Kumpulan Soal AKM Numerasi Level 2 (Kelas 4)
Soal-soal AKM numerasi level 2 untuk kelas 4 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyyah |
Assalamualaikum, halo sahabat Gurnulis. Penulis kembali berbagi tentang soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM lagi ya. Sebelumnya penulis telah berbagi tentang kumpulan soal AKM literasi teks informasi ya. Kalau sahabat pendidik ingin membacanya terlebih dahulu, sahabat boleh membuka tautan tersebut. Tenang saja, tautan tersebut akan terbuka pada tab baru peramban yang sahabat pendidik gunakan.
Kembali membahas AKM, sudah jelaskah sahabat pendidik dengan AKM? Tidak ada salahnya penulis ulas kembali pengertiannya ya. AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Apa itu Asesmen Nasional? Asesmen Nasional atan AN merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional sejatinya adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.
AKM numerasi berkaitan dengan Matematika. Kompetensi numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia. Konten AKM numerasi pada level 2 terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, dan aljabar.
Penulis telah menyediakan bahasan mengenai Asesmen Nasional maupun Asesmen Kompetensi Minimum. Sahabat pendidik boleh membukanya pada tautan-tautan berikut.
- Bahasan Asesmen Nasional (AN)
- Bahasan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
- Komponen AKM
- Bentuk Soal AKM Literasi Membaca
Contoh soal-soal AKM pada artikel ini berasal dari laman
Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan
tata letak, penulis menyuntingnya menjadi suntingan seperti di bawah ini. Untuk mendapatkan versi yang lebih
teratur, sahabat pendidik dapat mengunduh file PDF-nya di akhir tulisan. Jadi, sahabat pendidik harus menemukan tautannya di bawah bahasan ini ya.
Domain Bilangan
1. Subdomain Representasi
- Memahami pecahan dan pecahan campuran positif dengan penyebut bilangan satu atau dua angka (misal 5/12, 2 3/5). (3 Soal)
Soal nomor 1 (pilihan ganda)
Perhatikan gambar berikut!Andi mendapatkan kue 2 3/7 bagian. Berapa banyak bagian kotak putih yang harus Andi arsir lagi agar sesuai bagiannya?A. 6B. 7C. 9D. 13Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 2 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan koleksi stiker milik Anton berikut ini!Tentukan 'Benar' atau 'Salah'-nya pernyataan berikut ini!
- Sepertiga stiker milik Anton berbentuk segi delapan.
- Stiker Anton yang paling sedikit adalah berbentuk persegi.
Kunci Jawaban/ PembahasanBenar, Salah.Salah karena yang paling sedikit berbentuk persegi dan bintang (masing-masing 1 buah saja).Soal nomor 3 (pilihan ganda)
Perpustakaan sekolah mendapatkan sumbangan buku-buku dari orangtua murid. Sebanyak 30% adalah buku cerita fiksi, 0.25 buku pelajaran, dan sisanya buku ensiklopedia. Berapa bagian dari semua buku yang disumbangkan merupakan buku ensiklopedia?A. 7/12 bagian.B. 9/20 bagian.C. 1/3 bagianD. 1/4 bagianKunci Jawaban/ PembahasanB.
- Mengetahui posisi pecahan pada garis bilangan. (3 Soal)
Soal nomor 4 (pilihan ganda)
Gambar berikut menunjukkan posisi rumah Alika, yaitu pada koordinat B3.Setiap satu kotak sama dengan 1 kilometer. Untuk pergi ke pasar Alika menempuh 5 kilometer ke arah Timur dan 4 kilometer ke arah Selatan.Dimanakan letak pasar pada peta tersebut?A. D8B. F8C. G5D. G7Kunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 5 (pilihan ganda)
Budi memegang angka 61%, Dinda memegang angka 0.7, Ade memegang angka 0.68 dan Yuda memegang angka . Mereka disuruh berbaris sesuai urutan bilangan yang mereka pegang.Urutan mulai dari yang terkecil berdiri paling depan adalah ....A. Yuda, Budi, Ade, DindaB. Dinda, Yuda, Budi, AdeC. Budi, Dinda, Ade, YudaD. Yuda, Ade, Dinda, BudiKunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 6 (uraian tertutup)
Budi memegang angka 61%, Dinda memegang angka 0,7, Ade memegang angka 0,68 dan Yuda memegang angka. Mereka disuruh berbaris sesuai urutan bilangan yang mereka pegang.Apabila urutan berdiri mulai dari yang terbesar, yang berada tepat di belakang Ade adalah ....Kunci Jawaban/ PembahasanBudi Urutan berdiri jika yang paling depan adalah dari nilai yang terbesar: Dinda (0,7), Ade (0,68), Budi (0,61) dan Yuda (0,55).
2. Subdomain Sifat Urutan
- Membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan pecahan dan bilangan cacah. (2 Soal)
Andi mendapat kue 5/6 bagian dan Susi mendapat 6/7 bagian dari kue yang sama.Soal nomor 7 (pilihan ganda kompleks)
Tentukan 'Benar' atau 'Salah'-nya pernyataan berikut ini!
- Andi mendapatkan kue lebih banyak.
- Susi mendapatkan kue lebih banyak.
- Andi dan Susi mendapatkan bagian yang sama.
- Andi mendapatkan kue lebih sedikit.
Kunci Jawaban/ PembahasanSalah, Benar, Salah, Benar.Soal nomor 8 (pilihan ganda)
Perhatikan garis bilangan berikut!Berapakah nilai dari X, Y dan Z pada garis bilangan tersebut?A. 1/1, 2/1 dan 4/1B. 2/4, 3/4 dan 7/4C. 3/4, 7/4 dan 9/4D. 3/4, 9/4 dan 3/2Kunci Jawaban/ PembahasanC.
3. Subdomain Operasi
- Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/pembagian dua bilangan cacah (maks. enam angka), termasuk menghitung kuadrat dari suatu bilangan cacah (maks. tiga angka). (4 Soal)
Soal nomor 9 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan penjumlahan bilangan 5 angka berikut!Bisakah nilai A diganti dengan angka-angka berikut supaya hasil penjumlahan tersebut bilangan 6 angka?
- 6.
- 7.
- 8.
- 9.
Kunci Jawaban/ PembahasanTidak, Tidak, Bisa, BisaBacaan berikut untuk menjawab soal nomor 10, 11, dan 12!Perhatikan keterangan pada gambar lift di bawah ini!Di dalam lift sudah berisi 5 orang dengan jumlah berat badan 380 kg. Sedangkan di luar lift, Andi, Rosa, dan Joni akan masuk ke dalam lift yang sama.Dua orang yang dapat masuk secara bersamaan ke dalam lift tersebut adalah ….Soal nomor 10 (pilihan ganda kompleks)
A. Andi dan JoniB. Andi dan RosaC. Rosa dan JoniKunci Jawaban/ PembahasanA dan C.Soal nomor 11 (pilihan ganda kompleks)
Benar atau salahkah pernyataan berikut?
- Andi, Rosa, dan Joni dapat masuk dan menggunakan lift secara bersama-sama.
- Lift sudah tidak dapat diisi lagi.
Kunci Jawaban/ PembahasanSalah, salah.Jika Rosa dan Joni masuk bersamaan, berapa kg berat maksimal barang yang dapat mereka bawa?Soal nomor 12 (uraian)
Kunci Jawaban/ Pembahasan52 kg, karena kapasitas lift adalah 550 kg, sementara berat penumpang sudah mencapai 380+83+35=398, sehingga lift masih mampu menampung berat 550 - 398 = 52 kg.
- Menentukan KPK, faktor suatu bilangan cacah, dan FPB. (1 Soal)
Soal nomor 13 (uraian)
Perhatikan gambar berikut!Toko Sembako dikunjungi oleh:Pada hari Minggu, 1 Maret 2020 untuk pertama kali pemasok sabun dan pemasok mie datang bersamaan ke toko Sembako. Pada tanggal berapa mereka akan datang bersamaan lagi untuk yang kedua kali?
- pemasok telur setiap 8 hari.
- pemasok mie setiap 15 hari.
- pemasok sabun setiap 30 hari.
Kunci Jawaban/ Pembahasan31 Maret 2020 KPK dari 15 dan 30 adalah 30. Jadi 30 hari setelah 1 maret 2020 jatuh pada tanggal 31 maret 2020.
Domain Geometri dan Pengukuran
1. Subdomain Bangun Geometri
- Menghitung luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas dan salah satu sisinya. (2 Soal)
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!Gambar berikut adalah kolam renang yang permukaannya berbentuk persegi panjang dan dalamnya 1 meter. Di sekeliling kolam renang bagian luar akan dibuat jalan dengan lebar 1 meter, dan akan dipasang keramik. Ukuran lebar kolam renang itu setengah dari ukuran panjangnya.Berapakah luas daerah kolam renang seluruhnya?Soal nomor 14 (uraian)
Kunci Jawaban/ Pembahasan144 meter persegi Panjang kolam renang adalah 20-2=18 meter. Lebar kolam renang berdasarkan gambar adalah setengah dari 20, berarti 10, dipotong lebar jalan 2 meter sehingga lebar kolamnya saja adalah 8 meter. Jadi luas kolam renang sama dengan 18 dikali 8 = 144 meter persegi.Jika biaya pemasangan keramik Rp65.000,00 per meter persegi, berapa seluruh biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan keramik tersebut?Soal nomor 15 (uraian)
Kunci Jawaban/ Pembahasan3.640.000 Rupiah Luas total = 20.10 = 200 meter persegi. Luas kolam renangnya saja = 144 meter persegi. sehingga luas jalan yang akan dikeramik adalah 200-144 = 56 meter persegi. Maka biaya total pemasangan keramik adalah 56 dikali 65 ribu rupiah, yaitu sebesar 3.640.000 rupiah.
- Mengenal prisma dan tabung. (2 Soal)
Perhatikan gambar berikut!Soal nomor 16 (uraian)
Pada jaring-jaring kubus setelah terbentuk terdapat dua pasang angka yang saling berhadapan, yaitu antara yang atas dan bawah, samping kanan dan kiri, juga depan dan belakang. Dadu yang tampak pada gambar akan digulirkan bertahap selangkah demi selangkah, sebanyak 3 langkah sesuai tanda panah. Langkah pertama (sambil amati angka pada sisi atas permukaan) kemudian gulirkan ke tahap kedua, dan seterusnya sampai tahap ketiga. Di tahap ketiga berhenti menggulirkan.Setelah tiga tahap menggulirkan diperoleh sisi atas permukaan adalah angka ….Kunci Jawaban/ PembahasanAngka 4 Untuk membahas ke Siswa diperlukan simulasi komputer atau menggunakan dadu asli yang digulir ke depan, ke kiri kemudian ke depan lagi, agar siswa dapat memahami dengan mudah (bisa juga menggunakan gambar, walaupun butuh effort yang lumayan besar dari guru).Indah mempunyai celengan berbentuk prisma segilima. Banyak rusuk pada celengan Indah adalah ....Soal nomor 17 (pilihan ganda)
A. 6B. 7C. 10D. 15Kunci Jawaban/ PembahasanD.
2. Subdomain Pengukuran
- Mengenal dan menggunakan satuan luas (cm², m²) dan volume (cm³, m³). (3 Soal)
Edo menemukan sebongkah logam tak beraturan, dan ia penasaran ingin mengetahui volume bongkahan logam tersebut. Untuk itu Edo memasukkan bongkahan logam tersebut ke dalam gelas ukur. Ternyata ada perubahan ketinggian permukaan air di dalam gelas ukur seperti gambar berikut.Soal nomor 18 (uraian)
Untuk menentukan volume bongkahan logam itu, Edo teringat percobaan di sekolah yaitu cara mengukur volume benda tak beraturan. Bagaimanakah cara Edo menghitung volume bongkahan logam tersebut ? Tulislah langkah penyelesaiannya!Kunci Jawaban/ Pembahasan50 mL. Caranya: Volume air digelas ukur awalnya adalah 50 mL. Setelah dimasukan bongkahan logam volumenya naik menjadi 100 mL. Berarti volume bongkahan logam tersebut adalah 100 mL - 50 mL = 50 mL.Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!Isi dari 1 gayung dan 1 gelas sama dengan isi ... gelas.Soal nomor 19 (uraian tertutup)
Isi dari 2 gayung sama dengan sisi ... gelas.Kunci Jawaban/ Pembahasan5 gelas dan 8 gelasPada sebuah wadah gayung tertulis isi 1.000 ml dan wadah sebuah gelas bertuliskan isi 250 ml. Berapa banyak gelas yang diperlukan untuk menampung tiga setengah gayung air di dalamnya?Soal nomor 20 (uraian)
Kunci Jawaban/ Pembahasan14 gelas.
Domain Aljabar
1. Subdomain Persamaan dan Pertaksamaan
- Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi perkalian/pembagian saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (13 Soal)
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 21, 22, 23, 24, 25, dan 26!Perhatikan gambar jelly berikut!Banyak permen jelly warna oranye pada gambar di atas, jika dinyatakan sebagai bentuk perkalian adalah ....Soal nomor 21 (pilihan ganda)
A. 3 x 4B. 3 x 5C. 4 x 3D. 5 x 3Kunci Jawaban/ PembahasanD.Joni mempunyai 24 buah permen jelly. Jika permen Joni akan disusun seperti pada gambar, akan diperoleh berapa tusuk?Soal nomor 22 (pilihan ganda)
A. 9 tusuk.B. 8 tusuk.C. 7 tusuk.D. 6 tusuk.Kunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 23 (pilihan ganda)
Selisih banyak permen jeli warna merah dan permen jelly warna oranye adalah ....A. (7 - 4) × 3 buah permen.B. (7 - 5) × 3 buah permen.C. (5 - 4) × 3 buah permen.D. (5 - 3) × 3 buah permen.Kunci Jawaban/ PembahasanB.Soal nomor 24 (pilihan ganda kompleks)
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan berikut yang benar adalah ...A. Banyak permen warna merah sama dengan banyak permen warna oranye + banyak permen warna kuning.B. Banyak permen warna merah sama dengan banyak permen warna oranye + banyak permen warna hijau.C. Banyak permen warna merah sama dengan banyak permen warna oranye + banyak permen warna ungu.D. Banyak permen warna merah sama dengan banyak permen warna hijau + banyak permen warna kuning.Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 25 (pilihan ganda kompleks)
Reni mempunyai 12 tusuk permen jelly seperti susunan pada gambar. Ia ingin membuat susunan baru dari permen-permen tersebut menjadi beberapa tusuk tanpa tersisa. Susunan baru dari permen yang dimiliki Reni adalah ….A. 3 tusuk permen dengan 4 buah permen tiap tusuknyaB. 4 tusuk permen dengan 3 buah permen tiap tusuknyaC. 6 tusuk permen dengan 6 buah permen tiap tusuknyaD. 9 tusuk permen dengan 4 buah permen tiap tusuknyaKunci Jawaban/ PembahasanA dan B.Soal nomor 26 (pilihan ganda kompleks)
Adi mempunyai uang sebesar Rp25.000,00. Ia ingin membeli permen seperti pada gambar paling sedikit 7 tusuk. Jika harga permen Rp3.000,00 per tusuk, maka kesimpulan berikut yang benar adalah …A. Adi membeli 7 tusuk permen dan mendapat uang kembali Rp3.000,00.B. Adi membeli 7 tusuk permen dan mendapat uang kembali Rp4.000,00.C. Adi membeli 8 tusuk permen dan mendapat uang kembali Rp3.000,00.D. Adi membeli 8 tusuk permen dan mendapat uang kembali Rp1.000,00.Kunci Jawaban/ PembahasanB dan D.Perhatikan gambar berikut!Soal nomor 27 (uraian)
Gambar di atas menunjukkan permen jelly tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdapat beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen harganya Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen harganya Rp3.000,00. Surti mempunyai uang sebesar Rp20.000,00. Ia ingin memberi permen sama banyak kepada 6 orang temannya. Permen apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasannya!Kunci Jawaban/ PembahasanVersi 1: Surti dapat memberikan permen jelly yang satu tusuknya isi 3 permen kepada 6 orang temannya. Masing-masing temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 8.000 Rupiah karena uang 20.000 Rupiahnya sudah dibelanjakan 12.000 Rupiah untuk membeli 6 tusuk permen jelly isi 3.Versi 2: Surti dapat memberikan permen jelly yang satu tusuknya isi 5 permen kepada 6 orang temannya. Masing-masing temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 2.000 Rupiah saja karena uang 20.000 Rupiahnya sudah dibelanjakan 18.000 Rupiah untuk membeli 6 tusuk permen jelly isi 5.Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 28, 29, 30, dan 31!Soal nomor 28 (pilihan ganda kompleks)
Manakah pernyataan yang benar?A. Harga satu buah permen jeruk Rp600,00.B. Harga dua buah permen lolipop Rp5.000,00.C. Dengan Rp6.000,00 akan mendapatkan 6 buah permen anggur.D. Dengan Rp6.000,00 akan mendapatkan 10 permen jeruk.E. Harga tiga buah pemen lolipop seharga Rp6.000,00.Kunci Jawaban/ PembahasanA, C, dan D.Soal nomor 29 (pilihan ganda)
Harga lima buah permen lolipop adalah ....A. Rp3.000,00.B. Rp6.000,00.C. Rp9.000,00.D. Rp15.000,00Kunci Jawaban/ PembahasanD.Soal nomor 30 (pilihan ganda)
Joni mempunyai uang Rp9.000,00. Ia ingin membeli permen paling sedikit 10 permen, apa yang harus dilakukan Joni?A. Membeli permen anggur dengan seluruh uangnya.B. Membeli permen jeruk sebesar Rp3.000,00 dan membeli permen lolipop dengan seluruh sisa uangnya.C. Membeli permen anggur sebesar Rp6.000,00 dan membeli permen lolipop dengan seluruh sisa uangnya.D. Membeli permen jeruk dengan seluruh uangnya.Kunci Jawaban/ PembahasanD.Soal nomor 31 (uraian)
Bella pergi ke "Toko Permen Andi". Ia akan membeli permen untuk dirinya dan empat orang temannya dengan membawa uang Rp12.000,00. Permen manakah yang Bella akan beli agar dirinya dan empat orang temannya masing-masing mendapatkan permen dengan jumlah sama banyak?Kunci Jawaban/ PembahasanPermen jeruk.Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!Gambar di bawah menunjukkan permen jelly tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdapat beberapa buah permen jelly dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen dengan harga Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen dengan harga Rp3.000,00.Adi mempunyai uang Rp12.000,00. Ia ingin membelikan permen jelly seperti pada gambar untuk 2 adiknya. Supaya kedua adiknya mendapatkan permen sama banyak, maka permen yang harus dibeli Adi adalah ….Soal nomor 32 (pilihan ganda kompleks)
A. 6 tusuk masing-masing isi 3 permenB. 4 tusuk masing-masing isi 5 permenC. 3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permenD. 2 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 3 tusuk masing-masing isi 3 permen.Kunci Jawaban/ PembahasanA, B, dan C.Soal nomor 33 (pilihan ganda)
Ita membeli 2 tusuk permen jelly isi 5 dan 5 tusuk permen jelly isi 3. Ita membayar dengan 2 lembar uang sepuluh ribuan. Uang kembalian yang diterima Ita adalah …A. Rp16.000,00.B. Rp14.000,00.C. Rp4.000,00.D. Rp2.000,00.Kunci Jawaban/ PembahasanC.
2. Subdomain Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
- Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut. (10 Soal)
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 34, 35, 36, dan 37!Dimas, Suta dan Beta bermain susun balok dengan cara menyusun balok sesuai pola. Wasit akan meletakkan balok-balok yang masing-masing berisi satu bilangan pada lapisan paling bawah, kemudian pemain melanjutkan menyusun balok-balok pada lapisan di atasnya. Pemain yang meletakkan balok paling banyak menjadi pemenangnya, sedangkan pemain yang salah dalam meletakkan balok, tidak boleh melanjutkan permainan.Wasit meletakkan empat kotak pada lapisan pertama seperti gambar.Soal nomor 34 (pilihan ganda)
Tiga kotak yang harus diletakkan di atasnya adalah ....
A
B
C
D Kunci Jawaban/ PembahasanA.Permainan berlanjut. Permainan sudah sampai ke lapisan kedua!Soal nomor 35 (pilihan ganda kompleks)
Pernyataan berikut benar atau salah?
- Ada balok dengan bilangan 91 pada lapisan ketiga.
- Balok yang ada dipuncak bertuliskan bilangan 102.
- Ada balok bertulis bilangan 96 di lapisan keempat.
Kunci Jawaban/ PembahasanSalah, benar, benar.Soal nomor 36 (uraian)
Permainan semakin seru! Lanjut ke putaran selanjutnya.Setelah menyelesaikan lapisan kedua, wasit merasa ada yang kurang tepat dengan susunan balok pada permainan kali ini. Apa yang salah? Dapatkah kamu membantu wasit?Kunci Jawaban/ PembahasanAda kesalahan pada lapisan kedua. Balok bernomor 34 seharusnya diganti dengan nomor 36.Wasit telah meletakkan lapisan pertama. Ayo susun lapisan berikutnya.Soal nomor 37 (uraian)
Tunggu, sepertinya ada yang tidak benar. Dimas merasa dia tidak akan bisa menyusun balok sampai puncak. Apakah kamu setuju? Jelaskan alasanmu!Kunci Jawaban/ PembahasanSetuju. Alasannya karena pola bilangannya selalu berkurang dua. Lapisan pertama terdiri dari 5 balok dan dimulai dari angka 26. Untuk mencapai puncak, masih dibutuhkan sekitar 10 balok lagi setelah angka 18, berarti 18-2.(10) yaitu sama dengan -2. Permainan tidak akan bisa sampai dipuncak jika tidak ada balok bernomor negatif.Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 38, 39, 40, dan 41!Perhatikan gambar tumpukan telur berikut!Soal nomor 38 (pilihan ganda)
Perhatikan susunan telur yang berbentuk menyerupai piramida pada gambar di atas! Banyak telur pada lapisan paling bawah adalah ….A. 11 butirB. 15 butirC. 21 butirD. 36 butirKunci Jawaban/ PembahasanD.Susunan telur berbentuk piramida pada gambar di atas ditambah satu lapis pada bagian paling bawah. Banyak telur yang harus ditambahkan adalah ….Soal nomor 39 (pilihan ganda)
A. 13 butirB. 15 butirC. 36 butirD. 49 butirKunci Jawaban/ PembahasanD.Soal nomor 40 (pilihan ganda)
Ibu mempunyai 14 butir telur. Telur-telur tersebut akan disusun seperti pada gambar di atas. Berapa banyak lapisan telur yang tersusun?A. 5 lapis.B. 4 lapis.C. 3 lapis.D. 2 lapis.Kunci Jawaban/ PembahasanC.Jumlah seluruh telur pada gambar yang berbentuk piramida di atas adalah ... butir.Soal nomor 41 (uraian tertutup)
Kunci Jawaban/ Pembahasan91 butir.Soal nomor 42 (uraian tertutup)
Selisih banyak telur pada lapisan paling bawah dan banyak telur pada lapisan di atasnya pada gambar berbentuk piramida adalah ... butir.Kunci Jawaban/ Pembahasan11 butir.Soal nomor 43 (pilihan ganda kompleks)
Benar atau salahkah pernyataan berikut?Pola bilangan yang sesuai dengan gambar susunan telur berbentuk piramida adalah 1, 3, 5, 7, 9, 11.Kunci Jawaban/ PembahasanSalah, seharusnya 1, 4, 9, 16, 25, 36.
Domain Data dan Ketidakpastian
1. Subdomain Data dan Representasinya
- Memahami cara penyajian data sederhana (menggunakan turus dan diagram gambar). (4 Soal)
Penyajian suatu data antara lain dapat berbentuk tabel, turus, diagram batang dan diagram lingkaran. Suara hasil pemilihan ketua kelas yang diikuti oleh 5 orang calon siswa adalah sebagai berikut. Ridwan mendapat 8 suara, Raina mendapat 16 suara, Jaka mendapat 9 suara, Rahma mendapat 4 suara, dan Ahmad mendapat 11 suara. Turus yang tepat untuk data tersebut adalah ....Soal nomor 44 (pilihan ganda)
A
C
D Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 45 (pilihan ganda)
Perhatikan tabel skor hasil ulangan Matematika berikut!Banyak siswa yang nilainya kurang dari 75 adalah ….A. 17 orang.B. 9 orang.C. 8 orang.D. 5 orang.Kunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 46 (pilihan ganda)
Perhatikan data pasien yang berobat di sebuah klinik!Jika banyak pasien yang berobat selama lima hari adalah 100 orang, maka banyak pasien pada hari Kamis adalah ...A. 43 orang.B. 47 orang.C. 57 orang.D. 67 orang.Kunci Jawaban/ PembahasanC.Soal nomor 47 (pilihan ganda)
Berikut ini adalah data berat badan siswa.Banyak siswa pada data tersebut adalah ....A. 5 orangB. 36 orangC. 37 orangD. 48 orangKunci Jawaban/ PembahasanD.
2. Subdomain Ketidakpastian dan Peluang
- Menentukan kejadian yang lebih mungkin di antara beberapa kejadian. (1 Soal)
Soal nomor 48 (uraian)
Perhatikan gambar berikut!Setelah papan tersebut diputar, pada saat berhenti papan warna apa yang lebih mungkin ditunjuk oleh jarum? Jelaskan jawabanmu!Kunci Jawaban/ PembahasanMerah Papan dibagi menjadi 8 bagian yang sama. Bagian berwarna merah ada 3, paling banyak dibandingkan warna-warna lainnya. Sehingga peluang jarum berhenti di papan berwarna merah adalah yang paling besar.
Demikianlah ulasan tentang soal-soal AKM numerasi untuk level 2 kelas 4 SD/ MI.
Untuk mendapatkan versi PDF dari soal-soal ini, sahabat pendidik dapat mengunduhnya pada tautan berikut. File secara otomatis akan terunduh setelah tautan ter-klik.UNDUH KUMPULAN SOAL AKM NUMERASI LEVEL 2
Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
2 Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Numerasi Level 2 (Kelas 4)"
Terima kasih Guru sudah berbagi ilmu buat kami dalam membantu Anak Bangsa...
terima kasih berbagi ilmunya
Posting Komentar