|
Soal-soal AKM numerasi level 1 untuk kelas 2 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyyah |
Assalamualaikum, halo sahabat Gurnulis. AKM dan soal-soalnya memang menjadi
tranding pencarian pada akhir-akhir ini. Kali ini pun penulis masih membahas tentang soal-soal AKM ya. Penulis ingin berbagi tentang soal AKM numerasi level 1 untuk kelas 2 SD/ MI. Oh ya sebelumnya penulis telah berbagi
bank soal AKM literasi teks informasi lho. Sahabat pendidik boleh memeriksanya terlebih dahulu.
Ngomong-ngomong, sudah jelaskah sahabat pendidik dengan isitlah AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum? Kalau belum jelas, penulis ingin sedikit mengulas tentang AKM ini. AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Apa itu Asesmen Nasional? Asesmen Nasional atan AN merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional sejatinya adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.
Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia. Konten AKM numerasi pada level 1 terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, dan aljabar.
Jika
sahabat pendidik ingin lebih memahami Asesmen Nasional
maupun Asesmen Kompetensi Minimum, sahabat dapat membuka tautan-tautan
berikut.
Sumber dari contoh soal-soal AKM pada artikel ini adalah laman
Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan
tata letak, penulis menyuntingnya menjadi suntingan seperti di bawah ini. Untuk mendapatkan versi yang lebih
teratur, sahabat pendidik dapat mengunduh file PDF-nya di akhir tulisan. Jadi, mohon disimak baik-baik ya.
Domain Bilangan
1. Subdomain Representasi
- Memahami bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal)
Soal nomor 1 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan gambar kartu-kartu berisi bilangan di bawah ini!
Desi ingin mengambil beberapa kartu bilangan yang nilai angka satuannya lebih kecil dari 5. Kartu-kartu apa saja yang dapat diambil oleh Desi?
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B dan C.
Bilangan pada digit satuan di gambar trapesium merah adalah 4 dan bilangan pada digit satuan di gambar jajargenjang ungu adalah 1. Keduanya lebih kecil daripada 5.
- Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5). (2 Soal)
Soal nomor 2 (pilihan ganda)
Perhatikan kue cokelat yang telah dipotong berikut!
Potongan-potongan kue coklat tersebut digambarkan sebagai berikut.
Jika Andi mendapatkan 1/3 bagian dari kue yang telah dipotong, pilihan yang menggambarkan kue bagian Andi adalah...
|
A |
|
B |
|
C |
|
D |
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Soal nomor 3 (uraian)
Perhatikan gambar mobil-mobil berikut!
Jika Budi ingin jumlah mobil merah menjadi 1/4 bagian dari jumlah mobil keseluruhan, berapa mobil putih yang harus Budi warnai menjadi merah ?
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Dua (2) Saat ini banyaknya mobil merah (kotak coklat) adalah 4 dari total 24 mobil (kotak) pada gambar. Agar banyaknya mobil merah menjadi 1/4 bagian dari keseluruhan, maka banyaknya mobil merah harus sejumlah 6/24, sehingga butuh ditambahkan dua buah lagi.
- Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan. (2 Soal)
Soal nomor 4 (uraian tertutup)
Perhatikan garis bilangan berikut!
Bilangan yang tepat untuk diisikan pada tanda kotak tersebut adalah ....
Kunci Jawaban/ Pembahasan
10, bilangan bulat setelah 9 dan sebelum 11.
Soal nomor 5 (pilihan ganda kompleks)
Tentukan benar atau salahnya pernyataan-pernyataan berikut!
Ulangan harian.
Tabel berikut menunjukkan nilai Ulangan Harian dari 5 orang siswa.
Jika mereka diminta berdiri berurutan dengan nilai terbesar berada di depan, maka yang berdiri pada posisi:
- paling depan adalah Ady;
- paling belakang adalah Dian;
- tepat di depan Tika adalah Wira.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar, Salah, Benar.
Urutan berdiri dari depan ke belakang adalah: Ady, Wira, Tika, Dian, dan Titin.
2. Subdomain Sifat Urutan
- Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal)
Soal nomor 6 (pilihan ganda)
Perhatikan gambar kartu-kartu bilangan berikut!
Kartu bilangan tersebut bila diurutkan dari bilangan yang terkecil hingga terbesar adalah....
|
A |
|
B |
|
C |
|
D |
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
Urutan bilangan dari terkecil hingga terbesar adalah 107, 245, 254, 335, dan 371
3. Subdomain Operasi
- Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (2 Soal)
Soal nomor 7 (uraian)
Di sebuah wahana permainan, terdapat tempat penukaran tiket menjadi hadiah.
Sejumlah tiket dari hasil permainan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah seperti pada gambar berikut.
Siska memiliki 300 tiket. Ia telah menukarkan tiketnya dengan tempat pensil.
Hadiah apa lagi yang dapat Siska tukarkan agar tiketnya habis?
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Rautan.
Soal nomor 8 (uraian tertutup)
Berapakah bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik berikut ?
Kunci Jawaban/ Pembahasan
308.
473 + X = 781. Berarti X = 781 - 473 = 308.
- Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10 (setara dengan skip counting). (2 soal).
Soal nomor 9 (uraian tertutup)
Perhatikan garis bilangan berikut!
Bilangan pada kotak berturut-turut dari kiri ke kanan adalah ....
Kunci Jawaban/ Pembahasan
65 dan 90.
Garis bilangan pada gambar berjarak 5 satuan. Sehingga bilangan sebelum 70 adalah 70-5=65 dan bilangan setelah 85 adalah 85+5=90.
Soal nomor 10 (uraian tertutup)
Perhatikan gambar berikut!
Diketahui banyak rumah seluruhnya pada gambar di atas adalah 9 buah.
Penomorannya secara berurutan menggunakan angka ganjil dimulai dari 1 (satu) untuk nomor rumah yang berada paling kanan.
a. Nomor rumah pada urutan keenam dari kanan adalah ....
b. Nomor rumah pada urutan ketujuh dari kiri adalah ....
Kunci Jawaban/ Pembahasana
11 dan 5.
Urutan nomor sembilan rumah dari kanan ke kiri dengan nomor-nomor berupa bilangan ganjil adalah 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17
Domain Geometri dan Pengukuran
1. Subdomain Bangun Geometri
- Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran. (5 Soal)
Teks untuk menjawab soal nomor 11 dan soal nomor 12.
MENEMPEL KERTAS WARNA
Ibu guru memberi tugas kepada siswanya untuk menempelkan kertas warna pada rangka ikan ini sehingga menjadi ikan yang cantik.
Lisa dan Yuli menempelkan kertas warna dengan berbagai bentuk pada rangka ikan tersebut dengan cara berikut ini:
Soal nomor 11 (pilihan ganda)
Banyak potongan segiempat pada hasil tempelan Lisa dan Yuli adalah ...
A. 16.
B. 12.
C. 10.
D. 2.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Soal nomor 12 (pilihan ganda kompleks)
Pilihlah hasil tempelan siswa lainnya yang jumlah potongan segitiganya sama dengan jumlah potongan segitiga pada hasil tempelan Lisa atau Yuli!
|
A |
|
B |
|
C |
|
D |
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B, C dan D.
Jumlah segitiganya sama dengan 2 atau 4
Soal nomor 13 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!
Manakah pernyataan yang sesuai dengan gambar diatas?
A. Bangun persegi panjang ditunjukkan nomor 1, 4, dan 6
B. Bangun persegi ditunjukkam nomor 4, 5, dan 8
C. Bangun segitiga ditunjukkan oleh nomor 1 , 7, dan 9
D. Bangun segi banyak ditunjukkan oleh nomor 3, 4, dan 6
E. Bangun segi empat ditunjukkan oleh nomor 2, 3, dan 4
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C dan E.
Soal nomor 14 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!
Manakah pernyataan yang tepat dari pernyataan-pernyataan berikut?
A. Atas meja, daun pintu, dan bingkai jendela berbentuk Persegi panjang.
B. Plat CD, uang koin, dan kancing berbentuk lingkaran.
C. Sisi depan atap rumah, hanger gantungan baju, dan penggaris berbentuk persegi.
D. Kancing, uang koin, dan plat CD tidak memiliki sudut.
E. Semua benda pada gambar di atas mempunyai sudut.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan D.
Soal nomor 15 (pilihan ganda kompleks)
Nita melukis tiga bangun datar yaitu lingkaran, persegi panjang, dan segitiga yang digabungkan. Gambar yang akan terbentuk adalah .…
|
A |
|
B |
|
C |
|
D |
|
E |
|
F |
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan D.
- Mengenal balok dan kubus. (3 Soal)
Soal nomor 16 (uraian tertutup)
Perhatikan gambar berikut!
Benda yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut berbentuk ....
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Kubus.
Soal nomor 17 (uraian tertutup)
Perhatikan gambar berikut!
Benda yang digunakan siswa dalam kegiatan diskusi tersebut berbentuk ....
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Balok.
Soal nomor 18 (uraian tertutup)
Perhatikan gambar berikut!
Benda yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar tersebut berbentuk ....
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Balok.
2. Subdomain Pengukuran
- Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran. (5 Soal)
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan soal nomor 20.
Soal nomor 19 (pilihan ganda)
Berapa kilometer jarak dari Bank Swadaya ke pasar Gede?
A. 0,25 km.
B. 2,5 km.
C. 25 km.
D. 250 km.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Soal nomor 20 (pilihan ganda)
Berapa meter jarak dari SDN Cemara ke Pasar Gede?
A. 10.000 m.
B. 4.000 m.
C. 1.000 m.
D. 400 m.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
Soal nomor 21 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan berat masing-masing buah pada gambar berikut!
Manakah pernyataan yang benar dari pernyataan-pernyataan berikut?
A. Buah semangka lebih ringan dari buah jeruk.
B. Buah anggur lebih ringan dari buah apel.
C. Buah apel lebih berat dari buah jeruk.
D. Buah anggur lebih berat dari buah semangka.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Soal nomor 22 (pilihan ganda kompleks)
Perhatikan gambar tabung gelas berikut!
Berdasarkan gambar di atas, satuan yang benar untuk mengetahui banyak air di dalam ....
A. tabung adalah kilogram
B. gelas adalah centimeter.
C. tabung adalah liter.
D. gelas adalah gram.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Domain Aljabar
1. Subdomain Persamaan dan Pertidaksamaan
- Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (6 Soal)
Soal nomor 23 (pilihan ganda)
Perhatikan gambar berikut!
Berapa banyak apel yang perlu ditambahkan agar timbangan dikanan menjadi setimbang?
A. 4.
B. 3.
C. 2.
D. 1.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 24, nomor 25, nomor 26, nomor 27, dan nomor 28.
Gambar di bawah ini menunjukkan susunan permen jeli berbentuk boneka.
Pada gambar terdapat permen jelly warna merah, hijau, kuning, dan putih.
Soal nomor 24 (pilihan ganda)
Banyak permen jelly warna putih dapat dihitung dengan cara mengurangkan banyaknya permen jelly warna merah, hijau, dan kuning dari total keseluruhan permen jelly diatas.
Maka banyaknya permen jelly warna putih dapat dinyatakan sebagai ....
A. 77 - 18 - 18 - 4
B. 77 - 20 - 18 - 6
C. 79 - 20 - 18 - 6
D. 79 - 18 - 18 - 4
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Soal nomor 25 (pilihan ganda)
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan berikut yang benar adalah …
A. Banyak permen putih = banyak permen merah + banyak permen hijau.
B. Banyak permen putih = banyak permen merah + banyak permen kuning.
C. Banyak permen hijau adalah 2 lebihnya dari banyak permen merah.
D. Banyak permen merah adalah 2 lebihnya dari banyak permen hijau.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
Soal nomor 26 (pilihan ganda)
Budi ingin banyaknya permen warna merah sama dengan permen warna putih.
Berapa permen warna merah yang harus ditambahkan?
A. 27 buah.
B. 25 buah.
C. 17 buah.
D. 15 buah.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
Soal nomor 27 (pilihan ganda)
Budi mempunyai permen seperti pada gambar di atas. Ia memberikan 15 permen warna putih pada teman-temannya. Pernyataan berikut yang benar adalah ...
A. Banyak permen merah sama dengan banyaknya permen putih yang tersisa
B. Banyak permen merah sama dengan banyaknya permen putih yang tersisa + permen kuning
C. Banyak permen putih yang tersisa sama dengan banyaknya permen merah + permen kuning
D. Banyak permen putih yang tersisa sama dengan banyaknya permen hijau + permen kuning
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
Soal nomor 28 (pilihan ganda)
Budi makan 2 buah permen jeli warna merah. Pernyataan berikut yang benar adalah ...
A. Banyak permen warna putih lebih dari banyaknya sisa permen warna merah + banyaknya permen warna hijau.
B. Sisa permen warna merah kurang dari banyaknya permen warna putih - banyaknya permen warna hijau.
C. Sisa permen warna merah kurang dari banyaknya permen warna hijau.
D. Sisa permen warna merah sama dengan banyaknya permen warna hijau.
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
2. Subdomain Relasi dan Fungsi (Termasuk Pola Bilangan)
- Mengenali pola gambar atau objek. (3 Soal)
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1, soal nomor 2, dan soal nomor 3.
Ibu mempunyai bunga aster dan bunga tulip.
Bunga Aster
Bunga Tulip
Kemudian Ibu membuat 2 rangkaian bunga dari bunga-bunga itu dengan pola sebagai berikut.
Rangkaian 1
Soal nomor 29 (pilihan ganda kompleks)
Adik memiliki bunga mawar dan bunga matahari.
|
Bunga Matahari
|
|
Bunga Mawar
|
Adik ingin membuat rangkaian bunga yang sama dengan rangkaian pertama (rangkaian 1) yang Ibu miliki. Rangkaian seperti apa yang dapat ia buat?
|
A |
|
B |
|
C |
|
D |
|
E |
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A atau D.
Soal nomor 30 (pilihan ganda)
Sifa ingin membuat rangkaian bunga seperti rangkaian 1 milik Ibu dengan jumlah 10 bunga.
Berapa banyak bunga mawar yang diperlukan Sifa untuk melengkapi rangkaian tersebut?
A. 2 bunga mawar.
B. 3 bunga mawar.
C. 4 bunga mawar.
D. Tidak dipakai
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B
Soal nomor 31 (uraian)
Sifa ingin membuat rangkaian bunga yang sama dengan rangkaian 2 milik Ibu. Ia akan menggunakan bunga matahari dan bunga mawar. Ia mempunyai 8 bunga matahari. Apakah ia dapat membuat pola rangkaian bunga yang sama? Jika iya, Berapa banyaknya bunga mawar yang ia perlukan?
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Iya, dapat. Ia butuh 8 bunga mawar untuk membuat rangkaian tersebut. Karena sudah ada 8 bunga matahari dan pola rangkaian yang ingin dibuat membutuhkan jumlah bunga matahari dan mawar yang sama, maka dibutuhkan 8 bunga mawar untuk melengkapi rangkaian tersebut.
Demikianlah
ulasan tentang soal-soal AKM numerasi untuk level 1 kelas 2 SD/ MI.
Untuk mendapatkan versi PDF dari soal-soal
ini, sahabat pendidik dapat mengaksesnya pada tautan berikut.
UNDUH KUMPULAN SOAL AKM NUMERASI LEVEL 1
Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
4 Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Numerasi Level 1 (Kelas 2)"
Sangat bermanfaat dan memberikan pengetahuan yang baik sekali
Terimakasih banyak
Wah aku jadi rajin lihat ini makin lama makin pintar
Terimakasih banyak, sangat terbantu
Posting Komentar