Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 SD/MI
Minggu, 22 November 2020
Tulis Komentar
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD/ MI |
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) seringkali merepotkan para pendidik, terutama dalam menyusun perangkat pembelajaran. Pengkajian buku guru dengan memperhatikan daftar KD jika dilakukan secara per individu pendidik tentunya akan memakan waktu yang panjang. Tapi sahabat pendidik boleh bernapas lega karena para pendidik yang telah selesai memetakannya berkenan untuk berbagi untuk memudahkan proses pembelajaran.
Oh ya, sembari menyajikan pemetaan KD, penulis ingin menguraikan macam-macam mata pelajaran yang diperuntukkan bagi kelas 3 SD/ MI, bunyi KD per mata pelajaran, dan jumlah KD-nya, ya. Semoga pemahaman kita mengenai KD ini akan semakin mantap.
Mata Pelajaran Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/ MI
Siswa kelas 3 tingkat Sekolah Dasar diberikan 6 macam mata pelajaran sebagai berikut untuk dipelajari.
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
- Bahasa Indonesia.
- Matematika.
- Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Siswa kelas 3 SD/ MI, sebagaimana dengan siswa kelas 1 dan kelas 2, tidak dihadapkan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Bunyi KD Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/ MI
KD Kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud nomor 37 tahun 2018.
Berikut bunyi KD dari masing-masing mata pelajaran.
KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KD-1 (Sikap Spiritual)
- 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
- 1.2 Meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab.
- 1.3 Meyakini keesaan Allah Swt. Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
- 1.4 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui, dan Maha Mendengar.
- 1.5 Meyakini bahwa perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai cerminan dari iman.
- 1.6 Meyakini bahwa sikap peduli terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
- 1.7 Menerima dan mensyukuri nikmat Allah Swt. yang diberikan kepada makhluknya.
- 1.8 Menjalankan salat secara tertib.
- 1.9 Menerima makna zikir dan doa setelah salat sebagai wujud berserah diri kepada Allah Swt.
- 1.10 Menjalankan ibadah salat dengan tertib.
- 1.11 Meyakini kebenaran kisah Nabi Yusuf a.s.
- 1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Syu’aib a.s.
- 1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
- 1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
KD-2 (Sikap Sosial)
- 2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar.
- 2.2 Menunjukkan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab.
- 2.3 Menunjukkan sikap kerja sama sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt.
- 2.4 Menunjukkan sikap peduli, berbuat baik, dan berhati-hati sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al‘Alim, dan as-Sami‘.
- 2.5 Menunjukkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.
- 2.6 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Kausar.
- 2.7 Menunjukkan sikap bersyukur.
- 2.8 Menunjukkan sikap hidup tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah salat.
- 2.9 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman makna zikir dan doa setelah salat.
- 2.10 Menunjukkan perilaku kerja sama sebagai implementasi pemahaman hikmah ibadah salat.
- 2.11 Menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
- 2.12 Menunjukkan sikap jujur sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
- 2.13 Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat, dan patuh kepada orang tua sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail
a.s. - 2.14 menunjukkan sikap percaya diri dan mandiri sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Memahami makna Q.S. an-Nasr dan al-Kausar.
- 3.2 Memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab.
3.3 Memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. - 3.4 Memahami makna al-Asmau al- Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan asSami‘.
- 3.5 Memahami perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.
- 3.6 Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Kausar.
- 3.7 Memahami sikap bersyukur.
- 3.8 Memahami makna salat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kausar.
- 3.9 Memahami makna zikir dan doa setelah salat.
- 3.10 Memahami hikmah ibadah salat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah.
- 3.11 Memahami kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
- 3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
- 3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
- 3.14 Memahami kisah keteladanan nabi Muhammad saw.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar.
- 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar.
- 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan lancar.
- 4.2 Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab sebagai implementasi makna Hadis yang terkandung.
- 4.3 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta.
- 4.4 Membaca al-Asmau al-Husna: alWahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘ dengan jelas dan benar.
- 4.5 Mencontohkan perilaku tawaduk,ikhlas, dan mohon pertolongan.
- 4.6 Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Kausar.
- 4.7 Mencontohkan sikap bersyukur.
- 4.8 Menunjukkan contoh makna salasebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kausar.
- 4.9 Mempraktikkan tata cara zikir dadoa setelah salat secara benar.
- 4.10 Menceritakan pengalaman hikmahpelaksanaan ibadah salat di rumadan sekolah.
- 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
- 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
- 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
- 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
KD-1 (Sikap Spiritual)
- 1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
- 1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- 1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
- 1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KD-2 (Sikap Sosial)
- 2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”. - 2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
- 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
- 2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
- 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
- 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
- 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
- 4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
- 4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
- 4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
KD Bahasa Indonesia
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.
- 3.7 Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/ atau eksplorasi lingkungan.
- 3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan.
- 3.9 Mengidentifi-kasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.3 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.7 Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.9 Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
- 4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri.
KD Matematika
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
- 3.2 Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan.
- 3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
- 3.4 Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
- 3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
- 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
- 3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
- 3.8 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
- 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
- 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar.
- 3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku.
- 3.12 Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
- 3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
- 4.2 Menggunakan bilangan cacah danpecahan sederhana seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garibilangan.
- 4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
- 4.4 Menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret.
- 4.5 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
- 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
- 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
- 4.8 Menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
- 4.9 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
- 4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
- 4.11 Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
- 4.12 Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
- 4.13 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.
KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif.
- 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
- 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
- 3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Membuat karya dekoratif.
- 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
- 4.3 Meragakan dinamika gerak tari.
- 4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.
KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.3 Memahami kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.4 Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmanimelalui permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.5 Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
- 3.6 Memahami penggunaan kombinasigerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
- 3.7 Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/ orang lain dalam aktivitas air.
- 3.8 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luanuntuk menjaga kesehatan.
- 3.9 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. - 4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.4 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagaipola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
- 4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
- 4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/ orang lain dalam aktivitas air.
- 4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luanguntuk menjaga kesehatan.
- 4.9 Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Jumlah KD Kurikulum 2013 di Kelas 3 SD/ MI
Rincian jumlah KD Kurikulum 2013 di kelas 3 SD/ MI adalah sebagai berikut.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari
- 14 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.14;
- 14 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.14;
- 14 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.14; dan
- 14 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.14.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari
- 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
- 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
- 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
- 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
Bahasa Indonesia terdiri dari
- 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
- 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.
Matematika terdiri dari
- 13 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.13 dan
- 13 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.13.
Seni Budaya dan Prakarya terdiri dari
- 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
- 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdiri dari
- 9 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.9 dan
- 9 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.9.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 di Kelas 3 SD/ MI
Oh ya, dari tadi penulis hanya menguraikan bunyi dan jumlah KD, ya sahabat Gurnulis. Oke, langsung saja, kalau sahabat pendidik ingin mendapatkan pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD/ MI, sahabat bisa mengekliknya pada tautan-tautan berikut.
Tautan berikut terdiri dari tautan dari unduhan pemetaan KD kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013 semester 1 dan pemetaan KD kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013 semester 2.
Tautan berikut terdiri dari tautan dari unduhan pemetaan KD kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013 semester 1 dan pemetaan KD kelas 3 SD/ MI Kurikulum 2013 semester 2.
Setelah tautan ter-klik, file pemetaan KD secara otomatis akan terunduh ke perangkat yang sahabat pendidik gunakan.
File-file tersebut merupakan file-file milik blog Data Dikdasmen. Penulis hanya berupaya menyebar luaskannya untuk mempermudah proses pembelajaran yang sahabat pendidik lakukan.
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 SD/MI"
Posting Komentar