Iklan Header

Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 3 SD/ MI

Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 3 SD/ MI, www.gurnulis.id
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum Darurat pada kondisi khusus untuk kelas 3 SD/ MI
Meski berada dalam masa pendemi Covid-19, kita tetap diwajibkan menyelenggarakan pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan pilihan kepada masing-masing satuan pendidikan dasar untuk menentukan kurikulum yang hendak dipakai. Pilihan tersebut adalah Kurikulum Nasional, Kurikulum Darurat, ataupun kurikulum yang dikembangkan secara mandiri. Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi salah satu dari ketiga pilihan kurikulum di atas, fokusnya pada pemetaan KD atau Kompetensi Dasar. Penulis hendak berbagi pemetaan KD Kurikulum Darurat pada kondisi khusus untuk kelas 3 SD/ MI. Oh ya, sudah jelaskah sahabat Gurnulis dengang istilah KD atau Kompetensi Dasar? Kalau belum sepenuhnya jelas, sahabat boleh membacanya pada tulisan penulis tentang memahami Kompetensi Dasar terlebih dahulu.
 
Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus sebenarnya bukanlah kurikulum yang baru. Kurikulum ini merupakan bentuk penyederhanaan dari Kurikulum 2013. Salah satu penyederhanaannya dilaksanakan pada jumlah Kompetensi Dasar. Tujuan dari penyederhanaan ini adalah untuk memastikan akan tetap berlangsungnya proses pembelajaran meski diterpa badai Covid-19.

Agar benar-benar memahami pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus ini, sahabat pendidik penulis ajak untuk membahas mata pelajaran yang ada pada kelas 3 SD/ MI, bunyi KD-nya, dan jumlah KD-nya terlebih dahulu. Yuk, ikuti penjabaran penulis.

Mata Pelajaran Kelas 3 Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus SD/ MI

Tidak ada yang berbeda dari jumlah mata pelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas 3 SD/ MI dari Kurikulum 2013. Siswa kelas 3 SD/ MI masih dihadapkan dengan 6 mata pelajaran sebagai berikut.
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
  3. Bahasa Indonesia.
  4. Matematika.
  5. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  6. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
 
Sebagaimana yang berlaku pada kelas 1 dan kelas 2 SD/ MI, siswa kelas 3 SD/ MI belum diberikan target untuk mempelajari muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 
 

Bunyi KD Kelas 3 Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus SD/ MI

Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 SD/ MI Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus dirumuskan dalam Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020.
Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 3 SD/ MI, www.gurnulis.id

Rincian dari masing-masing Kompetensi Dasar per mata pelajarannya adalah sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
  • 1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui, dan Maha Mendengar.
  • 1.3 Menerima dan mensyukuri nikmat Allah Swt. yang diberikan kepada makhluknya.
  • 1.4 Menerima makna zikir dan doa setelah salat sebagai wujud berserah diri kepada Allah Swt.
  • 1.5 Menjalankan ibadah salat dengan tertib.
  • 1.6 Meyakini kebenaran kisah Nabi dan Rasul.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. an- Nasr dan Q.S. al-Kausar.
  • 2.2 Menunjukkan sikap peduli, berbuat baik, dan berhati-hati sebagai implementasi pemahaman al- Asmau al-Husna: al-Wahhab, al- ‘Alim, dan as- Sami‘.
  • 2.3 Menunjukkan sikap bersyukur.
  • 2.4 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman makna zikir dan doa setelah salat.
  • 2.5 Menunjukkan perilaku kerja sama sebagai implementasi pemahaman hikmah ibadah salat.
  • 2.6 Menunjukkan sikap terpuji sebagai implementasi pemahaman kisah Nabi dan Rasul.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami makna Q.S. an-Nasr dan al-Kausar.
  • 3.2 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘.
  • 3.3 Memahami sikap bersyukur.
  • 3.4 Memahami makna zikir dan doa setelah salat.
  • 3.5 Memahami hikmah ibadah salat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah.
  • 3.6 Memahami kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s., Nabi Syu’aib a.s., Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar.
  • 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar.
  • 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan lancar.
  • 4.2 Membaca al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘ dengan jelas dan benar.
  • 4.3 Mencontohkan sikap bersyukur.
  • 4.4 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah salat secara benar.
  • 4.5 Menceritakan pengalaman hikmah pelaksanaan ibadah salat di rumah dan sekolah.
  • 4.6 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s., Nabi Syu’aib a.s., Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  • 1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • 1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  • 1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
  • 2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
  • 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
  • 2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di rumah.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami arti gambar pada lambangnegara “Garuda Pancasila”
  • 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga  3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di rumah.
  • 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menuliskan  arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
  • 4.2 Menuliskan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
  • 4.3 Menuliskan makna keberagaman karakteristik individu di rumah.
  • 4.4 Menuliskan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah.

Bahasa Indonesia

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/ atau eksplorasi lingkungan.
  • 3.2 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/ atau eksplorasi lingkungan.
  • 3.3 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan.
  • 3.4 Mengidentifikasi lambang/ simbol rambu lalu lintas beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/ atau eksplorasi lingkungan.
  • 3.5 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara
    tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.2 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.3 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.4 Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/ simbol rambu lalu lintas beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.5 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.

Matematika

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana
    (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
  • 3.2 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.3 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
  • 3.4 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku.
  • 3.5 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
  • 3.6 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
  • 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
  • 4.4 Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku.
  • 4.5 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
  • 4.6 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengetahui  unsur-unsur  rupa  dalam karya dekoratif.
  • 3.2 Mengetahui bentuk  dan variasi  pola irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia.
  • 3.3 Mengenal dinamika gerak tari.
  • 3.4 Mengenal   prosedur  teknik   potong, lipat, sambung.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Membuat karya  dekoratif.
  • 4.2 Menampilkan  bentuk  dan  variasi  pola  irama melalui lagu, alat musik, dan perkusi yang tersedia.
  • 4.3 Menampilkan dinamika gerak tari.
  • 4.4 Membuat  karya   dengan  teknik potong,  lipat, sambung.
 

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 3.2 Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 3.3 Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
  • 3.4 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 3.5 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
  • 3.6 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 4.2 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 4.3 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
  • 4.4 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 4.5 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.
  • 4.6 Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh

Jumlah KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus di Kelas 3 SD/ MI

Rincian dari jumlah KD kelas 3 SD/ MI Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus adalah sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, terdiri dari
  • 6 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.6;
  • 6 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.6;
  • 6 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.6; dan
  • 6 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.6.
 
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
 
Bahasa Indonesia, terdiri dari
  • 5 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.5 dan
  • 5 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 3.5.
 
Matematika, terdiri dari
  • 6 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.6 dan
  • 6 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.6.
 
Seni, Budaya, dan Prakarya terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
 
Pendidikan Jasamani, Olahraga, dan Keterampilan, terdiri dari
  • 6 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.6 dan
  • 6 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.6.
 
Sebagaimana yang telah penulis paparkan di atas, jumlah KD pada Kurikulum Darurat berbeda dengan jumlah KD pada Kurikulum 2013. Untuk membandingkannya, sahabat pendidik dapat membuka artikel penulis yang berjudul Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 SD/MI. Dari pembandingan tersebut, didapatkan informasi-informasi berikut.
  • Muatan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kondisi normal jumlah KD-nya adalah 14, sedangkan pada kondisi khusus adalah 6.
  • Muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada kondisi normal jumlah KD-nya adalah 10, sedangkan pada kondisi khusus adalah 5.
  • Muatan pelajaran Matematika pada kondisi normal adalah 13, sedangkan pada kondisi khusus adalah 6.
  • Muatan pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada kondisi normal adalah 9, sedangkan pada kondisi khusus adalah 6.
  • Jumlah Kompetensi Dasar untuk Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) tidak mengalami perubahan dari Kurikulum 2013 pada keadaan normal.

Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus di Kelas 3 SD/ MI

Kompetensi Dasar yang telah penulis paparkan di atas harus dipetakan terlebih dahulu agar dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.
Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 3 SD/ MI, www.gurnulis.id


Berikut penulis berikan tautan untuk mengunduh pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus.


Semoga harapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan supaya para guru tetap terus menyelenggarakan pembelajaran meski berada di tengah pandemi dapat terpenuhi dengan disederhanakannya KD pembelajaran. Apakah sahabat pendidik menjadi sangat terinspirasi? Ayo tuliskan pada kolom komentar di bawah.
 
Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus Kelas 3 SD/ MI"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel