Iklan Header

Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 6 SD/ MI

Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 6 SD/ MI, www.gurnulis.id
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum Darurat pada kondisi khusus untuk kelas 6 SD/ MI
Apa kabar sahabat Gurnulis? Selalu dalam keadaan baik, bukan? Pada artikel kali ini penulis ingin berbagi tentang pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus untuk kelas 6 SD/ MI. Namun sebelum membahas masalah KD kurikulum darurat, apakah sahabat pendidik telah sepenuhnya memahami hakikat kompetensi dasar? Kalau belum, sahabat pendidik dapat membacanya terlebih dahulu pada tulisan penulis tentang Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar terlebih dahulu. Peramban yang sahabat gunakan akan mengarah ke tab baru, sehingga sahabat tidak perlu risau tab ini tertimpa olehnya.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melucurkan Kurikulum Darurat pada masa pandemi Covid-19 ini. Kurikulum ini merupakan salah satu pilihan dari tiga kurikulum yang dapat digunakan dalam masa pandemi. Ketiganya adalah Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional, Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus, dan kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh satuan pendidikan. Sebenarnya tidak ada yang baru dengan Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus ini. Kurikulum ini merupakan bentuk penyederhanaan dari Kurikulum Nasional. Tujuan dari penyederhanaannya adalah untuk meringankan beban pembelajaran di satuan pendidikan, sehingga pembelajaran dapat tetap berlangsung meski berada dalam terpaan pandemi Covid-19.
 
Untuk lebih memahami pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus di kelas 6 SD/ MI, penulis jabarkan dulu mata pelajarannya, bunyi KD-nya, dan jumlah KD-nya ya. Ayo ikuti alur penjabarannya.
 

Mata Pelajaran Kelas 6 Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus SD/ MI

Sebenarnya tidak ada perubahan pada mata pelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas 6 SD/ MI pada Kurikulum Darurat ini. Mata pelajaran yang dihadapi mereka masih tetap berjumlah 8 sebagaimana yang ada pada Kurikulum Nasional. Berikut rinciannya.
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
  3. Bahasa Indonesia.
  4. Matematika.
  5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
  7. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
 
Mata pelajaran ini memiliki kesamaan dengan mata pelajaran pada kelas 4 dan kelas 5. Beberapa mata pelajaran ada yang tergabung dalam pembelajaran tematik dan beberapa lagi berdiri sendiri sebagai mata pelajaran mandiri.
 

Bunyi KD Kelas 6 Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus SD/ MI

Acuan Kompetensi Dasar atau KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus bagi kelas 6 SD/ MI adalah Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020. KD yang terkandung di dalam surat keputusan tersebut merupakan KD yang telah disederhanakan dari KD Kurikulum Nasional.
Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 6 SD/ MI, www.gurnulis.id

Pengodean KD masih sama dengan pengodean KD pada Kurikulum Nasional. KD-1 digunakan sebagai KD sikap spiritual, KD-2 digunakan sebagai KD sikap sosial, KD-3 digunakan sebagai KD pengetahuan, dan KD-4 digunakan sebagai KD keterampilan. Berikut rincian bunyi Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran di kelas 6 SD/ MI. 
 

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil benar.
  • 1.2 Meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal.
  • 1.3 Meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman.
  • 1.4 Meyakini adanya qadha dan qadar.
  • 1.5 Meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
  • 1.6 Meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
  • 1.7 Menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasipemahaman rukun Islam.
  • 1.8 Meyakini kebenaran kisah Nabi dan Rasul.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman Q.S. al- Kafirun, Q.S.al-Maidah/ 5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/ 49:12-13.
  • 2.2 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al-Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi.
  • 2.3 Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir.
  • 2.4 Menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qadha dan qadar.
  • 2.5 Menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama.
  • 2.6 Menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama.
  • 2.7 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
  • 2.8 Menunjukkan sikap terpuji sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nabi dan Rasul.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami makna Q.S.Al-Kafirun, Q.S. Al-aidah/ 5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar.
  • 3.2 Memahami makna al-Asmau al- Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al Baqi.
  • 3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 3.4 Memahami hikmah berimankepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 3.5 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun.
  • 3.7 Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi
    rukun Islam.
  • 3.8 Memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s., Zakariyah a.s., Yahya a.s., Isa a.s. dan  Muhammad saw.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menunjukkan hafalan Q.S. Al- Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar.
  • 4.2 Membaca al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi dengan jelas dan benar.
  • 4.3 Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 4.4 Menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 4.6 Menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun.
  • 4.7 Menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
  • 4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s., Zakariyah a.s., Yahya a.s., Isa a.s. dan  Muhammad saw.
 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Bersyukur  kepada  Tuhan  Yang Maha  Esa  atas  nilai-nilai Pancasila  secara  utuh  sebagai  satu  kesatuan  dalam  kehidupan  sehari-hari.
  • 1.2 Menghargai  makna  kewajiban, hak, dan  tanggung  jawab  sebagai warga  negara  dalam  menjalankan agama.
  • 1.3 Mensyukuri  keberagaman  sosial, budaya,  dan  ekonomi  masyarakat sebagai  anugerah  Tuhan  Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
  • 1.4 Mensyukuri  persatuan  dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang  Maha  Esa  beserta dampaknya.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • 2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air.
  • 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
  • 2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
  • 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
  • 3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menuliskan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.2 Menuliskan cerita   pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Menuliskan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi.
  • 4.4 Menuliskan cerita tentang  persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
 

Bahasa Indonesia

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
  • 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
  • 3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca.
  • 3.4 Membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa.
  • 3.5 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.).
  • 3.6 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi. 
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan simpulan secara lisan  dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  • 4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri.
  • 4.4 Mengubah teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks puisi.
  • 4.5 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.
  • 4.6 Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual.
 

Matematika

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.
  • 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
  • 3.3 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran.
  • 3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan  balok.
  • 3.5 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
  • 4.3 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
  • 4.4 Mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.
  • 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah.
 

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
  • 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi.
  • 3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • 3.4 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
  • 3.6 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
  • 3.7 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari, revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  • 4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.
  • 4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
  • 4.4 Mendemonstrasikan sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.
  • 4.6 Membuat model sistem tata surya.
  • 4.7 Membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari.
 

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
  • 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
  • 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 
  • 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
  • 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
  • 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
  • 4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. 

Seni, Budaya, dan Prakarya (SBdP)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1  Memahami reklame.
  • 3.2  Memahami interval nada secara individu dan berkelompok.
  • 3.3  Memahami penampilan tari kreasi daerah.
  • 3.4  Memahami patung.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Membuat reklame.
  • 4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik secara individu dan berkelompok.
  • 4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
  • 4.4 Membuat patung.
 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar/ bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
  • 3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 3.4 Memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
  • 3.5 Memahami rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam.
  • 3.6 Memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 3.7 Memahami perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,  dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar/bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
  • 4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 4.4 Mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
  • 4.5 Mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam.
  • 4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 4.7 Memaparkan perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
 

Jumlah KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus di Kelas 6 SD/ MI

Bagaimana dengan jumlah KD-nya? Setelah membaca kumpulan KD di atas, dapat kita tarik informasi jumlah KD sebagai berikut.
 
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, terdiri dari
  • 8 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.8;
  • 8 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.8;
  • 8 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.8; dan
  • 8 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.8.
 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
 
Bahasa Indonesia, terdiri dari 
  • 6 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.6; dan
  • 6 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.6.
 
Matematika, terdiri dari
  • 5 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.5; dan
  • 5 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.5.
 
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), terdiri dari
  • 7 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.7; dan
  • 7 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.7.
 
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
 
Seni, Budaya, dan Prakarya, terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, terdiri dari
  • 7 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.7; dan
  • 7 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.7.
 
Jumlah Kompetensi Dasar tersebut apabila kita bandingkan dengan jumlah Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 (sahabat dapat membukanya pada Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/ MI) akan menghasilkan informasi-informasi berikut.
  • Muatan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kondisi normal jumlah KD-nya adalah 14, sedangkan pada kondisi khusus adalah 8.
  • Muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada kondisi normal jumlah KD-nya adalah 10, sedangkan pada kondisi khusus adalah 6.
  • Muatan pelajaran Matematika pada kondisi normal adalah 8, sedangkan pada kondisi khusus adalah 5.
  • Muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kondisi normal adalah 8, sedangkan pada kondisi khusus adalah 7.
  • Muatan pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada kondisi normal adalah 9, sedangkan pada kondisi khusus adalah 7.
  • Jumlah Kompetensi Dasar untuk muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) tidak mengalami perubahan dari Kurikulum 2013 pada kondisi normal.

Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus di Kelas 6 SD/ MI

Sebagaimana pada Kurikulum 2013, KD pada Kurikulum Darurat pun perlu dipetakan terlebih dahulu sebelum dilaksanakan dalam pembelajaraan.
Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 6 SD/ MI, www.gurnulis.id


Untuk mendapatkan pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus kelas 6 SD/ MI, sahabat pendidik dapat mengaksesnya pada tautan berikut. Sahabat pendidik cukup meng-klik tautan berikut. Secara otomatis, peramban akan mengunduh file pemetaan KD.
 
 
Mari terus berkarya, sahabat pendidik! Masa pandemi bukanlah penghalang bagi kita selaku pendidik. Semoga dengan disederhanakannya kurikulum, pembelajaran yang kita selenggarakan akan semakin mudah prosesnya.
 
Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 6 SD/ MI"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel