Operasi Perkalian pada Bilangan Cacah
Selasa, 12 Oktober 2021
Tulis Komentar
Bahasan mengenai operasi perkalian pada bilangan cacah yang pendekatannya dapat dilakukan melalui himpunan atau kumpulan, pengukuran, jajaran, produk Cartesius, alat peraga nilai tempat, mesin fungsi, penjumlahan berulang, mendatar - bersusun panjang - bersusun pendek. Sifat dari perkaliannya meliputi tertutup, pertukaran, pengelompokan, dan distributif. |
Pada tingkat Sekolah Dasar, operasi penjumlahan dan pengurangan diperkenalkan terlebih dahulu melalui benda-benda konkret ataupun dengan gambar. Menurut penelitian, peragaan operasi hitung dengan melibatkan benda-benda konkret ataupun gambar ini sangat membantu peserta didik untuk memahaminya. Begitu pun dengan operasi hitung perkalian. Operasi hitung perkalian ini sebaiknya diperkenalkan kepada peserta didik di tingkat Sekolah Dasar melalui media yang sama, benda-benda konkret ataupun gambar. Operasi hitung perkalian harus diperkenalkan melalui keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajarannya dimulai dengan peragaan menggunakan benda-benda konkret ataupun gambar, kemudian dilanjutkan kepada model simbol.
Untuk lebih jelasnya, kita ambil contoh sebagai berikut.
Ibu Ani mempunyai 2 dus telur. Masing-masing dus berisikan 6 butir telur. Berapa butir telur yang dipunyai oleh Ibu Ani?
Soal tersebut dapat diperagakan sebagai berikut.
Fakta-fakta Dasar Perkalian Bilangan Cacah
0 x 0 | |
0 x 1 | |
0 x 2 | |
. ..... | |
0 x 9 |
1 x 0 | |
1 x 1 | |
1 x 2 | |
. ..... | |
1 x 9 |
2 x 0 | |
2 x 1 | |
2 x 2 | |
. ..... | |
2 x 9 |
..... | |
. ..... | |
. ..... | |
. ..... | |
. ...... |
..... | |
. ..... | |
. ..... | |
. ..... | |
. ..... |
..... | |
. ..... | |
. ..... | |
. ..... | |
. ..... |
9 x 0 | |
9 x 1 | |
9 x 2 | |
. ..... | |
9 x 9 |
Untuk membelajarkan perkalian, ada tujuh pendekatan yang dapat ditempuh, yaitu melalui:
- himpunan atau kumpulan;
- pengukuran;
- jajaran;
- produk Cartesius;
- alat peraga nilai tempat;
- mesin fungsi;
- penjumlahan berulang;
- mendatar - bersusun panjang - bersusun pendek.
Berikut penjelasannya.
Perkalian Bilangan Cacah melalui Himpunan atau Kumpulan
Fajar memiliki 3 bungkus permen karet. Masing-masing bungkusnya berisikan 4 buah permen karet. Berapa buah permen karet yang dimiliki oleh Fajar?
Dengan menggunakan pendekatan himpunan atau kumpulan, kita dapatkan gambar sebagai berikut.
Banyaknya himpunan adalah 3 dan masing-masing anggota himpunannya adalah 4. Banyaknya anggota himpunan adalah 3 x 4 = 12.
Perkalian Bilangan Cacah melalui Pengukuran
Perkalian melalui Garis Bilangan
Kita ambil contoh soal sebagai berikut.
Andi menyambung 3 tongkat, masing-masing tongkat panjangnya 2 meter. Berapa meter panjang tongkat yang telah disambung oleh Andi?
Penyelesaian perkalian di atas dengan menggunakan garis bilangan adalah sebagai berikut.
Dari garis bilangan di atas tampak bahwa soal di atas dapat dinyatakan sebagai bentuk perkalian 3 x 2 = 6.
Perkalian melalui Timbangan (Neraca) Bilangan
- Pada lengan timbangan (neraca) bilangan sebelah kiri gantungkan 2 keping batu timbangan pada posisi 3.
- Timbangan akan timpang atau tidak seimbang.
- Untuk menyeimbangkan timbangan, di manakah harus diletakkan satu batu timbangan pada lengan kanannya? Jawabannya adalah di posisi 6.
Dari peragaan di atas didapatkan pernyataan 2 x 3 = 6.
Perkalian melalui Batang Kuesioner
- Ambil 3 batang kuesioner berwarna ungu yang panjang 2 satuan.
- Bariskan ketiga batang tersebut secara ujung-mengujung.
- Cari batang kuesioner lain yang berwarna kuning yang panjangnya sepadan dengan ketiga batang ungu yang tersusun di atas. Ternyata yang sepadan adalah batang yang panjangnya 6 satuan.
- Sejajarkan batang keusioner kuning tersebut dengan batang-batang kuesioner ungu. Perhatikan gambar berikut.
Perkalian melalui Luas
Dari peragaan tersebut didapatkan pernyataan bahwa 2 x 5 = 10 dan 3 x 2 = 6.
Perkalian Bilangan Cacah melalui Jajaran
Jajaran mendatar disebut baris dan jajaran tegak disebut lajur atau kolom. Pada gambar (a) ada 2 baris dan 4 lajur dan pada gambar (b) ada 3 baris dan 5 lajur.
Untuk menunjukkan bahwa 3 x 4 = 12, kita harus mengambil sebuah jajaran dengan banyak barus 3 dan banyak lajur 4. Perhatikan gambar berikut!
Perkalian Bilangan Cacah melalui Produk Cartesius
Tono mempunyai 2 buah celana dan 3 buah baju. Bila dipasangkan, berapa buah pasangan berbeda pakaian yang dimiliki oleh Tono?
Pemeragaannya adalah sebagai berikut.
Dari gambar di atas, tampak bahwa dari 2 buah celana dan 3 buah baju diperoleh pakaian yang berbeda sebanyak 6 pasang. Jadi 2 x 3 = 6.
Perkalian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga Nilai Tempat
Perkalian Bilangan Cacah melalui Mesin Fungsi
- Mengambil kotak fungsi "x3".
- Mengambil kartu yang bertuliskan 2 yang di belakangnya bertuliskan 6.
- Memasukkan kartu tersebut ke dalam kotak fungsi "x3".
- Memeriksa hasil keluaran kartu tersebut, dan ternyata adalah 6. Perhatikan gambar berikut!
Dari pemeragaan di atas, didapatkan pernyataan bahwa 2 x 3 = 6.
Rancangan dari mesin fungsi tersebut adalah sebagai berikut. Kalau Sahabat Pendidik ingin membuatnya, Sahabat boleh menirunya.
Bilangan-bilangan yang mesti tertulis pada kartu fungsi "x3" adalah:
- masukan 1, hasilnya 3;
- masukan 2, hasilnya 6;
- masukan 3, hasilnya 9;
- masukan 4, hasilnya 12;
- masukan 5, hasilnya 15;
- masukan 6, hasilnya 18;
- masukan 7, hasilnya 21;
- dan seterusnya.
Cara kerja dari masin fungsi tersebut adalah sebagai berikut. Kalau bilangan yang dimasukkan adalah x, maka hubungan antara bilangan yang masuk dan bilangan yang keluar adalah f : x → 3x. Dalam bahasa lain, apabila yang masuk dimisalkan sebagai x dan yang keluar dimisalkan sebagai y, maka hubungan antara x dan y adalah y = 3x. Ini merupakan sebuah fungsi yang berbentuk linier.
Perkalian Bilangan Cacah melalui Penjumlahan Berulang
Ibu Ani mempunyai 2 dus telur. Masing-masing dus berisikan 6 butir telur. Berapa butir telur yang dipunyai oleh Ibu Ani?
Dari soal tersebut jelaslah bahwa banyaknya telur Ibu Ani adalah 6 + 6. Jadi dikatakan 2 x 6 = 6 + 6. Dengan demikian, maka soal-soal 5 x 2, 6 x 1, 4 x 2, 2 x 4 dapat diselesaikan dengan bentuk penjumlahan berulang sebagai berikut.
5 x 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2
6 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1
4 x 2 = 2 + 2 + 2 + 2
2 x 4 = 4 + 4
Di sini ada hal yang mesti diingat: meski hasilnya sama, proses 2 x 4 dengan proses 2 x 4 adalah berbeda. Perkalian 2 x 4 merupakan jumlah dari dua bilangan 4, hitungannya adalah 2 x 4 = 4 + 4. Sedangkan perkalian 4 x 2 merupakan jumlah dari empat bilagan 2, hitungannya adalah 4 x 2 = 2 x 2 x 2 x 2.
Untuk lebih mengingatkan peserta didik mengenai konsep penjumlahan berulang ini, guru bisa menganalogikannya dengan resep dokter 3 x 1. Resep 3 x 1 artinya tiga kali minum obat, dengan setiap kali minum obat, obat yang diminum adalah 1 tablet.
Perkalian Bilangan Cacah melalui Cara Mendatar, Bersusun Panjang, dan Bersusun Pendek
Sebuah hotel memiliki 376 kamar. Setiap kamar dapat ditempati 4 orang. Berapa orang dapat menempati hotel tersebut?
Soal ini berusaha mencari hasil dari 376 x 4. Soal tersebut dapat diselesaikan dengan cara mendatar, bersusun panjang, dan bersusun pendek.
Perkalian melalui Cara Mendatar
Perkalian
dengan cara mendatar dilakukan dengan cara mengalikan semua nilai
tempatnya secara mendatar. Perhatikan penyelesaian berikut!
376 x 4 |
= (300 + 70 + 6) x 4 |
= (300 x 4) + (70 x 4) + (6 x 4) | |
= 1.200 + 280 + 24 | |
= 1.504 |
Jadi dapat dinyatakan bahwa 376 x 4 = 1.504.
Perkalian melalui Cara Bersusun Panjang
3 | 7 | 6 |
|||||
4 | |||||||
_ | _ | _ | x |
||||
2 | 4 | ↔ | (6 x 4) | ||||
2 | 8 | 0 | ↔ | (70 x 4) | |||
1 | 2 | 0 | 0 | ↔ | (300 x 4) | ||
_ | _ | _ | _ | + | |||
1 | 5 | 0 | 4 |
Jadi dapat dinyatakan bahwa 376 x 4 = 1.504.
Perkalian melalui Cara Bersusun Pendek
3 | 2 | |||
3 | 7 | 6 | ||
4 | ||||
_ |
_ | _ | _ | x |
1 | 5 | 0 | 4 |
Langkah melakukan perkalian dengan cara bersusun pendek di atas adalah sebagai berikut.
- Kalikan bilangan satuan 6 dengan 4. Didapatkan 6 x 4 = 24. Tulis 4 dan simpan angka 2 pada ruas puluhan (di atas angka 7).
- Kalikan bilangan puluhan 7 dengan 4 dan tambahkan dengan simpanan pada langkah pertama tadi. Didapatkan (4 x 7) + 2 = 28 + 2 = 30. Tulis 0 dan simpan angka 3 pada ruas ratusan (di atas angka 3).
- Kalikan bilangan ratusan 3 dengan 4 dan tambahkan dengan simpanan pada langkah kedua tadi. Didapatkan (3 x 4) + 3 = 12 + 3 = 15. Tulis angka 5 pada ruas ratusan dan tulis angka 1 pada ruas ribuan.
- Didapatkan 376 x 4 = 1.504.
Sifat-sifat Perkalian Bilangan Cacah
Sifat Tertutup pada Perkalian Bilangan Cacah
Sifat Pertukaran pada Perkalian Bilangan Cacah
Sifat Pengelompokan pada Perkalian Bilangan Cacah
Sifat Distributif pada Perkalian Bilangan Cacah
Sifat Bilangan 1 (Satu) dan 0 (Nol) pada Perkalian Bilangan Cacah
- 3 x 1 = 3;
- 5 x 1 = 5;
- 1 x 1 = 1;
- 0 x 1 = 0.
Semua bilangan cacah yang dikalikan dengan nol hasilnya adalah nol, misalnya:
- 3 x 0 = 0;
- 5 x 0 = 0;
- 1 x 0 = 0;
- 0 x 0 = 0.
Demikianlah
bahasan mengenai operasi perkalian pada bilangan cacah, ya Sahabat
Pendidik. Semoga bahasan mengenai fakta-fakta perkalian, pendekatan pembelajaran perkalian, dan sifat-sifat perkalian yang telah penulis paparkan memberikan manfaat.
Belum ada Komentar untuk "Operasi Perkalian pada Bilangan Cacah"
Posting Komentar