RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 2
Kamis, 09 Desember 2021
Tulis Komentar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 2.
Ulasan
Halo Sahabat Pendidik. Sahabat sedang meramban internet untuk mencari RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 7 subtema 2 kah? Alhamdulillah, kita dipertemukan di blog yang tepat. Sahabat pun bisa mengunduh file-nya di sini.
Sebelumnya, apa sih RPP itu? Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Siapa yang wajib menyusun RPP? Setiap guru di setiap sekolah berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
RPP format satu lembar dapat disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Dasar dari format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 7 Subtema 2 adalah surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen inti sebagai berikut.
- Tujuan pembelajara.
- Langkah-langkah pembelajaran.
- Penilaian pembelajaran.
Deskripsi RPP
Format |
: RPP Penyederhanaan Satu Lembar |
Dasar | : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Kelas | : Kelas 1 |
Semester | : Semester 2 |
Tema | : Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku |
Subtema | : Subtema 2 Hewan di Sekitarku |
Pembelajaran | : Pembelajaran 1 s.d. 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan |
: SD Negeri Gurnulis |
Kelas/ Semester |
: Kelas 1/ Semester 2 |
Tema |
: 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku |
Subtema |
: 2 Hewan di Sekitarku |
Muatan Terpadu |
: Bahasa Indonesia, PPKn, dan SBdP |
Pembelajaran ke |
: Pembelajaran ke-1 |
Alokasi Waktu |
: 1 hari |
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat.
- Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.
- Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian dengan benar.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
- Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
- Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
- Ayo mengamati.
- Siswa mengamati gambar pemberitahuan yang ada pada gambar.
- Siswa berlatih menulis ungkapan pemberitahuan sesuai gambar. (HOTS)
- Ayo berlatih.
- Siswa berlatih menuliskan aturan merawat hewan yang diketahui. (Creativity and Innovation)
- Siswa mengamati gambar, lalu menuliskan aturan merawat hewan berdasarkan gambar yang diamatinya. (HOTS)
- Ayo bercerita.
- Siswa berlatih menceritakan cara merawat hewan. (HOTS)
- Ayo menari.
- Siswa berdiskusi tentang cara gerak hewan. (Critical Thinking and Problem Formulation)
- Siswa mengamati gambar dan petunjuk tentang cara gerak kelinci.
- Siswa berlatih menirukan gerak kelinci dalam sebuah tarian. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
- Apa yang kamu pelajari hari ini?
- Bagaimana perasaanmu saat kegiatan membaca, menuliskan aturan, dan menari?
- Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
- Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
- Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
- Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
- Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
- Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya dan/ atau proyek dengan rubrik penilaian.
Nama Tempat, Tanggal
Guru Kelas 1
Nama Guru
Daftar RPP Terkait
Berikut daftar tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan ini.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
Penutup
Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 5 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran yang Sahabat selenggarakan.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 2"
Posting Komentar