Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI
Sabtu, 21 November 2020
Tulis Komentar
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 2 SD/ MI |
Kompetensi Dasar sebagaimana yang telah terpapar pada tautan tersebut merupakan sederetan kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran yang dilakukannya. Rumusan dari kompetensi ini terdiri dari kata kerja dan materi pembelajaran. Bagaimana dengan kemampuan pendidik dalam memetakannya? Penulis meyakini sepenuhnya kalau semua pendidik mampu. Pada bahasan artikel ini, penulis ingin semakin memantapkan kemampuan tersebut.
Pada artikel ini penulis ingin mengupas macam-macam mata pelajaran yang diperuntukkan bagi kelas 2 SD/ MI, bunyi dari KD per mata pelajarannya, jumlah KD, dan pemetaan KD-nya. Yuk, ikuti penjelasan penulis.
Mata Pelajaran Kelas 2 Kurikulum 2013 SD/ MI
Berikut rincian mata pelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas 2 SD/ MI.- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
- Bahasa Indonesia.
- Matematika.
- Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
- Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (SBdP).
Sebagaimana pada kelas 1, peserta didik kelas 2 SD/ MI belum dihadapkan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Bunyi KD Kelas 2 Kurikulum 2013 SD/ MI
KD atau Kompetensi dasar kelas 2 Kurikulum 2013 SD/ MI pada kondisi normal mengikuti Permendikbud nomor 37 tahun 2018.Bunyi dari masing-masing KD per mata pelajaran yang termaksud adalah sebagai berikut.
KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KD-1 (Sikap Spiritual)- 1.1 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’an.
- 1.2 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
- 1.3 Meyakini Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
- 1.4 Meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
- 1.5 Menerima adanya Allah Swt. Yang Maha Suci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta.
- 1.6 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan.
- 1.7 Meyakini bahwa perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai cerminan dari iman.
- 1.8 Meyakini bahwa sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai cerminan iman.
- 1.9 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah wudu.
- 1.10 Menjalankan salat dengan tertib.
- 1.11 Meyakini kebenaran kisah Nabi Saleh a.s.
- 1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Lut a.s.
- 1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ishaq a.s.
- 1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
- 1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
KD-2 (Sikap Sosial)
- 2.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam melafalkanhuruf hijaiyyah bersambung.
- 2.2 Menunjukkan sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasehati sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
- 2.3 Menunjukkan sikap berani bertanya sebagai implementasi pemahaman Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
- 2.4 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi pemahaman Hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
- 2.5 Menunjukkan perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, asSalam, dan al-Khaliq.
- 2.6 Menunjukkan perilaku sehat sebagai implementasi pemahaman makna doa sebelum dan sesudah makan.
- 2.7 Menunjukkan perilaku kasih sayang kepada sesama.
- 2.8 Menunjukkan sikap kerja sama dan tolong-menolong.
- 2.9 Menunjukkan perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi pemahaman doa sebelum dan sesudah wudu.
- 2.10 Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman tata cara salat dan bacaannya.
- 2.11 Menunjukkan sikap berani bertanya sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
- 2.12 Menunjukkan perilaku kerja keras sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Lut a.s.
- 2.13 Menunjukkan sikap damai sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
- 2.14 Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
- 2.15 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
- 3.2 Memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
- 3.3 Memahami Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
- 3.4 Memahami Hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
- 3.5 Memahami makna al-Asmau alHusna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
- 3.6 Memahami makna doa sebelum dan sesudah makan.
- 3.7 Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama.
- 3.8 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
- 3.9 Memahami doa sebelum dan sesudah wudu.
- 3.10 Memahami tata cara salat dabacaannya.
- 3.11 Memahami kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
- 3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Lut a.s.
- 3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
- 3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Ya‘qub a.s.
- 3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
- 4.2.1 Melafalkan Q.S. an-Nas dan Q.S. al‘Asr dengan benar dan jelas.
- 4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas.
- 4.3 Menunjukkan perilaku rajin belajar sebagai implementasi pemahaman makna Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
- 4.4 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi pemahaman makna Hadis tentang kebersihan dan kesehatan.
- 4.5 Melafalkan al-Asmau al-Husna: alQuddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
- 4.6 Melafalkan doa sebelum dan sesudah makan.
- 4.7 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama.
- 4.8 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong.
- 4.9 Mempraktikkan wudu dan doanya dengan tertib dan benar.
- 4.10 Mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar.
- 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
- 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Lut a.s.
- 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
- 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
- 4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
KD-1 (Sikap Spiritual)- 1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
- 1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- 1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di sekolah.
- 1.4 Menerima keberagaman di sekolah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KD-2 (Sikap Sosial)
- 2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- 2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
- 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah.
- 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di sekolah
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
- 3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
- 3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
- 3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan silasila Pancasila.
- 4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
- 4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
- 4.4 Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah.
KD Bahasa Indonesia
KD-3 (Pengetahuan)- 3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman bendaberdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia ataubahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. - 3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 3.4 Menenetukan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan. - 3.5 Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
- 3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
- 3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
- 3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
- 3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
- 3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
- 4.2 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- 4.3 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- 4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- 4.5 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
- 4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
- 4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tandatanya pada kalimat tanya dengan benar.
- 4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
- 4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
- 4.10 Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar.
KD Matematika
KD-3 (Pengetahuan)
- 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
- 3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
- 3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
- 3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
- 3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
- 3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- 3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
- 3.8 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
- 3.9 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya.
- 3.10 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
- 4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
- 4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
- 4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
- 4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
- 4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- 4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
- 4.8 Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
- 4.9 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya.
- 4.10 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret.
KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
KD-3 (Pengetahuan)- 3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
- 3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
- 3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
- 3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
- 4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
- 4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
- 4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
KD-3 (Pengetahuan)- 3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.2 Memahami variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.3 Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 3.4 Memahami bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
- 3.5 Memahami variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
- 3.6 Memahami penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
- 3.7 Memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor,dan manipulatif
dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air. - 3.8 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik.
- 3.9 Memahami cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah, dan lain-lain).
KD-4 (Keterampilan)
- 4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.4 Mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
- 4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
- 4.6 Mempraktikkan penggunaan variasgerak dasar lokomotor dan nonlokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
- 4.7 Mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga. keselamatan diri/orang lain dalamaktivitas air.
- 4.8 Menceritakan manfaat pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik.
- 4.9 Menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah).
Jumlah KD Kurikulum 2013 di Kelas 2 SD/ MI
Banyaknya KD Kurikulum 2013 di kelas 2 SD/ MI dirincikan sebagai berikut.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari
- 15 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.15;
- 15 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.15;
- 15 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.15; dan
- 15 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.15.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari
- 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
- 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
- 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
- 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
Bahasa Indonesia terdiri dari
- 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
- 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.
Matematika terdiri dari
- 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
- 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.
Seni Budaya dan Prakarya terdiri dari
- 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
- 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdiri dari
- 9 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.9 dan
- 9 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.9.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 di Kelas 2 SD/ MI
Semua Kompetensi Dasar atau KD dari kelas 2 SD/ MI yang telah diaparkan di atas terpetakan dalam dua semester, yaitu semester 1 (semester ganjil) dan semester 2 (semester genap).Pemetaannya dapat sahabat dapatkan pada tautan-tautan berikut. Cukup sahabat klik saja tautannya, maka peramban yang sahabat pendidik gunkanan akan langsung menyimpan file-nya.
Sebagaimana yang telah penulis sampaikan pada artikel sebelumnya, file-file pemetaan KD tersebut sepenuhnya adalah milik blog Data Dikdasmen. Penulis hanya berupaya menyebarkan file-file tersebut agar memudahkan proses pembelajaran yang hendak dilakukan oleh sahabat pendidik. Bagaimana sahabat pendidik, sudah siapkah untuk menyusun perangkat pembelajarannya?
Salam literasi guru ndeso.
Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI"
Posting Komentar