RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 3
Rabu, 22 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 3.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Penulis hendak berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3, lho. RPP ini adalah RPP dengan format satu lembar. Penulis pun menyediakan file unduhan yang dapat Sahabat gunakan bagi administrasi di kelasnya.
Kita berliterasi tentang RPP dulu ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Apa saja sih komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3 ini? Komponennya mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada merdeka belajar ini, guru diperbolehkan menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk memperingan beban administratif guru serta memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Adapun yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3 hingga berformat satu lembar adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Penulis tegaskan bahwasannya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Guru dibebaskan membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3.
Adapun yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3 hingga berformat satu lembar adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Penulis tegaskan bahwasannya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Guru dibebaskan membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 5 Pengalamanku |
Subtema | : Subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 5 Pengalamanku |
Subtema |
: 3 Pengalamanku di Tempat Bermain |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
- Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
- Dengan mengamati gambar pengukuran panjang, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
- Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m) dengan tepat.
- Dengan mengamati gambar Beni melambaikan tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.
- Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamati (menanya).
- Siswa bertanya menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana (menanya).
- Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya (menalar).
- Siswa bersama bimbingan guru menentukan jawaban yang sebenarnya
- Ayo membaca.
- Siswa membaca teks bacaan (mengamati).
- Siswa membaca secara bergantian (mengamati).
- Ayo berlatih.
- Siswa menjawab lima pertanyaan (menalar).
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca. (HOTS)
- Ayo bermain peran.
- Siswa bermain peran dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (mencoba).
- Ayo berlatih.
- Siswa menuliskan kesalahan yang pernah dilakukannya (mencoba).
- Siswa menulis kalimat minta maaf yang diucapkannya (mencoba).
- Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan yang sudah diperagakannya (menalar). (HOTS)
- Ayo mengamati.
- Siswa juga mengamati gambar Lani mengukur panjang tepi meja menggunakan meteran (mengamati).
- Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
- Siswa mengerjakan latihan isian (menalar).
- Ayo berlatih.
- Siswa mengamati gambar beberapa benda (mengamati).
- Siswa mengukur panjang benda yang ada pada gambar (mencoba).
- Siswa mengurutkan panjang benda sesuai dengan dari yang terpanjang (menalar).
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar beberapa gerakan yang diperagakan oleh Beni (mengamati).
- Siswa bertanya jawab tentang gambar Beni yang memperagakan berbagai gerakan dengan hitungan 1-8 (menanya). (Creativity and Innovation)
- Ayo berlatih.
- Siswa menggabungkan semua gerakan yang dicontohkan Beni (mencoba).
- Siswa melakukan gerakan tarian kemenangan (mencoba).
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
- Peserta didik:
- Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah ataupun pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Apakah Sahabat Pendidik memerlukan RPP lainnya? Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Semoga terbantu.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 3"
Posting Komentar