Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 2 (Kelas 3 dan 4)
Soal-soal AKM literasi teks fiksi level 2 untuk kelas 3 dan kelas 4 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyyah |
Sebelumnya penulis ulas dulu ya mengenai AKM maupun AN. AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional atau AN. Asesmen Nasional atau AN sendiri didefinisikan sebagai rogram evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.
Literasi teks fiksi sebagaimana yang tertulis pada judul artikel merupakan literasi pada teks yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca. Literasi teks fiksi merupakan bagian dari kompetensi dasar literasi membaca pada AKM. Literasi membaca adalah kemampuan peserta didik atau murid dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.
Apakah sahabat pendidik ingin mendalami hakikat AKM ataupun AN? Jika sahabat pendidik menginginakannya, sahabat dapat mengakses tautan-tautan berikut.
- Bahasan Asesmen Nasional (AN)
- Bahasan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
- Komponen AKM
- Bentuk Soal AKM Literasi Membaca
Soal AKM literasi teks fiksi level 2 untuk kelas 3 dan kelas 4 SD/ MI yang tesaji pada artikel ini merupakan soal-soal AKM leterasi teks fiksi yang terdapat pada pada laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyusunnya sebagai berikut. Untuk versi yang lebih teratur, sahabat pendidik dapat mengunduh file PDF-nya di akhir tulisan. Jadi, sahabat simak baik-baik tulisan ini sampai akhir ya.
Bahan Bacaan Literasi Teks Fiksi Level 2 (Kelas 3 dan Kelas 4)
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1, 2, 8, 9, 13, 21, 22.Siti dan Udin di JalanSiti dan Udin namanya.
Muka mereka penuh debu.
Dengan baju rombengan, mereka menyanyi di tengah kebisingan.
Pagi sampai malam, mereka tersenyum dalam peluh, menyapa om dan tante, mengharap receh seadanya.
Beribu Siti dan Udin berkeliaran di jalan-jalan, dengan suara serak dan napas yang sesak oleh polusi.
Kalau hari ini bisa makan, alhamdulillah. Siti dan Udin tetap berdoa agar mereka bisa sekolah dan punya rumah berjendela. (Februari 2003)
Kue Ulang Tahun WidiPenerbit: Litara, Tahun terbit: 2015, Diedit oleh Nurhayati PujiastutiWidi hari ini berulang tahun. Widi senang melihat Nenek pulang dari pasar. Widi membayangkan Nenek akan membuat kue ulang tahun yang lezat hari ini. Tapi, tunggu dulu. Apa itu yang dikeluarkan Nenek dari tas belanja? Beras, air santan kelapa, dan daun pandan. Nenek mengaduk semua bahan menjadi sebuah adonan. Nenek lalu menyalakan kompor. Nenek bilang, hari ini Nenek akan membuat bubur. "Mengapa Nenek malah membuat bubur, bukan kue seperti keinginanku?" pikir Widi. Nenek meminta Widi membantu Nenek. Widi membantu mengaduk bubur. Widi mencium bau wangi dari bubur. Kata Nenek, daun pandan membuat bubur menjadi wangi.Setelah matang, bubur dibagi menjadi dua bagian. Lalu, ke dalam salah satu bubur dimasukkan gula jawa.Gula jawa ini membuat bubur menjadi kecokelatan. Namun, orang menyebutnya bubur merah. Digabungkan dengan bagian yang putih, maka menjadi bubur merah putih.Bubur merah putih buatan Nenek sudah jadi. Yummy, ternyata Widi suka. Kata Nenek, bubur merah putih ini untuk memperingati hari lahir.
Jentik“Permisi, boleh kami masuk ke dalam, ya, Pak?”“Boleh kami lihat kamar mandinya, Bu?”Pagi itu, sekelompok ibu berseragam biru menyapa warga di setiap rumah di Jalan Mustika."Ibuuu .... Ada pasukan biru!" seru Nuha."Oh iya, hari ini hari Minggu pekan kedua, ya?" sahut Ibu.Nuha beranjak ke pintu depan dan membukakan pintu untuk tamu mereka.Hari Sabtu lalu, Nuha membantu ayahnya membersihkan halaman rumah.Pagi itu, bak kamar mandi pun sudah dikuras ibunya.Rumah Nuha siap menerima pasukan biru!"Eh, Nuha!” sapa Mbak Nurul, salah satu petugas berseragam biru itu.“Halamannya rapi. Wah, ada pohon serai untuk menghalau nyamuk juga!” Mbak Nurul memuji.Ibu mempersilakan mbak Nurul masuk. Mereka pun langsung menuju kamar mandi. Keluar dari sana, Mbak Nurul mengacungkan ibu jarinya. Nuha tersenyum. Tak ada kartu kuning hari ini."Jangan lupa ikut gerebek jentik minggu depan ya, Bu?" pesan Mbak Nurul sebelum meninggalkan rumah.Ibu menganggukkan kepala. “Apa gerebek jentik itu, Bu?” tanya Nuha.“Oh, itu kerja bakti membersihkan selokan, taman, dan lapangan agar tidak ada sarang nyamuk,” jawab Ibu.“Kita, kan, mau mencegah demam berdarah atau penyakit dari nyamuk lainnya,” lanjutnya.Rasanya Nuha tak sabar menunggu minggu depan.
Ori Si PemberaniOleh Irawati Subrata, Ilustrasi oleh Gery Adams, Room to Read Accelerator Project.Di penampungan orang utan, si kecil Ori bangun lebih pagi dari biasanya. “Ayo!” kata Ito. “Saatnya berlatih!” Ori belajar memanjat, berayun, dan membuat sarang. Kalau sudah mahir baru Ori boleh bermain ke dalam hutan. Ori giat berlatih. Ito guru yang hebat.Ito memanjat tinggi. Ori memanjat seperti Ito Ito berayun cepat. Ori berayun mengikuti. Tahu-tahu, Ito berayun semakin cepat dan menghilang di antara pepohonan. “Kembali Itoooooooo!” Ori mencari Ito sampai di ujung lahan penampungan. Ori belum pernah masuk ke hutan sendirian.Memberanikan diri, Ori melompat ke pohon berikutnya lalu memanjat lebih tinggi lagi. Ia berayun secepat mungkin melewati sulur-sulur yang menjuntai. Sesaat, Ori sudah sangat jauh dari penampungan. Tapi, Ito belum ditemukan. Ori merasa lapar! Dilihatnya beberapa orang utan menyantap durian. Mereka mengajak Ori makan bersama. Hari mulai gelap. Ori bersiap membuat sarang sendiri untuk pertama kalinya. Di atas pohon, Ori mendapati Ito yang sedang menunggunya. Setelah hari yang panjang si kecil Ori tertidur nyenyak dan memimpikan petualangannya esok.
Bermain Apa?"Aduuuh, tidak ada sinyal? "Keluh Caca kepada Mama. Mama bilang tidak usah bermain telepon seluler terus. Dewi sepupunya mengajak bermain di luar. Caca lebih senang memainkan gim kesukaannya.Suara ramai dari lapangan membuat Caca mengalihkan pandangan. Dewi memanggilnya, tetapi Caca tidak begitu berminat. Akhirnya, dia turun juga. Mudah-mudahan ada sinyal.Begitu sampai di lapangan. Caca tahu itu permainan kelereng. Begini cara mainnya, salah satu anak laki-laki itu menjelaskan. Pertama, semua kelereng diletakkan di dalam lingkaran ini. Lalu, pemain menentukan giliran. Bisa hompimpah atau suit. Bisa juga dengan menggulirkan kelerengmu. Yang terjauh mendapat giliran lebih dahulu.Dari garis ini, pemain harus membidik kelereng di lingkaran dengan kelereng lain. Kelereng yang berhasil dikeluarkan dari lingkaran, menjadi milik pemain itu.Hmm… menarik. Caca ingin mencobanya. Aha! Boleh juga.Sekarang Caca ingin mencoba permainan lain. Mau bermain galah? Ajak anak lain. Satu kelompok menjaga garis-garis ini, sementara yang lainnya berusaha menerobos. Oh, Caca tahu permainan ini! Mirip permainan gobak sodor kalau di Jakarta.Dewi mengajak bermain tali. Loh. talinya kok dua? Caca heran. Caca harus mencoba yang ini! Eh-eh! Ternyata bermain lompat dua tali susah juga.Sudah sore, saatnya pulang. Permainan-permainan ini seru sekali. Besok Caca mau ikut bermain lagi.
Format soal AKM literasi fiksi level 2 yang lebih teratur dapat sahabat pendidik unduh pada tautan unduhan PDF di akhir artikel ini. Jadi sahabat pendidik temukan tautannya ya.
Kompetensi Menemukan Informasi
1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
- Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)
Soal nomor 1 (pilihan ganda)
Pilihlah jawaban yang tepat!Apa permintaan Siti dan Udin dalam doanya?A. Ingin bersekolah.B. Ingin bernyanyi.C. Ingin bekerja.D. Ingin bertamasyaKunci Jawaban/ PembahasanA.Apa yang dilakukan Siti dan Udin di jalan?Soal nomor 2 (uraian)
Kunci Jawaban/ PembahasanMereka menyanyi untuk mendapatkan uang; Mereka mengamen.Apa yang ditambahkan nenek ke dalam bubur sehingga menjadi kecokelatan?Soal nomor 3 (uraian)
Kunci Jawaban/ PembahasanGula Jawa.Siapa itu pasukan biru?Soal nomor 4 (uraian)
Kunci Jawaban/ PembahasanPasukan biru adalah sekelompok ibu yang kerja bakti memeriksa dan membersihkan lingkungan agar tidak ada sarang nyamuk.Soal nomor 5 (pilihan ganda)
Pilihlah jawaban yang tepat!Kapan Ori akhirnya menemukan Ito di hutan?A. Saat sedang menyantap durian bersama orang utan lainnya.B. Saat akan membangun sarang di atas pohon.C. Saat sedang berayun di antara sulur-sulur pohon.D. Saat Ori sedang belajar memanjat.Kunci Jawaban/ PembahasanB.
Kompetensi Memahami
1. Memahami teks secara literal
- Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (2 Soal)
Apa yang terjadi jika ada jentik dalam bak mandi rumah Nuha?Soal nomor 6 (pilihan ganda kompleks)
Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban!PernyataanA. Rumah Nuha akan mendapat kartu kuning.B. Banyak nyamuk yang akan bersarang di rumah Nuha.C. Nuha dan keluarga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.Kunci Jawaban/ PembahasanA dan B.Ito mengajarkan kemampuan apa kepada Ori agar ia bisa bermain ke hutan?Soal nomor 7 (pilihan ganda kompleks)
Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.A. Memanjat pohon.B. Berayun dari satu dahan ke dahan pohon yang lain.C. Membuat sarang.Kunci Jawaban/ PembahasanA, B, dan C
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
- Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)
Manakah yang merupakan sifat Siti dan Udin? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!Soal nomor 8 (pilihan ganda kompleks)
A. Pekerja keras.B. Pemalu.C. Sabar.D. Sombong.Kunci Jawaban/ PembahasanA dan C.Pilihlah jawaban yang tepat!Soal nomor 9 (pilihan ganda)
Manakah yang merupakan latar cerita Siti dan Udin tersebut?A. Jalanan.B. Sekolah.C. Masjid.D. Rumah.Kunci Jawaban/ PembahasanA.Bagaimana perasaan Widi saat mengetahui Nenek akan membuat bubur merah putih?Soal nomor 10 (pilihan ganda kompleks)
Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!A. Senang, karena Widi menyukai rasa bubur merah putih.B. Terkejut, karena pandan membuat bubur menjadi wangi.C. Kecewa, karena Widi tidak menginginkan bubur merah putih.D. Kaget, karena Widi mengira akan dibuatkan kue ulang tahun.Kunci Jawaban/ PembahasanC dan D.Soal nomor 11 (pilihan ganda)
Pilihlah jawaban yang tepat!Bagaimana perasaan Nuha saat Mbak Nurul mengacungkan jari jempolnya setelah memeriksa kamar mandi di rumah Nuha?A. Sedih, karena terdapat jentik di rumah Nuha.B. Senang, karena kamar mandi rumah Nuha bebas jentik.C. Terkejut, karena akan ada gerebek jentik.D. Heran, karena tim pasukan biru boleh masuk kamar mandi.Kunci Jawaban/ PembahasanB.Berdasarkan bacaan tersebut, bagaimana perasaan Ori saat pertama kali berada di hutan sendirian? Pilihlah dua jawaban yang tepat!Soal nomor 12 (pilihan ganda kompleks)
A. CemasB. TenangC. SedihKunci Jawaban/ PembahasanA dan C.
- Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/ pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks informasi. (6 Soal)
Soal nomor 13 (pilihan ganda kompleks)
Benar atau salahkah pernyataan berikut?
- Siti dan Udin menangis saat menyanyi.
- Jalan yang dilalui Siti dan Udin berpolusi.
- Rumah Siti dan Udin tidak berjendela.
Kunci Jawaban/ PembahasanSiti dan Udin menangis saat menyanyi. (Salah); Jalan yang dilalui Siti dan Udin berpolusi. (Benar); Rumah Siti dan Udin tidak berjendela. (Benar).Soal nomor 14 (pilihan ganda kompleks)
Benar atau salahkah pernyataan berikut?
- Bubur yang berwarna kecokelatan disebut bubur merah.
- Nenek membelikan kue ulang tahun Widi dari pasar.
- Bubur merah putih biasa dibuat untuk memperingati ulang tahun.
Kunci Jawaban/ PembahasanBubur yang berwarna kecokelatan disebut bubur merah. (Benar); Nenek membelikan kue ulang tahun Widi dari pasar. (Salah); Bubur merah putih biasa dibuat untuk memperingati ulang tahu (Benar).Apakah pernyataan berikut benar atau salah?Soal nomor 15 (pilihan ganda)
Mbak Nurul dan pasukan biru mengecek kebersihan kamar mandi rumah warga.A. Benar.B. Salah.Kunci Jawaban/ PembahasanA.Benar atau salahkah pernyataan berikut?Soal nomor 16 (pilihan ganda kompleks)
- Menanam pohon serai.
- Membersihkan selokan.
- Membersihkan taman.
Kunci Jawaban/ PembahasanMenanam pohon serai. (Salah); Membersihkan selokan. (Benar); Membersihkan taman. (Benar).Apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah?Soal nomor 17 (pilihan ganda)
Ori memakan pisang saat merasa lapar ketika mengejar Ito ke dalam hutan.A. BenarB. SalahKunci Jawaban/ PembahasanB.Apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah?Soal nomor 18 (pilihan ganda)
Ito adalah orang tua Ori.A. Benar.B. Salah.Kunci Jawaban/ PembahasanB
- Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)
Berdasarkan wacana tersebut, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah nyamuk bersarang di suatu tempat atau di rumahmu? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!Soal nomor 19 (pilihan ganda kompleks)
A. Membersihkan halaman rumah.B. Menanam pohon serai.C. Menguras bak mandi.D. Memakai seragam biruKunci Jawaban/ PembahasanA, B, dan C.Soal nomor 20 (pilihan ganda)
Pilihlah jawaban yang tepat!Apakah pernyataan berikut di atas benar atau salah?Ori adalah seekor orang utan kecil yang sedang berlatih untuk bertahan di hutan. Sementara itu, Ito adalah guru yang mengajarkan Ori agar bisa bermain ke dalam hutan.A. Benar.B. Salah.Kunci Jawaban/ PembahasanA.
Kompetensi Mengevaluasi dan merefleksi
1. Menilai format penyajian dalam teks
- Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (3 Soal)
Ilustrasi puisi di atas menggambarkan isi puisi "Siti dan Udin di Jalan". Apakah kamu setuju? Jelaskan jawabanmu.Soal nomor 21 (uraian)
Kunci Jawaban/ PembahasanSetuju, karena gambar tersebut menunjukkan dua orang anak yang sedang memainkan alat musik di jalan dengan wajah riang sehingga sesuai dengan teks puisi.Ilustrasi puisi di atas menggambarkan isi puisi "Siti dan Udin di Jalan". Apakah kamu setuju? Jelaskan jawabanmu.Soal nomor 21 (uraian)
Kunci Jawaban/ PembahasanSetuju, karena gambar tersebut menunjukkan dua orang anak yang sedang memainkan alat musik di jalan dengan wajah riang sehingga sesuai dengan teks puisi.Menurut kamu, apakah judul bacaan di atas perlu diubah? Jelaskan jawabanmu!Soal nomor 23 (uraian)
Kunci Jawaban/ PembahasanYa, perlu diubah karena judul "Kue Ulang Tahun Widi" tidak sesuai dengan isi bacaan. Bacaan berisi tentang bubur merah putih, bukan kue ulang tahun sehingga judul yang lebih tepat adalah "Bubur Merah Putih Widi".
2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
- Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya. (1 Soal)
Soal nomor 24 (uraian)
Mengapa bermain di lapangan lebih seru daripada bermain gim dalam telepon seluler?Kunci Jawaban/ PembahasanBertemu dengan banyak teman atau bisa bermain berbagai macam permainan.
Demikianlah ulasan soal-soal AKM literasi teks fiksi level 2 untuk kelas 3 dan kelas 4 SD/ MI.
Untuk mendapatkan versi PDF dari soal-soal ini, sahabat pendidik dapat mengakses pada tautan berikut.
UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS FIKSI LEVEL 2
Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 2 (Kelas 3 dan 4)"
Posting Komentar