RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 2
Selasa, 21 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 2.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 yang dapat diunduh. Pada artikel ini pun penulis menyertakan tautan file dalam format Microsoft Word yang dapat diunduh. Apakah Sahabat tengah mencari-carinya?
Apa sih sebenarnya RPP itu? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 hingga menjadi satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Bagaimana dengan komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponennya hanya terdiri dari:
Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 hingga menjadi satu lembar adalah bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
Bagaimana dengan komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponennya hanya terdiri dari:
- tujuan pembelajaran;
- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
- penilaian pembelajaran (asesmen).
Pada merdeka belajar ini, guru dapat menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan tiga prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.
Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Format penyusunan RPP satu lembar apakah dibakukan? Jawabannya adalah tidak. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2.
Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Format penyusunan RPP satu lembar apakah dibakukan? Jawabannya adalah tidak. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 2 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 5 Pengalamanku |
Subtema | : Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 2/ Semester 2 |
Tema |
: 5 Pengalamanku |
Subtema |
: 2 Pengalamanku di Sekolah |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
- Dengan menggunakan bahan alami, siswa dapat membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan baik.
- Dengan membuat karya imajinatif tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami dengan tepat.
- Dengan memperhatikan yang disampaikan guru, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
- Dengan mendengarkan teks percakapan, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
- Dengan tanya jawab, siswa dapat menentukan konversi mengubah satuan panjang dengan tepat.
- Dengan membandingkan dua satuan ukuran, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
- Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
=
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian (mengamati).
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar yang telah diamati (menanya).
- Ayo menulis.
- Siswa kembali mengamati gambar (mengamati).
- Siswa menulis jenis biji-bijian sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba).
- Ayo mencoba.
- Siswa bertanya jawab tentang alat yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
- Siswa menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan vas bunga.
- Siswa membuat hiasan vas bunga sesuai dengan pola yang telah dipilih (mencoba). (Communication, Creativity and Innovation)
- Ayo menulis.
- Siswa mengamati karya hiasan vas bunga yang dibuatnya (mengamati).
- Siswa menulis ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya (menalar). (Creativity and Innovation)
- Ayo berlatih.
- Siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri karya hiasan vas bunga yang dibuatnya (menanya).
- Siswa membuat pertanyaan tentang teks percakapan yang didengarnya (menanya).
- Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat kepada temannya (menanya).
- Siswa saling menjawab pertanyaan teman (menalar).
- Siswa mempraktikkan cara meminta tolong yang benar (mencoba). (HOTS)
- Ayo menulis.
- Siswa membaca pertanyaan yang sudah disediakan (mencoba).
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya (menalar). (Critical Thingking and Problem Solving)
- Ayo mengamati.
- Siswa bertanya jawab tentang pengukuran benda (menanya).
- Siswa mengamati gambar beberapa benda (mengamati).
- Siswa mengukur benda sesuai dengan gambar yang diamati (mencoba).
- Siswa menulis hasil pengukurannya (mencoba). (Critical Thingking and Problem Solving)
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
- Peserta didik:
- Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah ataupun pujian.
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 2
Nama Guru Gurnulis
Daftar RPP Terkait
Daftar RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses adalah sebagai berikut. Sahabat dapat mengeksplorasi RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Boleh sahabat pendidik unduh, semoga memberikan manfaat bagi pembelajarannya.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 2"
Posting Komentar