Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 6 (Kelas 11 dan 12)
Soal-soal AKM literasi teks fiksi level 6 untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA/ MA serta SMK |
AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum sebagaimana yang sudah dibahas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM adalah salah satu komponen dari Asesmen Nasional atau AN. Asesmen Nasional atau AN itu sendiri adalah sebuah rogram evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional diberlakukan kepada setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.
Bagaimana dengan bahasan teks fiksi? Teks fiksi merupakan bacaan-bacaan yang ditujukan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca. Literasi teks fiksi merupakan bagian dari kompetensi dasar literasi membaca pada AKM. Literasi membaca menuntuk kemampuan peserta didik atau murid untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.
Pada blog ini sebenarnya sudah cukup banyak bahasan mengenai Asesmen Kompetensi Minimum dan Asesmen Nasional ini. Sahabat pendidik boleh membukanya pada tautan-tautan berikut. Semoga bermanfaat.
- Bahasan Asesmen Nasional (AN)
- Bahasan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
- Komponen AKM
- Bentuk Soal AKM Literasi Membaca
Soal AKM literasi teks fiksi level 6 untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA/ MA serta SMK pada blog ini merupakan soal-soal yang diambil dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyusunnya sebagaimana susunan di bawah. Untuk versi yang lebih teratur, sahabat pendidik dapat mengunduh file PDF-nya di akhir tulisan. Sahabat pendidik temukan tautannya di akhir artikel ini ya. Sahabat cari saja tulisan yang berwarna jingga.
Bahan Bacaan Literasi Teks Fiksi Level 6 (Kelas 11 dan Kelas 12)
Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1, soal nomor 2, soal nomor 5, soal nomor 6, dan soal nomor 7!Di Negeri AmplopA. Mustofa Bisri (Gus Mus)Di negeri amplopAladin menyembunyikan lampu wasiatnya, maluSamson tersipu-sipu, rambut keramatnya ditutupi topi rapi-rapiDavid Copperfield dan Houdini bersembunyi rendah diriEntah andaikata Nabi Musa bersedia datang membawa tongkatnyaAmplop-amplop di negeri amplopmengatur dengan teraturhal-hal yang tak teratur menjadi teraturhal-hal yang teratur menjadi tak teraturmemutuskan putusan yang tak putusmembatalkan putusan yang sudah putusAmplop-amplop menguasai penguasadan mengendalikan orang-orang biasaAmplop-amplop membeberkan dan menyembunyikanmencairkan dan membekukanmengganjal dan melicinkanOrang bicara bisa bisuOrang mendengar bisa tuliOrang alim bisa napsuOrang sakti bisa matiDi negeri amplopamplop-amplop mengamplopiapa saja dan siapa saja(Sumber: https://tinewss.com)
Sajak Sebatang LisongW.S. RendraMenghisap sebatang lisongmelihat Indonesia Raya,mendengar 130 juta rakyat,dan di langitdua tiga cukong mengangkang,berak di atas kepala merekaMatahari terbit.Fajar tiba.Dan aku melihat delapan juta kanak-kanaktanpa pendidikan.Aku bertanya,tetapi pertanyaan-pertanyaankumembentur meja kekuasaan yang macet,dan papantulis-papantulis para pendidikyang terlepas dari persoalan kehidupan.Delapan juta kanak-kanakmenghadapi satu jalan panjang,tanpa pilihan,tanpa pepohonan,tanpa dangau persinggahan,tanpa ada bayangan ujungnya.Menghisap udarayang disemprot deodorant,aku melihat sarjana-sarjana menganggurberpeluh di jalan raya;aku melihat wanita bunting antri uang pensiun.Dan di langit;para tekhnokrat berkata:bahwa bangsa kita adalah malas,bahwa bangsa mesti dibangun;mesti di-up-gradedisesuaikan dengan teknologi yang diimporGunung-gunung menjulang.Langit pesta warna di dalam senjakalaDan aku melihat protes-protesyang terpendam, terhimpit di bawah tilam.Aku bertanya,tetapi pertanyaankumembentur jidat penyair-penyair salon,yang bersajak tentang anggur dan rembulan,sementara ketidakadilan terjadi di sampingnyadan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikantermangu-mangu di kaki dewi kesenian.Bunga-bunga bangsa tahun depanberkunang-kunang pandang matanya,di bawah iklan berlampu neon,Berjuta-juta harapan ibu dan bapakmenjadi gemalau suara yang kacau,menjadi karang di bawah muka samodra.Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing.Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan.Kita mesti keluar ke jalan raya,keluar ke desa-desa,mencatat sendiri semua gejala,dan menghayati persoalan yang nyata.Inilah sajakkuPamplet masa darurat.Apakah artinya kesenian,bila terpisah dari derita lingkungan.Apakah artinya berpikir, bila terpisah dari masalah kehidupan.(Disampaikan pada 19 Agustus 1977 di ITB, Bandung. Sumber: Potret Pembangunan dalam Puisi)
Kompetensi Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
- Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)
Setelah membaca puisi Di Negeri Amplop, bagaimana suasana hati yang digambarkan oleh penulis?Soal nomor 1 (pilihan ganda)
A. Marah.B. Bahagia.C. Sedih.D. Syahdu.E. OptimisKunci Jawaban/ PembahasanA.
2. Mencari dan memilih informasi yang relevan
- Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)
Soal nomor 2 (pilihan ganda)
Dalam puisi tersebut, terdapat banyak kata "amplop" yang digunakan secara berulang. Makna dari kata "amplop" yang dimaksudkan oleh penulis adalah ...A. amplop pesanB. sumbanganC. hadiahD. suratE. uang suap/ uang sogokKunci Jawaban/ PembahasanE.
Kompetensi Memahami
1. Memahami teks secara literal
- Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (tidak diukur)
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
- Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (tidak diukur)
- Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. (5 Soal)
Soal nomor 3 (pilihan ganda)
Cermati potongan bait puisi berikut!Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing.Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan.Kita mesti keluar ke jalan raya,keluar ke desa-desa, mencatat sendiri semua gejala,dan menghayati persoalan yang nyata.Menurutmu, apa maksud larik-larik dalam puisi tersebut?A. Keputusan untuk mengambil langkah.B. Keinginan untuk terus bertahan.C. Kemauan untuk bekerja keras.D. Keputusasaan terhadap keadaan.E. Ketidakinginan untuk berubah.Kunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 4 (uraian)
Sebuah puisi bertema sosial umumnya menggambarkan kondisi masyarakat pada waktu puisi diciptakan. Pada puisi tersebut, ceritakan kondisi masyarakat yang digambarkan penyair!Kunci Jawaban/ PembahasanKunci jawaban.Soal nomor 5 (pilihan ganda)
Apa gagasan yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut?A. Kritik terhadap praktik penggunaan uang sebagai cara mempermudah proses.B. Kritik terhadap penguasa yang tidak peka terhadap derita rakyat.C. Protes terhadap aturan yang mengekang masyarakat.D. Protes mengenai larangan memberikan uang kepada pengemis.E. Kritik terhadap penguasa yang suka menghambur-hamburkan uang rakyat.Kunci Jawaban/ PembahasanA.Soal nomor 6 (uraian)
Apa yang dimaksud oleh penyair dengan "Negeri Amplop"?Kunci Jawaban/ PembahasanKunci jawaban.Soal nomor 7 (uraian)
Pesan apa yang ingin disampaikan oleh penyair melalui puisi tersebut?Kunci Jawaban/ PembahasanKunci jawaban.
- Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (tidak diukur)
Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
- Mengevaluasi penggunaan diksi dan majas (metafora, analogi, personifikasi) dalam teks sastra sesuai jenjangnya. (tidak diukur)
- Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)
Soal nomor 8 (pilihan ganda)
Melalui puisi “Sajak Sebatang Lisong”, W.S. Rendra mengungkapkan kritikan tentang kehidupan nyata di masyarakat. Namun, dari bait-bait tersebut, W.S. Rendra juga mengungkapkan solusi berupa sikap/tindakan yang sebaiknya dilakukan. Bait-bait yang berisi solusi tersebut terdapat di bait ke ….A. (7)B. (8)C. (9)D. (10)E. (11)Kunci Jawaban/ PembahasanD.
- Menilai dan mengkritisi elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta otentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya. (tidak diukur)
2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
- Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. (1 Soal)
Soal nomor 9 (uraian)
Setelah membaca puisi Sajak Sebatang Lisong karya W. S. Rendra, kamu akan memahami bahwa tema yang disampaikan penyair dalam puisi tersebut adalah tentang isu sosial. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Berikan alasannya!Kunci Jawaban/ PembahasanKunci jawaban.
Demikianlah bahasan soal-soal AKM literasi teks fiksi level 6 untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA/ MA serta SMK.
Untuk mengunduh versi PDF dari soal-soal ini, sahabat pendidik dapat mengakses pada tautan berikut.UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS FIKSI LEVEL 6
Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 6 (Kelas 11 dan 12)"
Posting Komentar