- Dengan membaca teks tentang hewan di sekitarku, siswa mampu mengidentifikasi penggunaan huruf kapital pada awal kalimat.
- Dengan menyalin jawaban, siswa mampu menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai aturan penulisan yang tepat.
- Dengan mengamati gambar alat timbangan, siswa dapat menyebutkan satuan baku untuk ukuran berat (gram, ons, dan kilogram).
- Dengan menimbang berat berbagai benda, siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan gram, ons, dan kilogram.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo membaca.
- Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru.
- Teks tersebut ditulis dalam huruf tegak bersambung.
- Siswa menirukan guru membaca teks yang ditulis dengan huruf tegak bersambung.
- Ayo berdiskusi.
- Siswa melingkari huruf kapital yang terdapat dalam teks.
- Siswa mendiskusikan penggunaan huruf kapital bersama teman sebelahnya.
- Siswa menyimpulkan bersama teman sebelahnya mengenai penggunaan huruf kapital.
- Guru memfasilitasi siswa dengan tanya jawab sehingga siswa dapat menyimpulkan bahwa huruf kapital digunakan pada awal kalimat. (Collaboration, Communication)
- Ayo berlatih.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai teks bacaan pada Buku Siswa.
- Jawaban ditulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung, memperhatikan penggunaan huruf kapital pada awal kalimat.
- Guru berkeliling kelas memberikan umpan balik atas jawaban siswa dan cara menuliskan huruf tegak bersambung. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo menyanyi.
- Guru memperkenalkan lagu Ayamku.
- Guru memberi contoh cara menyanyikan lagu tersebut.
- Guru memberikan penjelasan bahwa dalam menyanyi, ada teknik menyuarakan bunyi panjang dan pendek.
- Bunyi yang panjang ditandai dengan "____".
- Bunyi pendek ditandai dengan "•".
- Siswa mengikuti guru menyanyikan lagu Ayamku dan mengidentifikasi bunyi panjang dan pendek dalam lagu.
- Siswa menandai bagian lagu dengan "____" jika bunyinya panjang.
- Siswa menandai bagian lagu dengan "•" jika bunyinya pendek.
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar alat-alat timbangan.
- Guru dapat juga membawa alat peraga berupa alat timbangan yang sebenarnya. Misalnya, timbangan pasar dan timbangan kue.
- Siswa mengamati satuan yang tertera pada alat timbangan.
- Siswa menyebutkan berat benda yang ditimbang, baik pada gambar buku siswa maupun benda yang ditimbang. (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo berlatih.
- Siswa berlatih menimbang berat benda.
- Alat yang dibutuhkan adalah timbangan, kantong plastik, tali pengikat atau karet.
- Bahan yang dibutuhkan adalah butir jagung, beras, atau telur.
- Siswa menimbang benda-benda tersebut dalam berbagai ukuran.
- Minimal 5 ukuran berat, misalnya 1 kg, 500 gram, 3 ons, 100 gram, dan 2 ons.
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Kerjasama dengan orang tua.
- Orang tua membantu siswa menyiapkan bahan-bahan atau benda-benda di dapur untuk ditimbang.
- Peserta didik:
- Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 6 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran yang sedang dilakukan di kelas.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 6 Subtema 1"
Posting Komentar